Saat ini mayoritas penduduk bumi memiliki setidaknya satu media sosial. Melalui media sosial selain dapat berkomunikasi dengan teman dari jarak yang cukup jauh, juga dapat melihat video, memposting foto, hingga update informasi atau berita.
Karena banyaknya informasi yang dapat diakses melalui media sosial membuat siapa saja betah berlama-lama bermain media sosial setip harinya. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk melakukan strategi digital marketing.
Digital marketing adalah sebuah kegiatan pemasaran brand atau produk dan jasa dengan memanfaatkan teknologi internet atau media sosial.
Dari pengertian di atas kita dapat diketahui bahwa digital marketing sangat efektif dilakukan diera seperti sekarang. Selain karena banyaknya pengguna media sosial saat ini juga stratgi digital marketing ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya adalah sebagai berikut:
   1. Menargetkan audiens lebih spesifik
     Saat melakukan campaign di media sosial Anda dapat melihat data yang diperoleh selama campaign berjalan. Data yang disajikan      pun terbilang cukup spesifik seperti informasi mengenai umur audiens, lokasi, hingga jenis kelamin audiens.
     Dari data yang diperoleh terebut Anda dapat menggunakannya sebagai bahan konten maupun campaign selanjutnya, berdasar         data yang telah diperoleh. Sehingga konten maupun campaign yang dijalankan nantina dapat lebih relate dengan audiens.
  2. Biaya lebih murah
     Berbeda dengan pemasaran secara konvesional yang cenderung memakan biaya yang cukup tinggi, dengan menggunakan              strategi digital marketing Anda dapat menekan biaya pengeluaran.
     Anda dapat mengatur sesuai budget mengenai biaya iklan yang diinginkan, jika ingin mendapat hasil yang cepat. Namun Anda         juga dapat menjalankan campaign di media sosial secara organik, dimana Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun.      Â
  3. Jangkauan yang lebih luas
    Seperti yang Anda ketahui dunia maya tidak terbatas ruamh dan waktu. Anda dapat melihat berita terkini secara cepat meski dari      benua lain. Strategi digital marketing memanfaatkan peluang tersebut.
    Melalui strategi ini Anda dapat menawarkan produk dan jasa kepada siapa saja dari berbagai belahan bumi, kapan pun dan dimana     pun.
  4. Lebih mudah membangun hubungan dengan konsumen
    Melalui pemanfaatan digital marketing, Anda tidak perlu berusah payah bertemu langsung dengan konsumen. Anda dapat             berinteraksi secara langsung melalui media sosial baik dengan membalas kolom komentar pada setiap postingan maupun             membalas pesan yang masuk.
Meski secara teori digital marketing nampak mudah, namun nyatanya agar terbiasa diperlukan banyak latihan. Selain itu Anda harus up to date mengenai berita hingga hal trending apa yang sedang terjadi saat ini. Agar Anda dapat menjangkau audiens lebih luas.
Kunci dari itu semua ialah dengan banyak belajar dan mempraktekannya. Â Jika Anda tertarik mempelajari digital marketing, komen di bawah ya!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H