Penyimpangan sosial merupakan tindakan yang melanggar suatu aturan dan juga standar masyarakat. Dalam konsep sosiologis penyimpangan sosial ini menggambarkan bahwa perilaku seorang manusia yang bertentangan dengan norma dan aturan sosial. Terjadinya penyimpangan sosial ini disebabakan oleh kurangnya pengawasan dari orang tua terhadap seorang anak, yang mana hal ini membuat anak tersebut lebih terdorong dalam melakukan penyimpangan sosial di luar lingkungan keluarga. DalamÂ
Penyimpangan sosial merupakan tindakan yang melanggar suatu aturan dan juga standar masyarakat. Dalam konsep sosiologis penyimpangan sosial ini menggambarkan bahwa perilaku seorang manusia yang bertentangan dengan norma dan aturan sosial.Â
Terjadinya penyimpangan sosial ini disebabakan oleh kurangnya pengawasan dari orang tua terhadap seorang anak, yang mana hal ini membuat anak tersebut lebih terdorong dalam melakukan penyimpangan sosial di luar lingkungan keluarga.Â
Dalam penyimpangan sosial terdapat dua jenis penyimpangan yaitu penyimpangan positif dan penyimpangan negatif. Penyimpangan positif merupakan sebuah tindakan yang bersifat melanggar aturan namun memberikan dampak positif terhadap sistem sosial, karena hal ini memberikan sebuah inovasi serta kreativitas terhadap lingkungan disekitarnya.Â
Sedangkan penyimpangan negatif sendiri memiliki pengertian bahwa suatu tindakan yang melanggar aturan yang ada dan memberikan dampak negatif terhadap sistem sosialnya, hal ini dikarenakan adanya sikap bertolak belakang yang mengakibatkan tindakan buruk terjadi dalam lingkungan masyarakat tersebut.
Sedangkan pengertian dari pendidikan itu sendiri adalah upaya manusia dalam meningkatkan pengetahuannya baik itu formal maupun non formal. Fungsi dari pendidikan ini merupakan sebuah kontribusi yang diberikan oleh pendidikan dalam menumbuhkan dan memelihara pendidikan diberbagai tingkat sosial.Â
Didalam sebuah pendidikan tentunya telah menerapkan konsep moralitas dan juga karakter yang digunakan oleh seorang pendidik dengan tujuan untuk memajukana perkembangan moral peserta didik. Hal ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan membentuk hubungan, membentuk kebiasaan dan tujuan bersama, diskusi, dan memecahkan perkara bersama.Â
Namun disisi lain orang tua juga harus berhati-hati dalam pendidikan anak-anak dirumah. Orang tua harus menetapkan aturan atau norma terbuka yang berlaku bagi anak, membiarkan anak mengekspresikan pikiran, perasaan dan juga keinginannya, serta mengawasinya.
Terdapat dua hal yang memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lain yaitu konsep diri dan perilaku menyimpang. Konsep diri adalah sebuah pemahaman seseorang terhadap apa yang ada pada dirinya sendiri. Perilaku menyimpang yang negatif mau tidak mau disertai dengan konsep diri yang negatif pula.Â
Pengabaian dari norma dan nilai masyarakat dianggap sebagai perilaku menyimpang. Jika seorang anak memiliki konsep diri dan perilaku diri yang sehat atau diberkahi dengan konsep diri dan perilaku diri yang positif.Â
Efek negatif dari lingkungan yang tidak mendukung, tuntutan sosial, dan tantangan perkembangan yang tidak terkendali selama transisi ke masa dewasa menyebabkan anak-anak berperilaku buruk selama masa remaja. Masa remaja awal, masa transisi dari usia 13 hingga 16 tahun, yang biasa disebut dengan usia bahagia, merupakan masa perubahan fisik, psikologis, dan sosial. Mungkin ada periode krisis yang ditandai dengan kecenderunga perilaku penyimpangan selama masa transisi ini.