Di era digital dan keterbukaan informasi seperti saat ini, masyarakat lebih mudah mencari berita dan informasi yang mereka butuhkan melalui internet. Blog, platform konten yang mobile tentunya menjadi salah satu wadah yang lebih diminati. Melalui blog, siapapun dapat berbagi tulisan secara real time. Blogger dapat menuliskan catatan keseharian yang menyentuh, opini yang tajam serta ide dan sudut pandang yang unik. Dengan kreativitas yang tidak terhingga dalam menyoroti berbagai macam hal mulai dari pengalaman pribadi sampai isu terhangat, tulisan di blog sangat mungkin banyak dibagikan apalagi jika konten blognya shareable.
Pada tahun 2013, Jeff Bullas, yang menjadi salah satu dari Top 50 Social Media Influencers versi majalah Forbes pernah membuat tulisan di blognya Jeffbullas.com dengan judul "10 Insights on Social Media and Blogging Influence: New Research"
“Jika kamu ingin menjadi influencer, kamu perlu menulis blog. Agar suaranya didengar, influencer telah menyadari bahwa mereka perlu memiliki blog. Jangkauan dan kecepatan penerbitan tulisan secara online tidak bisa diremehkan. Saat ini 86% dari influencer telah memiliki blog dan sepertiga dari mereka telah melakukan aktivitas blogging selama lima tahun atau lebih." ungkap Bullas dalam tulisannya.
Blog dapat memiliki kapasitas yang sama dengan media tradisional (koran, majalah, televisi, radio) dalam membangun dan membentuk opini publik, karena posisi blogger dapat disejajarkan dengan jurnalis media. Dari segi industri komersial, blogger punya peranan dalam membantu brand atau perusahaan mempublikasikan produk atau jasa mereka. Tak heran, semakin hari semakin banyak bermunculan lifestyle blogger, fashion blogger, beauty blogger, food blogger, travel blogger dan lain sebagainya. Blog sebagai wadah kebebasan ekspresi dan blogger yang senantiasa menyuarakan pendapatnya dengan gaya yang khas punya peranan yang tidak dapat disepelekan dalam menciptakan informasi yang dibutuhkan masyarakat.
Melalui Pandangan Personalnya, Blogger dapat Memengaruhi Seseorang Mengambil Keputusan
Karena mereka orang biasa itulah, pendapat pribadi yang disuarakan terasa “more human”, lebih cair dan luwes dibanding tulisan di koran atau majalah. Kebebasan berekspresi yang mereka tuangkan di blog dapat membangun kepercayaan publik. Kejujuran dalam mengulas sesuatu secara detail tanpa melebihkan ataupun menguranginya, itulah yang dicari pembaca dari blog. Bahasa yang khas “orang biasa” membuat tulisan blogger dapat lebih menyentuh pembaca.
Blog Menjadi Acuan dan Referensi yang Tidak Kalah Pentingnya dari Media Arus Utama
Blog dapat memberikan pandangan alternatif dari media konvensional. Sewaktu hendak melahirkan, saya berniat memakai BPJS, akan tetapi, berita yang ada di media belum ada yang mengupas bagaimana prosesnya, kalaupun ada saya belum merasa terpuaskan. Banyak berita juga yang justru berkesan negatif tentang BPJS, dari mulai pelayanan yang dibedakan, dan lain sebagainya. Saya pun menelusuri internet dengan mencari blogger yang sudah pernah melahirkan menggunakan BPJS dan menuliskannya di blognya. Dengan membaca pengalaman yang mereka tuliskan, saya mendapat keyakinan baru, bahwa menggunakan BPJS tidak seperti cerita-cerita buruk yang beredar.
Begitu juga ketika saya mencari tempat makan. Contohnya, ketika saya ingin makan sushi di daerah rumah saya, Tangerang. Tidak ada media yang menuliskan tempat makan sushi yang ada di Tangerang selain yang ada di mall. Saya pun justru menemukannya dari informasi yang ada di blog, ulasan yang cukup lengkap dari mulai foto, harga hingga suasana tempat dan rasa makanannya. Sama halnya ketika saya hendak membeli sebuah buku, saya memilih untuk membaca resensi yang ditulis blogger, dibanding berita tentang buku tersebut di media. Ulasan blogger biasanya lebih detail dan mendalam tentang buku tersebut sehingga dapat membuat saya jadi atau tidak membeli buku yang saya incar.
Kehadiran blog menjadi tempat saya mencari second opinion dari informasi atau berita yang ada di media massa. Seringkali blog memberikan sajian informasi yang jauh lebih dibutuhkan dari media arus utama. Apalagi jika blog tersebut ditulis oleh blogger yang spesialisasi menulis di bidang tertentu seperti kecantikan, perjalanan, kuliner, teknologi dan lain sebagainya, publik akan memberikan trust yang sangat mungkin porsinya lebih besar dari kepercayaan terhadap media massa.
Blogger Membantu Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Perusahaan atau Brand
Blogger bereputasi baik dan tulisannya dijangkau khalayak luas akan lebih sering mendapatkan tawaran kerja sama dari brand atau perusahaan untuk memasarkan atau me-review produk mereka, sehingga mereka mendapat saran dan masukan mengenai kekurangan produk mereka yang perlu diperbaiki dan mengetahui kelebihan apa yang perlu mereka tonjolkan. Blogger juga dapat membantu meningkatkan reputasi brand atau perusahaan dengan menyisipkan link di blog menuju website perusahaan tersebut yang dapat meningkatkan traffic pengunjung ke website tersebut.
Dengan Bahasa yang Mengalir, Blogger Dapat Menjadi Story Teller (Pencerita) yang Baik
Edward Suhadi, seorang pendiri creative agency Ceritera pernah mengatakan pentingnya story telling dalam berbisnis di industri kreatif. “Story telling itu penting untuk memberikan inspirasi. Orang tidak suka dibuat takut, diancam, atau diperintah. Lewat story telling, kita bisa berkomunikasi dan mengubah kebiasaan orang, tanpa menyuruh orang tersebut untuk berubah.” Dengan penjelasan seperti itu tentunya brand atau perusahaan membutuhkan story teller yang dapat mengemas hal-hal yang menarik dari produk mereka menjadi cerita yang menggugah perhatian orang. Mereka mengutamakan promosi yang bersifat story telling. Peran Story teller atau pencerita yang dibutuhkan itulah yang sangat mungkin diisi oleh seorang blogger.
Di saat media konvensional memiliki keterbatasan dalam memuat informasi, blog menyediakan ruang seluas-luasnya bagi siapapun untuk memiliki medianya sendiri. Di tengah keringnya sajian informasi di media konvensional, blog memberikan kesegaran; sebuah oasis.
Tujuan awal seseorang menjadi blogger dan menulis blog adalah berbagi. Dari hasrat ingin berbagi itulah, semakin hari, peranan blog dan blogger menjadi kian kuat, terutama di masa seperti sekarang ini, saat informasi tidak lagi bisa dibendung dan dapat meluber ke segala arah. Beyond blogging, peranan blog dan blogger membantu menciptakan dunia yang lebih dinamis dengan terdapatnya semangat berbagi, berjejaring dan peduli. Dunia yang bergerak dan bertumbuh, melampaui aktivitas blogging yang cenderung hanya duduk dan berdiam diri.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H