Mohon tunggu...
Maria Margaretha
Maria Margaretha Mohon Tunggu... Guru - Guru SD. Blogger.

Teaching 1...2...3. Knowledge is a power. Long Life Learner

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

[Fiksi Kuliner] Rujak Bubur Mama Tiara

8 Juni 2016   22:29 Diperbarui: 9 Juni 2016   03:45 191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bulan Ramadhan adalah berkah untuk mama Tiara. Setiap Ramadhan dimulai, mama selalu berjualan rujak bubur. Rujak bubur adalah hidangan khas bulan Ramadhan di kota tempat tinggal Tiara.

[caption caption="FC Fiksi Kuliner"][/caption]

Tiara selalu mendapat tugas belanja sebelum berangkat sekolah. Mentimun, cabai rawit, dan kripik te'te, yang terbuat dari singkong dibeli sebagai bahan rujak.

Mama selalu menyiapkan petis ikan banyak. Bukan petis udang. Rasanya berbeda. Petis ikan berasa asin. Petis udang lebih gurih. Rujak dengan petis ikan selalu disebut rujak Madura. Namun, rujak Madura bukan rujak Bubur. Rujak Madura dibuat dengan tumbukan kacang, pisang muda dan cabe serta petis ikan. Rujak bubur dibuat dari cabe dan petis yang diulek dengan cacahan mentimun sehingga berair dan disiramkan pada bubur.

Bubur dibuat dari beras yang dimasak dengan santan. Gurih biasanya. Diberi pelengkap mie yang dimasak dengan taoge. Tambahan daging yang dimasak dengan santan kental. Kripik te'te ditemukan dan ditaburkan di atas bubur yang disiram rujak.

 

Jualan yang satu itu, selalu habis, lebih cepat dari rujak Madura atau rujak Surabaya yang diberi cingur.

Pergi ke pasar, bukan beban buat Tiara. Ia tahu, setiap rupiah yang diperoleh mamanya adalah perpanjangan masa sekolahnya.

Papa benar benar tak dapat diharapkan memenuhi kebutuhan sekolah. Tiara tahu, keluarga kedua papanya di Jakarta membuat bantuan keuangan papa tak mungkin diharapkan. Untung, Tiara memilih tinggal dengan mama.

Untung, mama bisa berjualan rujak Bubur setiap Ramadhan. Untung juga Tiara bersekolah di SMP Negeri. Ia bisa belajar bersosialisasi walupun tidak mudah.

Tiara terus belajar.

Rujak bubur adalah hidangan khas Ramadhan. Pembeli hidangan itu umumnya antri menjelang maghrib. Lezatnya rujak Bubur mama Tiara sudah dikenal di seluruh kota. Menjelang Idul Fitri saat libur, kadang Tiara juga mengulek rujak.

Walaupun baru kelas 1 SMP, Tiara sudah mahir mengulek rujak. Khususnya untuk rujak Bubur. "berempa cabi'na, Kak?" Demikian selalu ditanyakannya. Setelah mengulek cabe, ia menambahkan petis ikan, dan dua sendok air untuk melumerkan petis ia mengulek terus. Setelah merata diambilnya mentimun. Ia mengiris dengan mencacah timun. Dimasukkan pada campuran petis dan cabe yang masih kental sekali.Mentimun akan mencairkan campuran itu.

Setiap menerima pembayaran, Tiara juga tak pernah lupa berkata, " Sekalangkong." Atau terima kasih. Ia juga ikut membantu mencuci piring bekas pembeli.

Yah, Rujak Bubur mama Tiara menolong Tiara mendapat pendidikan di SMP.[caption caption="Tiara ngulek rujaknya, pedas."]

[/caption]

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun