Mohon tunggu...
Any Rosetanti
Any Rosetanti Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah seorang guru TK

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Media Sederhana Mengenalkan Angka pada Anak Usia Dini

27 Januari 2024   20:16 Diperbarui: 27 Januari 2024   20:21 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media dilihat dari depan dan belakang (dokpri)

Usia pra sekolah merupakan waktu yang sangat penting bagi perkembangan matematika siswa. Karena masa ini merupakan waktu yang optimal dalam perkembangan otak  siswa, sehingga mampu menyerap informasi lebih baik daripada usia siswa di kelas lanjutan. 

Sejatinya matematika bukanlah hal baru bagi anak usia dini, karena anak  sudah memiliki kemampuan matematika sejak dari bayi dasar perkembangan matematika anak-anak dibangun pada tahun-tahun dini, matematika dibangun oleh keingintahuan dan semangat  serta  tumbuh  secara  alami  dari  pengalaman  anak-anak. Rasa ingin  tahu  pada anak usia  dini  yang  begitu  besar  akan menimbulkan banyak pertanyaan tentang dunia dibenak mereka. 

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan terjawab dengan pengalaman langsung, sehingga akan membuat pembelajaran lebih bermakna dan anak lebih bersemangat untuk belajar, termasuk belajar konsep dasar matematika, pada mata pelajaran matematika. 

Konsep bilangan berfungsi sebagai dasar untuk mempelajari konsep dan keterampilan matematika yang akan mendukung siswa secara dini untuk mencegah kegagalan matematika dimasa depan. 

Langkah-langkah pengenalan konsep bilangan yaitu membilang yang merupakan kegiatan menghitung dengan memperkenalkan angka-angka, lalu mengajarkan anak-anak mengurutkan bilangan 1-10. 

Agar anak-anak memahami konsep bilangan sebaiknya pembelajaran dilakukan dengan benda-benda kongkret yang dihubungkan dengan lambang atau simbol, sehingga mereka mampu memahami konsep lebih banyak dan lebih sedikit. 

Ketika anak-anak sudah mampu memahami konsep lebih banyak dan lebih sedikit maka kepekaan bilangan mereka sudah berkembang. Saat kepekaan bilangan sudah berkembang maka mereka akan lebih menyukai berhitung. 

Oleh sebab itu perlu upaya yang serius dan terorganisir dengan baik dalam penyelenggaraan pendidikan anak sejak usia dini, utamanya pada pembelajaran matematika dalam memahami konsep bilangan.

Pada kenyataanya banyak orang tua atau guru yang mengajarkan anak angka sebatas menulis saja padahal banyak hal yang bisa dilakukan diantaranya dengan membuat media sederhana atau alat peraga sederhana dengan menggunakan barang barang bekas yang tidak terpakai seperti kardus dll. Seperti media kincir angka, berikut ini cara pembuatan kincir angka.

MEDIA DAN LKPD

KINCIR ANGKA

Tujuan Utama : 

Anak dapat mengurutkan angka dari 1-10 dengan benar

 

Tujuan Pendukung : 

  • Anak mampu menyebutkan bunga ciptaan Tuhan dengan benar
  • Anak dapat mengurutkan angka 1-10 dengan benar
  • Anak dapat menyusun huruf menjadi kata dengan benar.
  • Anak dapat menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi melalui observasi, eksplorasi dan eksperimen dengan menggunakan peraga edukatif yang telah disediakan guru.
  • Anak dapat mengkoordinasikan motorik kasar dengan seimbang
  • Anak dapat mengkoordinasikan motorik halus dengan terampil
  • Anak dapat mengespresikan imajinasinya menjadi karya

Alat: Gunting, Alat tembak lem, isi lem tembak, tutup gelas

Bahan: Kardus bekas, Stik kayu, Lingkaran angka, Tulisan kincir angka, Gambar anak panah, Kain flannel, Cat.

Prosedur Pembuatan :  

  • Gunting kardus berbentuk segi-empat besar berjumlah dua, buat kerucut di bagian atas, buat lagi segi-empat agak kecil untuk dibuat dasar/alas kincir angka.
  • Buat lubang sebesar tutup gelas di bagian bawah, lubangi di bagian atas juga untuk membuat kincir angka bisa berjalan
  • Gunting kardus membentuk lingkaran sebesar tutup gelas sejumlah 11 buah, tempel angka 1-10 yang sudah dicetak pada lingkaran tersebut lalu tempel stik kayu pada lingkaran yang satunya yang tidak ditempel angka.
  • Gunting lingkaran angka dan tempel pada kardus lingkaran yang sudah dibuat
  • Tempel ujung stik kayu yang sudah ada lingkaran angka 1-10 lalu rekatkan pada lingkaran yang polos
  • Gunting dan tempel tulisan kincir angka pada kardus besar yang ujungnya dibuat kerucut, gunting dan tempel juga gambar anak panah di samping kanan dan kiri lingkaran kecil pada kardus.
  • Rangkai kincir angka yang sudah dibuat, dengan cara merekatkan dengan alas kincir angka
  • Pasang kincir angka pada kardus besar. beri kancing pada lubang kecil di bagian atas kardus dengan kayu stik dan lingkaran kardus kecil untuk menguatkan.
  • Warnai semua bagian stik kayu dengan cat.lalu gunting dan tempel kardus untuk menutup bagian samping kanan dan kiri body kincir angka
  • Lapisi semua sisi  body kincir angka dengan kain flannel

Prosedur Penggunaan :  

  • Guru memberi penjelasan cara menggunakan kincir angka
  • Kincir angka diputar guru dan anak-anak menebak angka berapa yang muncul di dalam  lingkaran kincir angka tersebut serta anak menebak angka sebelum dan sesudah angka yang muncul.
  • Beri kesempatan pada anak apabila ada mau mencoba untuk memutar kincir angka
  • Lakukan kegiatan ini secara berulang ulang dan bergantian

Foto Media Kincir Angka Yang Sudah Jadi :  

Media dilihat dari depan dan belakang (dokpri)
Media dilihat dari depan dan belakang (dokpri)
Media dilihat dari samping kiri dan kanan (dokpri)
Media dilihat dari samping kiri dan kanan (dokpri)

Lampiran Video Prosedur Pembuatan "Kincir Angka" (LKPD) : 

https://drive.google.com/file/d/1dWrRA6oT-VIg7De5RphXdD25eUSgUPI_/view?usp=drivesdk 

Semoga info diatas bermanfaat bagi kita semua.

Penulis Any Rosetanti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun