Apa itu KSN ?
Komunitas Senam Nusantara (KSN) merupakan salah satu komunitas yang bergerak dalam bidang olahraga khususnya kebugaran jasmani yakni senam. Saat ini KSN sudah memiliki sekitar 2000 anggota dan 50 instruktur senam. Salah satu wilayah Komunitas ini yakni KSN Tangsel yang diketuai oleh Ibu Maesaroh.
KSN Tangsel go Tata Usaha
Semakin berkembangnya komunitas KSN membuat mereka memerlukan tata usaha untuk menjalankan komunitas yang produktif. Tidak hanya bagi organisasi, tapi juga bagi para anggota. Salah satu pengurus bidang humas yakni Ibu Purwanti, menyampaikan bahwa KSN Tangsel ingin membuat komunitas memiliki tata usaha. Tata usaha di sini bukan hanya pada lingkup administrasi, tapi di dalamnya juga meliputi penyediaan kebutuhan komunitas seperti seragam senam.
Namun, untuk melaksanakannya para pengurus ingin mendapatkan tambahan ilmu dari segi manajemen agar rencana usaha tersebut bisa terlaksana dengan optimal dan maksimal.
Kerjasama dan PkM
Berdasarkan informasi yang didapat terkait kebutuhan KSN Tangsel. Dosen Unpam membentuk tim pengabdi guna membantu memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi. Tim Pengabdi bekerjasama dengan KSN Tangsel untuk dilaksanakan kegiatan PkM kepada seluruh anggota KSN Tangsel. Ada sekitar 7 Tim yang terjun langsung memberikan sharing pengetahuan mengenai SDM, Pemasaran dan Keuangan.
Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 18-19 Februari 2023 di Jl. Setu Puspitek. Acara diawali dengan senam bersama antara anggota KSN Tangsel dan Tim Pengabdi. Kemudian dilakukan dengan sharing diskusi mengenai usaha.
Selama kegiatan para peserta sangat antusias. Banyak dari peserta yang sudah mempunyai usaha dan berencana memulai usaha. Para narasumber tidak hanya memberikan teori tapi juga sharing pengalaman memulai usaha baik yang sukses maupun gagal. ada banyak faktor yang harus dilihat dalam menjalankan usaha meliputi SDM selaku pelaku usaha yang harus unggul dan mau terjun langsung, bagaimana memasarkan usaha, dan bagaimana pertimbangan biayanya.
Ada salah satu peserta yang menanyakan tentang laundry. Di tim ada salah satu narasumber yakni Bu Aldila yang sharing usaha laundry yang dia jalankan, bagaimana memulainya dengan melakukan riset pasar dahulu melalui survey ke pengusaha-pengusaha laundry hingga pemilihan target pasar dan lokasi, hal tersebut sangat penting karena persaingan yang semakin tinggi namun kita juga harus memperhatikan biaya yang dikeluarkan.Â
Para peserta juga bisa memanfaatkan BMC (Business model Canvas)Â yang merupakan salah satu template dimana kita bisa melakukan pemetaan terhadap fokus dalam usaha. Pemetaan tersebut meliputi Mitra, Sumber daya, Saluran distribusi, Pelanggan, biaya hingga pendapatan. Media ini bisa dijadikan alat bantu menuangkan ide usaha dan memonitoringnya.
Dari kegiatan ini bisa kita simpulkan bahwa baik oganisasi maupun individu harus memiliki ilmunya dahulu untuk memulai usaha yang didukung SDM, Pemasaran dan Keuangan.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H