Mohon tunggu...
Anugrah Setya
Anugrah Setya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Manajemen Bisnis Syariah di Institut Tazkia

Manusia yang suka coba-coba

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Ekspansi Bisnis ke Portugal: Peluang Pasar dan Strategi Pemasaran Online

1 Januari 2024   19:24 Diperbarui: 1 Januari 2024   19:27 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indonesia terus memperluas cakupan ekspornya, dan Portugal muncul sebagai pasar potensial yang menarik perhatian. Data terkini dari Trademap memberikan gambaran yang jelas tentang produk-produk unggulan yang diekspor ke Portugal, membuka peluang bagi eksportir Indonesia untuk meraih kesuksesan di pasar ini.

Melihat data dari Trademap, nilai ekspor indonesia ke Portugal ditahun 2022 mengalami kenaikan  3,9% dari US$125.129 ribu di tahun 2021 menjadi US$130.067 ribu di tahun 2022.


44 produk (kode HS dua digit) dengan nilai gabungan lebih dari $1 miliar diekspor ke Portugal dari total 97 produk. Terdapat 65 produk yang terdaftar sebagai produk yang diekspor, yang sebagian besar merupakan ekspor barang yang juga sering dikirim ke negara lain.


Dan berikut lima produk utama yang diekspor Indonesia ke Portugal dengan urutan nilai yang terbesar terlebih dahulu

1. Alas kaki, pelindung kaki, dan sejenisnya

Pada 2022, Indonesia tercatat mengekspor US$32.235 ribu dan ini mengalami kenaikan dari tahun 2021 yang bernilai US$ 31.084 ribu.


2. Bahan kimia organik

Untuk bahan kimia organik ekspor Indonesia ke Portugal baru terjadi di tahun 2022 dengan nilai sebesar US$16.005 ribu.


3. Serat stapel buatan manusia

Ekspor serat stapel buatan manusia mengalami penurunan dibanding dua tahu sebelumnya yakni di tahun 2021 dan 2020. Nilai ekspor serat buatan manusia di tahun sebesar US$ 10.658 ribu. Ekspor Serat stapel buatan manusia ke negara ini berada di urutan 31. Lima negara lain yang menjadi sumber ekspor Serat stapel buatan manusia adalah Trkiye, Bangladesh, India, Pakistan dan Jepang.


4. Ikan dan krustasea, moluska dan invertebrata air lainnya

Sama dengan produk serat stapel buatan manusia untuk produk Ikan dan krustasea, moluska dan invertebrata air lainnya juga mengalami penurunan dibanding tahun 2021 dan 2020 yakni sebesar US$ 6.485 ribu. Ekspor Ikan dan krustasea, moluska dan invertebrata air lainnya ke Portugal tercatat berada di urutan 26. Negara lain yang masuk lima besar tujuan ekspor adalah Amerika Serikat, Cina, Jepang, Vietnam dan Malaysia.


5. Kopi, teh, mate, dan rempah-rempah

Pada periode sebelumnya, Indonesia mengekspor US$ 3.228 ribu, namun kali ini Indonesia mengekspor US$ 5.718 ribu. Indonesia mengekspor rempah-rempah, teh, kopi, dan mate ke 111 negara, menurut data Trademap. Ekspor rempah-rempah, teh, kopi, dan mate menduduki peringkat ke-31 ke negara tersebut. Amerika Serikat, Cina, India, Jerman, dan Jepang adalah lima negara lainnya yang memasok kopi, teh, mate, dan rempah-rempah untuk diekspor.

Melihat data ekspor di tahun 2022 mungkin bisa menjadi acuan kebutuhan produk Indonesia di pasar Portugal. Namun tidak menutup kemungkinan pula pada produk-produk baru yang dapat bersaing memasuki pasar Portugal, terutama dalam sektor energi terbarukan dan mesin dan peralatan mekanis.

Syarat-syarat apakah yang harus dipenuhi untuk melakukan ekspor?


Selain menentukan produk apa yang bisa di ekspor ke portugal, para eksportir juga harus mengetahui syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk melakukan ekspor. Berikut dua hal mendasar yan perlu diketahui Eksportir:

1. Mempersiapkan Legalitas Usaha

Untuk dapat melakukan kegiatan ekspor, eksportir di Indonesia perlu memiliki izin Ekspor. Sehingga eksportir perlu memastikan bahwa perusahaan mereka sudah memiliki izin usaha yang lengkap seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), NPWP, NIK( Nomor Identitas Kepabeanan) dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan)

2. Memahami Prosedur Perdagangan Internasional negara tujuan

Miliki pemahaman menyeluruh tentang peraturan dan proses yang mengatur perdagangan internasional, Selain persyaratan ekspor. Misalnya, untuk berpartisipasi di pasar global, pastikan barang Anda memenuhi persyaratan kualitas yang ditetapkan di negara tujuan. Pastikan Anda memahami prosedur bea cukai, memilih jasa pengiriman barang, membeli asuransi produk, dan menghitung biaya pengiriman. Untuk lebih detail anda dapat melihat situs UPS, di dalam situs tersebut terdapat banyak persyaratan-persyaratan yang lebih rinci. Hanya perlu memilih negara asal dan negara tujuan ekspor.

Tips dan strategi pemasaran online yang efektif

Bagaimana pelaku bisnis Indonesia dapat memanfaatkan teknologi dan internet untuk memperluas jangkauan ekspor mereka?
Mungkin ini jadi pertanyaan yang akan banyak muncul di kepala para eksportir pemula. Berikut salah satu tips yang diberikan oleh salah satu Eksportir Briket Batok Kelapa yang memiliki kantor di Ruko Brajamustika, Jalan Dr. Semeru No.12A, RT.01/RW.01, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16161.

Penulis pada tanggal 01 Agustus 2023 memiliki kesempatan yang berharga untuk bertemu Bang Fikri dan Mba Nila. Disana penulis diajak berkeliling kantor untuk melihat produk-produk yang di ekspor sekaligus di pertemuan ini juga Bang Fikri membagikan strategi pemasaran yanng beliau lakukan dari awal ekspor hingga sekarang yakni strategi Email Marketing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun