Mohon tunggu...
Anugerah Rimdhany Fauzan
Anugerah Rimdhany Fauzan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi

menyukai petualangan / Hiking

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Mahasiswa KKN Untag Surabaya Kenalkan Fitur Instagram Bisnis dan Rebranding Kemasan UMKM Peyek Niken

11 Juli 2023   07:20 Diperbarui: 11 Juli 2023   07:21 371
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendampingan pembuatan serta pengoperasian instagram sebagai sarana memperkenalkan dan promosi UMKM Peyek Niken (Dokpri)

OPTIMALISASI PEMASARAN DIGITAL, MAHASISWA KKN UNTAG SURABAYA KENALKAN FITUR INSTAGRAM BISNIS DAN REBRANDING KEMASAN PADA UMKM PEYEK NIKEN  

Mojokerto, 10 Juli 2023 – Mahasiswa Universitas 17 Agustus Surabaya Kelompok KKN R-1 melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Padi, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Pada tahun 2023 ini KKN Untag Surabaya memiliki tema yaitu “ Penguatan Ikon Desa Berbasis Potensi Lokal” dengan pembagian sub tema yaitu Ekonomi Kreatif, Inovasi, dan Internet of Things. Kelompok KKN R1 yang beranggotakan 33 Mahasiswa dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Ardhi Islamudin S.E., MA. melaksanakan Program Kerja dengan Judul “Pengembangan Sumber Daya Lokal untuk Optimalisasi Ekonomi Desa Padi” yang dilaksanakan pada  3 -14 Juli 2023.

Salah satu kelompok sub tema dalam kelompok KKN R1 adalah kelompok Ekonomi Kreatif 1 dengan judul Program Kerja “Peningkatan Brand Awareness Pada Produk Umkm Milik Masyarakat Desa Padi Guna Meningkatkan Daya Jangkau Pemasaran Dan Pengemasan Produk Yang Lebih Efisien”. Anugerah Rimdhany Fauzan merupakan salah satu anggota kelompok sub tema Ekonomi Kreatif 1 yang melakukan program Kerja pendampingan pembuatan dan pengoperasian Instagram serta rebranding kemasan produk pada UMKM Peyek Niken guna menuju pemasaran digital.

Peyek Niken merupakan salah satu UMKM yang cukup terkenal di Desa Padi yang sudah ada sejak tahun 2014. UMKM ini memproduksi rempeyek dengan beberapa varian yaitu Peyek Kacang, Peyek Kacang Hijau, dan Peyek Urang Dawu.  Dalam pemasarannya, saat ini Peyek Niken masih memasarkan produknya secara konvensional atau dipasarkan dengan dititipkan di pasar dan menerima pesanan namun masih belum memasarkan produknya pada media digital seperti halnya instagram.

“Untuk saat ini kendala pada peamasaran online, kalau sekarang belum bisa untuk pemasaran lewat instagram karena untuk pengoperasian Instagram juga belum bisa mas” Ungkap Ibu Siti Alimah selaku pemilik UMKM Peyek Niken pada saat meminta izin dan persetujuan dalam pelaksanaan program kerja. Rabu (05/07/2023)

Berdasarkan dari kendala yang dialami, untuk mendukung pemasaran Peyek Niken secara digital Anugerah Rimdhany Fauzan memberikan pendampingan pembuatan dan pengoperasian memanfaatkan fitur Instagram bisnis sebagai media untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk serta melakukan  rebranding pada kemasan UMKM Peyek Niken sehingga dapat lebih menarik konsumen dan diharapkan dapat bersaing dalam pemasaran digital.

Dalam pendampingan pembuatan dan pengoperasian memanfaatkan fitur Instagram bisnis Anugerah Rimdhany Fauzan memberikan penjelasan tentang bagaimana cara membuat akun Instagram, mengoperasikan Instagram, cara memanfaatkan tagar, dan bagaimana mendapatkan informasi yang berkaitan dengan trend terkini di instagram.

Foto bersama pemilik UMKM Peyek Niken dengan kemasan serta desain stiker yang baru (Dokpri)
Foto bersama pemilik UMKM Peyek Niken dengan kemasan serta desain stiker yang baru (Dokpri)

Untuk mendukung pemasaran digital pada UMKM Peyek Niken Anugerah Rimdhany Fauzan juga memperkenalkan model kemasan yaitu standing pouch ziplock serta memberikan desain stiker yang lebih menarik (eye catchcing) sehingga produk lebih menarik dan memiliki daya saing. Dengan adanya model kemasan dan stiker baru yang lebih menarik tersebut maka diharapkan dapat menunjang juga dalam pemasaran digital.

“Terima kasih mas, kalau dari saya merasa senang dan merasa terbantu sudah dikenalkan dan dibuatkan Instagram serta dikenalkan dengan kemasan yang kekinian dan desain stiker yang menarik, untuk penggunaan Instagram sebagai media promosi akan saya lakukan secara bertahap sambil belajar juga”. Ungkap Ibu Siti Alimah selaku pemilik UMKM Peyek Niken setelah dilakukan pendampingan dalam pembuatan dan pengoperasian Instagram dan rebranding kemasan. Senin, (10/07/2023)

Dengan adanya kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini diharapkan UMKM Peyek Niken ini dapat menjangkau pasar yang lebih luas melalui pemanfaatan fitur Instagram bisnis dan desain kemasan yang menarik, serta dapat menjadi contoh bagi UMKM yang lainnya dan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitarnya.

#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya 

#UntukIndonesia #UntagSubayaKeren

#EcoCampus #KampusKompeten

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun