Mohon tunggu...
Anton Rumandi
Anton Rumandi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Hubungan Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta

Tetap Semangat dan Sukses Selalu!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kampanye Humas

19 September 2023   00:40 Diperbarui: 19 September 2023   00:41 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jelas bahwa kampanye humas memiliki banyak manfaat bagi suatu organisasi. Akan tetapi, setiap manfaat yang diperoleh dari setiap organisasi pada akhirnya berbeda. 

Artinya, ini kembali lagi tergantung dari jenis dan tujuan dari suatu organisasi tersebut dan bagaimana mereka memilih program kampanye yang dilakukan. 

Misalnya, organisasi politik yang pastinya akan memilih jenis kampanye yang sesuai dengan kebermanfaatan jenis organisasi mereka, yaitu candidate oriented campaigns. 

Manfaat dari kampanye ini adalah meningkatkan elektabilitas organisasi tersebut dan mendapat dukungan atau suara dari masyarakat. Sementara itu, berbeda lagi apabila organisasi tersebut bergerak di kegiatan sosial misalnya greenpeace. 

Oleh karena itu, manfaat yang diperoleh dari kampanye yang mereka lakukan adalah orang-orang dipenjuru dunia semakin peduli dengan lingkungan sekitar dan secara tidak langsung memperkenalkan greenpeace itu sendiri dan membentuk branding organisasi yang mana berfokus pada kegiatan sosial. Oleh sebab itu, secara umum manfaat kampanye humas bagi organisasi adalah salah satunya untuk memecahkan masalah yang menerpa organisasi tersebut, baik internal maupun eksternal organisasi. Selain itu, kampanye humas menjadi penting karena keefektifan dalam upaya strategi branding organisasi dan bagaimana organisasi tersebut dikenal oleh masyarakat, misalnya saja pada kasus greenpeace yang sudah dijelaskan sebelumnya. 

Berikut adalah jenis-jenis kampanye:

a) Product Oriented Campaigns 

Sesuai dengan namannya, ampanye jenis ini berorientasi pada produk sebagai objek yang dikampanyekan. Pada dasarnya, product oriented campaigns terjadi disekitar lingkungan bisnis suatu perusahaan khususnya disaat mereka sedang meluncurkan produ baru maupun saat sedang menjalin kerjasama dengan produk atau brand lain. Jelas dari pengertian tersebut tujuan dari product oriented campaigns adalah mempromosikan produk dan yang paling utama adalah untuk memperoleh keuntungan finansial dari penjualan produk tersebut. 

b) Candidate Oriented Campaigns 

Sementara itu, candidate oriented campaigns merupakan salah satu jenis kampanye yang berorientasi pada kepentingan politik. Oleh karena itu, biasanya kampanye ini sering diinisiasikan oleh para pejabat publik dan juga beberapa partai politik pada saat akan diselenggarakannya pemilu ataupun agenda politik lain. Jelas, tujuan dilakukannya kampanye ini adalah untuk meningkatkan elektabilitas pejabat atau parpol tersebut sehingga semakin kenal dan mendapat citra positif dari masyarakat. 

c) Ideologically or Cause Oriented Campaigns 

Berbeda halnya dengan kedua kampanye sebelumnya yang pada dasarnya memiliki kepentingan pribadi, baik itu perusahaan ataupun partai politik. Ideologically or Cause Oriented Campaigns berorientasi pada kepentingan sosial. Kampanye ini biasanya dilakukan oleh perusahaan, organisasi, ataupun kelompok dari gerakan sosial yang ditujukan untuk masyarakat umum sebagai wujud aksi sosial dan kepedulian terhadp lingkungan sekitar. Aksi -- aksi sosial ini bisa berupa ajakan, himbauan bahkan larangan terkait hal hal dapat merugikan lingkungan (alam), hewan, ataupun manusia. Tujuannya adalah untuk menyadarkan orang -- orang khususnya pelaku sosial tersebut bahwa tindakan yang dilakukan salah dan memperoleh dukungan dari masyarakat terkait kampanye sosial tersebut. Selain itu, dengan dilakukannya Ideologically or Cause Oriented Campaigns orang -- orang yang awal tidak tahu akan perbuatan yang melanggar atau menyimpang dari kehidupan sosial menjadi tahu dan peduli.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun