Sehat merupakan sesuatu yang paling berharga, sangat di dambakan oleh semua orang dan tentunya menjadi idaman yang selalu di harapkan dalam hidup ini.
Fasilitas kesehatan (faskes) yang memadai menjadi syarat mutlak yang harus tersedia sarananya di kota maupun pedesaan, terjangkau dan mudah di akses oleh masyarakat.
Ketersediaan faskes yang memadai, tentunya akan memudahkan semua orang untuk hidup yang selalu sehat, terjaga dari sakit, mudah sembuh jika sakit dan terjamin kesehatannya.
Bukan hanya orang perorangan namun adanya fasilitas kesehatan yang lengkap di harafkan dapat bermanfaat bagi semua orang yang membutuhkan, orang kecil maupun besar, terutama yang sakit atau sedang terkena penyakit.
Agar masyarakat mendapat kemudahan fasilitas dalam hal kesehatan, maka perlu terwujudnya suatu fasilitas kesehatan yang memadai pada setiap desa semisal pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang ada di desa-desa lebih ditingkatkan pelayanannya, tenaga medisnya, persediaan obat-obatan yang lengkap dan peningkatan fasilitas kesehatan lainnya.
Disamping itu, fasilitas kesehatan secara online pun sangat penting untuk terus di tingkatkan guna memudahkan masyarakat untuk berkonsultasi maupun mencari solusi agar tetap bisa hidup sehat meskipun berada di desa atau daerah terpencil sekalipun.
Jika di kota, semua fasilitas dan kemudahan akses kesehatan sudah banyak tersedia dari mulai rumah sakit biasa sampai yang luar biasa lengkap dan mewah, yang sifatnya gratisan sampai termahal sekalipun.
Namun, untuk wilayah perdesaan ketersediaan fasilitas kesehatan masih kurang lengkap dan belum merata, kalaupun ada tidak selengkap dan sekomplit di daerah perkotaan.
Selain kurang tersedianya fasilitas yang mumpuni di desa-desa, juga masih disulitkan pula dengan rendahnya pelayanan, ketersediaan obat masih kurang, akses jaringan yang jelek apabila mengakses secara online dan fasilitas jalan menuju pusat kesehatan yang masih belum mengakomodir semua permukiman yang ada.
Penyebaran faskes, sarana dan prasarana di seluruh desa masih belum merata dan tampak masih kurang, apalagi jika melihat ketersediaan yangdi nilai ideal bagi masyarakat umum, padahal sangatlah diperlukan dalam menunjang pelayanan operasional setiap harinya.
Secara sifatnya, ada 4 faskes yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam bidang kesehatan yang meliputi :Â
1. Pelayanan kesehatan promotif.
Yaitu sebuah pelayanan kesehatan yang bersifat edukasi untuk memberikan penyuluhan dan informasi yang bisa berbentuk pelatihan, poster, pamflet, sosial media, leaflet, televisi, radio maupun penggunaan media-media lainnya.
2. Pelayanan kesehatan preventif.
Pelayanan kesehatan preventif merupakan pelayanan yang bertujuan untuk pencegahan suatu penyakit agar tidak menimpa masyarakat, lebih bersifat menjaga agar tidak terkena sakit atau penyakit seperti di adakannya program imunisasi, kegiatan senam sehat, budaya hidup bersih dan sehat serta kegiatan lainnya yang bersifat pencegahan.
3. Pelayanan kesehatan kuratif.
Pelayanan kesehatan kuratif dapat dilakukan dengan adanya ketersediaan sarana prasarana kesehatan yang memadai dan lengkap, akses serta faskes menjadi tumpuan dari pelayanan preventif.Â
Pelayanan ini, bersifat pengobatan instan bagi masyarakat yang terkena suatu penyakit, semisal tersedianya obat-obatan yang dibutuhkan, rawat inap, rawat jalan dan lain-lainnya.
4. Pelayanan kesehatan rehabilitatif.
Pada pelayanan rehabilitatif, tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan diharafkan mampu memberikan pelayanan terbaiknya sehingga pasien mampu kembali ke masyarakat dan melakukan aktivitas seperti biasanya menjadi anggota masyarakat sesuai dengan kemampuannya.
Untuk menciptakan ketersediaan faskes yang mumpuni sesuai kebutuhan masyarakat, maka pemerintah dan masyarakat bisa bersama-sama saling bahu membahu untuk membangun agar penyebarannya merata dengan ditunjang sarana dan prasarana yang lengkap serta memadai.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H