Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Keahlian Komunikasi, Apakah Dapat Memengaruhi Karir di Tempat Kerja?

16 September 2021   12:51 Diperbarui: 17 September 2021   09:16 1133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sungguh tidak diragukan lagi, bahwa keindahan kata-kata yang berkesan kadang kala mampu menjadi faktor pendukung bagi kesuksesan seseorang di tempat kerja.

Apalagi jika pekerjaan itu berhubungan erat dengan kegiatan kemasyarakatan. Namun, apapun jenis pekerjaan, seni dalam berbicara dan berdialog sangat mempengaruhi kesuksesan karirnya.

Misalkan, jikalau pandai mendengarkan atasan di kantor, maka Anda akan diperhatikan olehnya. Apalagi jika kita piawai dalam mengungkapkan pendapat untuk menyelesaikan masalah yang ada di tempat kerja. Semua rekan kerja tentunya akan menganggap bahwa anda pandai pada bidang yang digelutinya.

Orang yang pandai dalam bidangnya belum tentu piawai dalam bertutur kata. Sebagai contoh, kami memiliki seorang teman yang sangat pintar dalam urusan pekerjaan, namun dia mengeluh karena karirnya tidak naik-naik. 

Setelah diselidiki, ternyata teman kami ini tidak bisa mengungkapkan ide-idenya dengan baik. 

Suaranya sangat pelan sehingga sulit didengar oleh rekan-rekan kerjanya. Tidak cakapnya dalam bertutur kata, telah membuat atasannya menjauh dari teman kami itu.

Oleh sebab itu, maka seharusnya agar memiliki gaya bahasa yang variatif dan disesuaikan dengan suasana di tempat bekerjanya. 

Jika belum memiliki kemampuan seperti itu, yang harus dilakukan adalah berdiam sejenak sebelum berbicara.

Hal ini bertujuan untuk memfokuskan pikiran-pikiran sebelum mengungkapkan segala sesuatunya, dengan pikiran yang tenang tentunya Anda akan dapat mengeluarkan kata-kata secara lebih singkat, padat dan jelas.

Jika hal itu telah dilakukan tetapi tetap berpikir bahwa kemampuan berbicara membutuhkan polesan dan perbaikan, rekamlah pembicaraan ke dalam kaset atau merekamnya melalui HP sendiri.

Anda juga bisa bertanya kepada teman-teman untuk mendapatkan masukan dari mereka agar dapat mengoreksi dan memperbaiki kemampuan berbicara.

Sekali lagi, apapun posisi dalam bekerja, kemampuan berbicara merupakan faktor yang sangat penting bagi kesuksesan suatu karir. Agar kesuksesan itu terus berlanjut, tambahlah pengetahuan dengan kata-kata dan ungkapan yang sering kali dipakai orang-orang yang telah sukses dalam bekerja.

Jikalau mendengar ungkapan baru yang bagus serta Anda yakin bahwa itu penting, tulislah dan cobalah untuk menggunakannya pada situasi yang tepat. 

Maka dari catatan-catatan kecil itu, kita bisa membuat kamus pribadi yang khusus digunakan dalam berkomunikasi di tempat bekerja.

Yakinlah bahwa kunci utama untuk mengerti dan mengembangkan makna suatu percakapan adalah menggunakan kata-kata baru yang bervariatif tersebut dengan terus menerus.

Setiap hari Anda pun dapat menambah ungkapan atau makna-makna baru yang belum pernah digunakan sebelumnya, batasi penggunaannya dengan bentuk yang pas dan pada waktu yang tepat, dari situ maka akan melihat betapa hal tersebut amatlah penting bagi hubungan di dunia kerja, baik saat berbicara bersama atasan, teman-teman, maupun bawahan.

Nah, untuk membuktikan kepandaian kita dalam bertutur kata ketika di tempat bekerja, kita bisa melihat reaksi teman-teman bekerja setelah Anda selesai berbicara. 

Apakah kata-kata yang Anda sampaikan bisa mempengaruhi mereka? atau, apakah merasakan bahwa ucapan yang disampaikan diterima oleh mereka?

Percayalah bahwa apapun yang telah Anda katakan, tanpa dapat diragukan lagi akan tampak sangat jelas pengaruhnya kepada para pendengar. Asalkan, kata-kata itu memiliki kesan yang sangat mendalam bagi mereka maupun manfaat lainnya.

Jika Anda masih belum sukses dalam berkarir, haruslah banyak-banyak belajar dalam bertutur kata dari orang-orang yang telah sukses dan berhasil dalam dunia kerja.

Perhatikan, ketika mereka menggunakan kata-kata yang tepat sesuai dengan situasi, tempat dan kondisi yang ada. Dengan begitu, niscaya Anda juga akan ikut pandai dalam berkomunikasi.

Pada akhirnya, ketika kita telah membuat atasan terkagum-kagum terhadap ucapan dan kemampuan berbicara, maka karir pun akan mudah untuk diraih seiring berjalannya waktu di tempat kerja itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun