Usaha rumahan kini menjadi tren seiring munculnya dukungan yang kuat dari pemerintahan saat ini, melalui beragam stimulus berupa bantuan dana yang di bagikan kepada masyarakat.
Bantuan yang disalurkan salah satunya kepada masyarakat yang telah memiliki usaha kecil atau menengah sebagai penyemangat agar usaha yang di jalankannya terus berkembang dan menguntungkan meskipun dimasa pandemi.
Selain itu, targetnya juga diarahkan kepada warga masyarakat yang memiliki motivasi tinggi untuk membuat rintisan usaha, di harafkan menjadi stimulus dan tambahan permodalannya.
Tentunya, pemilik usaha rumahan juga menjadi target utama sebagai penerima bantuan dana UMKM yang digulirkan pemerintah saat ini, agar usaha mereka tetap berjalan meskipun dalam  situasi pandemi covid 19. Â
Tanpa disadari, ternyata keberadaan media sosial meningkatkan omset penjualan usaha rumahan, terlihat dari bertahanya usaha yang pemasarannya dilakukan lewat jaringan internet melalui berbagai media sosial yang ada saat ini.
Masa pandemi justru telah meningkatkan keuntungan yang diperolehnya, seiring dengan maraknya kegiatan masyarakat yang lebih banyak dilakukan secara online pada masa sekarang ini.
Usaha rumahan sepertinya dapat menjadi solusi yang tepat untuk dikembangkan dalam masa situasi pandemi seperti sekarang ini, untuk pemasaran dan pemesanan dapat dilakukan secara online melalui media sosial.
Semaraknya geliat media sosial dapat di manfaatkan untuk sarana jual beli yang aman, lebih menarik dan bisa menjangkau pemasaran yang lebih luas lagi tanpa cape-cape berkeliling sambil bercucuran keringat.
Melalui media sosial seperti Facebook, Kaskus, iklan di kompas, market place, WA bisnis, maupun media-media lainnya yang kini muncul sangat banyak dapat lebih memudahkan pemilik usaha rumahan untuk menyebarkan produknya secara lebih gampang dan tersebar meluas di masyarakat.
Sebagian besar masyarakat kini sudah lebih canggih dan menjadikan media-media tersebut sebagai teman kesehariannya, mereka di sela-sela kesibukan aktivitasnya selalu tetap menyempatkan diri dalam menggunakannya.
Nah, dengan populernya dan famiarnya penggunaan medsos sebaiknya dapat dimanfaat oleh pemilik usaha rumahan untuk mengekspos hasil usahanya secara gencar agar semakin banyak pembelinya.
Media sosial bisa menjadi alat dan sarana yang tepat dalam mengembangkan usaha rumahan agar penjualan lebih meluas, pembelinya lebih banyak dan tentunya menghasilkan keuntungan yang lebih besar dibanding cara penjualan secara ofline.
Hal ini telah dibuktikan oleh keluarga kami yang menghidupkan usaha rumahan sejak lama, dahulu saat belum adanya media internet penjualan disebarkan secara langsung dan dipasarkan habis-habisan ternyata barangnya masih tetap kurang dikenal masyarakat luas, masih banyak orang yang tidak tahunya.
Sehingga omset penjualan pun biasa-biasa saja, berbeda dengan masa kini keberadaan media sosial meningkatkan omset penjualan usaha rumahan karena barang yang dipasarkan lebih mudah dikenali dan dapat dipesan secara online.
Kini dengan munculnya beragam platform media sosial dan internet telah membuat lebih banyak orang yang mengenalnya dibanding yang tidak tahunya terhadap Branded yang dimiliki keluarga kami.
Perihal ketersediaan internet, market place, Facebook, WA dan media sosial lainnya telah menyebabkan omset usaha rumahan kami sekeluarga meningkat drastis meskipun masa pandemi belum berakhir.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H