Bekerja di depan orang yang sikapnya selalu positif merupakan pengalaman yang menggembirakan, ia dapat membuat anda lebih yakin terhadap diri sendiri.
Sedangkan bekerja di dekat orang yang memberikan pengaruh negatif, ibarat pergi ke sebuah tempat pesta dengan orang yang terhina dan terkucil.Â
Lantas, mengapa sikap positif itu sangat di hargai dalam lingkungan kerja?
Nih, ketahui 4 penyebab orang lebih dihargai pada tempat bekerjanya, yaitu :
1. Bagi kebanyakan orang, pekerjaan bukanlah sesuatu yang sangat mereka sukai, maka bekerja di dekat orang yang positif akan membuat pekerjaannya terasa lebih bisa dinikmati.
2. Para penyelia mengandalkan sikap positif dari bawahannya guna membina semangat kelompok, sikap positif dapat membuat pekerjaan setiap orang sedikit lebih mudah dan ringan.
3. Hampir sebagian besar dari waktu jaga seseorang telah di habiskan di tempat kerjanya. Tentu tanpa adanya sikap positif, waktu itu akan terasa sangat panjang dan menjemukan sekali.
4. Beberapa rekan sekerja mungkin saja memiliki masalah-masalah pribadinya di rumah. Tempat bekerja bisa jadi merupakan satu-satunya tempat dimana mereka dapat menjumpai orang-orang positif dan melupakan sebagian masalah mereka itu.
Makin serasi suasana kerja, maka akan semakin baik produktivitas pada bagian kerja itu sendiri. Hasil yang di peroleh akan semakin besar, mutunya semakin tinggi dan kesalahan yang terjadi akan semakin kecil.
Jika orang merasa gembira dan tidak tegang saat bekerja, mereka akan dapat lebih berkonsentrasi dengan baik dan makin dekat pada potensi optimalnya.
Suasana yang riang, gembira dan produktif dapat terlihat pada sikap orang-orang yang terlibat di dalamnya, inilah yang di harafkan saat berada pada dunia kerja dan lingkungan pekerjaannya.
Orang yang luar biasa dapat merasakan bila suatu lingkungan pekerjaan nyaman, efisien, dan produktif melalui pengamatan terhadap sikap karyawannya.
Selalu terdengar tawa yang riang, keadaan karyawan saling bertoleransi. Pekerjaan dipandang lebih sebagai tantangan dari pada menganggapnya sebagai rangkaian tugas-tugas yang menjemukan.
Tetapi, hati-hati! Satu saja sikap negatif akan dapat menyuramkan suasana yang harmonis, maka sebaiknya hindarilah sikap negatif itu.
Sebenarnya, sangatlah mudah untuk mengenali mereka yang bersikap positif atau negatif. Semisal dengan cara mengamati bilamana mereka sedang menjalani masa"cuti".
Karyawan yang positif akan selalu di sambut baik, di rindukan dan di terima dengan senang hati ketika masa cutinya sudah selesai.
Sebaliknya, karyawan yang memiliki sikap negatif biasanya akan selalu di tunggu-tunggu kapan ia akan menjalani masa cutinya.Â
Sangatlah penting untuk kita ketahui 4 penyebab orang lebih di hargai pada tempat bekerjanya, sebab dengan memahaminya diharafkan dapat terciptanya suasana kerja yang harmonis, nyaman, aman dan baik.
Artinya, sangatlah jelas sekali bahwa sikap positif yang anda tebar bukan hanya akan berharga bagi diri sendiri, tetapi juga dapat di hargai oleh orang lain.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H