Sebuah produk atau jasa pasti membutuhkan sebuah iklan untuk dapat mengenalkan dan menarik awareness konsumen agar membelinya. Hal tersebut perlu adanya copywriting dalam kontenmu. Tujuan adanya copywriting adalah untuk menyampaikan informasi produk atau jasa dengan kata-kata yang bersifat persuasif dan singkat. Formula copywriting ini bisa diterapkan pada media digital, seperti Instagram, TikTok, atau sosial media lainnya dan juga dapat diterapkan pada media konvensional, seperti baliho dan billboard.Â
Berikut 3 formula copywriting yang bisa kamu gunakan agar produkmu dapat menarik konsumen.Â
PAS (Problem, Agitate, Solution)
Dalam formula PAS ini, kalian harus menyertakan problematika atau masalah yang sering dialami oleh target konsumen agar mereka lebih tertarik untuk mendapatkan solusi dari permasalahan mereka. Namun, sebelum masuk kedalam solusi, kamu perlu mencantumkan sesuatu yang dapat menimbulkan kegelisahan konsumen. Setelah itu baru kamu memberi mereka solusi atas permasalahannya. Berikut contohnya:
Problem: Zaman sekarang, masih sering ngga pake sunscreen karena ribet?
Agitate: Hati-hati, karena hal tersebut sangat berpengaruh pada kesehatan kulit wajah kita, lho??
Solution: Tenang aja, sekarang ada produk sunscreen stickroll yang makenya tinggal di roll ke bagian wajah. Goodbye sunscreen anti ribet!!
AIDAÂ
Formula AIDA ini merupakan formula terpopuler dikalangan copywriter dan sering digunakan dalam pembuatan konten. AIDA ini terdiri dari Attention (A), Interests (I), Desire (D), dan Action (A).
Attention, kalian bisa menulis sesuatu yang dapat menarik perhatian audiens, seperti menuliskan highlight dan clickbait yang unik.Â
Interests, pada interests ini kalian bisa mencantumkan data atau fakta yang berhubungan dengan highlight. Hal tersebut dikarenakan agar konten yang dibuat dapat menarik audiens untuk membaca sampai akhir.Â
Desire, kalian dapat menuliskan jawaban atau menawarkan solusi yang dicari oleh audiens. Hal ini bertujuan agar audiens berminat melakukan action.Â
Action, pada tahap ini, kalian akan mengajak para audiens untuk membeli produk atau jasa kalian sebagai solusi atas masalah mereka.Â
Contoh:
Attention: Pengen kuliah di London, tapi katanya 'menguras kantong' banget?
Interest: Dijuluki sebagai kota teramah pelajar bagi seluruh pelajar didunia, London merupakan jantung kota Negara Inggris ini yang memang banyak sekali pendatang pelajar dari penjuru dunia.Â
Desire: Nah, ngga perlu khawatir karena sekarang ini banyak sekali beasiswa fully funded yang ditawarkan baik dari pemerintah inggris maupun indonesia untuk dapat menempuh pendidikan di London.Â
Action: Jangan lupa persiapkan beasiswa mu bersama X education. Karena kita ada lagi promo agustusan!! Yuk buruan DM mimin.Â
3. BAB (Before, After, Bridge)
Mirip dengan 2 formula diatas, formula BAB ini seringkali dipakai juga oleh para copywriter untuk mempromosikan produk-produknya. Formula ini mengawalinya dengan 'before' yang artinya konsumen memiliki beberapa masalah tetapi belum menemukan jalan keluarnya. Lalu disusul dengan solusi pada bagian after, dan ditutup dengan bridging.
Itulah 3 formula copywriting yang perlu kamu ketahui sebelum mengiklankan sebuah produk atau jasa!!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H