Mohon tunggu...
Annisa Ratna Lolyta Waruwu
Annisa Ratna Lolyta Waruwu Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa STIAMAK BARUNAWATI SURABAYA

Bismillahirrahmanirrahim

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Resume Webinar Stiamak Annisa Ratna Lolyta Waruwu

25 Oktober 2020   08:05 Diperbarui: 14 Januari 2021   18:50 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

OPTIMISME PENDIDIKAN DAN KARIER BISNIS LOGISTIK DAN KEPELABUHAN

 

OLEH WIDYO WINARSO 

SEKRETARIS LLDIKTI-7

            II Kita memasuki era di mana gelar tidak menjamin kompetensi. Kita memasuki era di mana kelulusan tidak menjamin kesiapan berkarya. Kita memasuki era di mana akreditasi tidak menjamin mutu. Inilah hal-hal yang harus segera di sadari.II -- Nadiem Anwar Makarin

            Transformasi digital mengguncang dunia dan membawa pada Revolusi Industri ke-4:

  • Revolusi Industri ke-1 Abad 18 : Mesin uang menggerakkan industri (Mekanisasi)
  • Revolusi Industri ke-2 Abad 19 :Tenaga listrik mengubah industri (Elektrifikasi)
  • Revolusi Industri ke-3 Abad 20 : TI, komputasi, dan komunikasi (Otomasi)
  • Revolusi Industri ke-4 Abad 21 : Sistem cerdas: Al,loT,BigData,etc (Otonomi)
  •  
  • Education 4.0 fit for Industry 4.0
  • Agile Leaners :
  • Flexible                     
  • Adaptive
  • Self directed
  • Creative
  • Character
  • Complex problem solver

  • FRAMING
  • Adalah media yang menunjukkan sebuah peristiwa realistis/fakta.

  • LOGISTIK
  • Penduduk Indonesia mencapai 267 juta jiwa
  • Negara kepulauan
  • Era Revolusi Industri 4.0 dengan kehadiran teknologi yang dominan (koneksi internet,e-commerce,fintech,dll)
  • Lainnya..

PENGENALAN PELINDO III OLEH RENDRA KESTYAWAN

VISI : Menjadi smart Operator Pelabuhan Berskala Dunia

MISI :

 1. Menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan untuk peningkatan kepuasan stakeholder.

2. Memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna jasa layanan bisnis di pelabuhan melalui digitalisasi dengan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (GCG)

3. Menciptakan solusi bisnis yang terbaru melalui integrasi dan kerja sama dengan mitra strategis

4. Membangun dan memperluas jaringan bisnis domestik dan internasional

BUDAYA

"AHKLAK"  Amanah, Harmonis,Kompeten,Loyal,Adaptif,Kolaboratif

 

 JASA KEPELABUHANAN

  • Jasa kapal : jasa pandu ,jasa tunda, jasa kepil dan jasa tambat
  • Jasa barang : jasa dermaga,bongkar/muat,car terminal dan Ro-Ro
  • Jasa penumpang : pas penumpang dan barang bawaan penumpang

JASA TERKAIT KEPELABUHANAN 

  • Sampah limbah kapal
  • Inter Terminal Transfer
  • Hi-Co Scan
  • Hi-Co Scan with Behandle
  • Over stack Tambat Kapal
  • Trucking dari dermaga ke Penimbunan
  • Penumpukan + Gerakan Ekstra
  • Batal transaksi

  • ONE STOP SERVICES JASA KEPELABUHANAN
  • Online Booking
  • Online Meeting
  • Self Service Activity
  • Online Customer Care 24/7
  • Online Payment

Lulusan Perguruan Tinggi :

  • Umumnya kurang tahan menghadapi tekanan dalam dunia kerja
  • Kurang dapat bekerja sama dalam sebuah tim

Keluhan Pengguna Tenaga Kerja :

  • Kurang dapat berkomunikasi lisan dan tulisan dengan baik
  • Kurang inisiatif dan mudah bosan
  •  
  • TANTANGAN
  • VOLATILE
  • UNCERTAIN
  • COMPLEX
  • AMBIGOUS

MENGHADAPI TANTANGAN :

  • LEARNING AGILITY
  • MENTAL AGILITY
  • CHANGE AGILITY
  • PEOPLE AGILITY
  • RESULT AGILITY
  • KULIAH EFEKTIF :
  • KONDISIKAN SEPERTI BELAJAR DI KAMPUS
  • Kondisikan suasana belajar seperti di kampus
  • Tegas terhadap diri sendiri
  • Pilih tempat belajar yang nyaman di rumah
  • Bangun pagi dan mandi pagi untuk mood booster
  • Ikuti pembelajaran dengan baik dan aktif
  • MANAJEMEN WAKTU
  • Buat jadwal belajar yang teratur,tentukan target
  • Kerjakan dengan fokus tugas yang diberikan dosen dan mengerjakan segera di awal waktu (tidak menunda)
  • BELAJAR DENGAN SERIUS
  • Kenali dan kuasai gaya belajar diri masing-masing
  • Fokus dan konsisten selama waktu belajar yang ditetapkan
  • Hindari mengakses medsos maupun konten-konten berita
  • BERSOSIALISASI
  • Kembangkan relasi sosial atau pertemanan secara daring
  • Buat kelompok belajar/diskusi untuk membahas materi kuliah maupun tugas kuliah
  • ISTIRAHAT CUKUP
  • Menjaga kesehatan
  • Tidak mudah jenuh

OPTIMISME PENDIDIKAN DAN KARIER BISNIS MARITIM PASCA COVID-19 

                          OLEH CHIEFY ADI KUSMARGONO, S.Psi.,Msc

IMPROVE YOUR ATTITUDE

  • Perubahan mindset
  • Bekerja cepat,tepat,dan bertanggung jawab
  • Mempertajam Kecerdasan emosional dan sosial
  • Mempertajam Kecerdasan Spiritual

  • HUMBLE
  • "Rendah hati, memiliki Spiritual quotient yang tinggi, tidak sombong walaupun berprestasi"

  • PERSISTENCE
  • "Rajin, bekerja keras, mencari solusi"

  • RESILIENCE
  • "Tahan banting, memiliki daya juang, dapat bangkit dari kegagalan.

  • GIVING VS TAKING
  • "Ask not what your country can do for you, ask what you can do for your country"
  •             John F. Kennedy

  • KEEP LEARNING
  • "Terus belajar terutama dari para senior"

  • GAIN EXPERIENCE
  • "Pengalaman  adalah guru terbaik"
  • 10 FAKTOR TERATAS YANG AKAN MEMPENGARUHI KESUKSESAN:
  • KEJUJURAN
  • DISIPLIN KERAS
  • MUDAH BERGAUL
  • DUKUNGAN PENDAMPING
  • KERJA KERAS
  • KECINTAAN PADA YANG DIKERJAKAN
  • KEPEMIMPINAN
  • KEPRIBADIAN KOMPETITIF
  • HIDUP TERATUR
  • KEMAMPUAN MENJUAL IDE

Tulisan ini dibuat sebagai tugas dari mata kuliah Psikologi Manajemen di Stiamak Barunawati Surabaya. jika ada yang berkenan memberikan masukan,kritik,saya akan senang hati. Mari kita belajar tanpa henti. (25.10.2020/Stiamak_Annisa Ratna Lolyta Waruwu)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun