Mohon tunggu...
Annisa Rahmah
Annisa Rahmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Hobi saya mendengarkan musik dan membaca novel, selain itu memasak jika bahan masakannya lengkap, jika tidak berarti tidak memasak.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Memanfaatkan Teknologi untuk Menyikapi Problematika Pasca Pandemi

19 Desember 2022   07:09 Diperbarui: 19 Desember 2022   07:10 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Abstrak

Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak tahun 2020 telah memberikan dampak yang luar biasa pada sistem pembelajaran di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Untuk menjaga kesehatan siswa dan guru, banyak sekolah yang terpaksa mengadaptasi pembelajaran jarak jauh atau online. Namun, tidak semua siswa dan guru memiliki akses yang sama terhadap teknologi dan internet, sehingga menimbulkan masalah baru dalam pembelajaran.

Teknologi merupakan salah satu solusi yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi problematika pembelajaran pasca pandemi di Indonesia. Dengan menggunakan teknologi, siswa dan guru dapat terhubung satu sama lain meskipun terpisah jarak. Selain itu, teknologi juga dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran, serta mempermudah akses terhadap sumber belajar yang berkualitas.

Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan teknologi dapat membantu menyiasati problematika pembelajaran pasca pandemi di Indonesia. Penelitian ini juga akan mengkaji hambatan-hambatan yang dihadapi dalam proses pemanfaatan teknologi tersebut, serta solusi-solusi yang dapat diberikan untuk mengatasinya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pihak sekolah dan pemerintah dalam menyusun strategi pembelajaran pasca pandemi di masa yang akan datang.

Landasan Teori

Dalam artikel ini, landasan teori yang digunakan adalah teori pembelajaran jarak jauh dan teori penggunaan teknologi dalam pembelajaran.

  • Teori pembelajaran jarak jauh. Mackenzie. Christensen dan Rigby mendefinisikan pembelajaran jarak jauh sebagai metode pendidikan yang menggunakan telekomunikasi sebagai sarana komunikasi antara siswa dan guru. Sedangkan Menurut Dogman, pembelajaran jarak jauh adalah pembelajaran yang berfokus pada pembelajaran mandiri.
  • Teori teknologi pembelajaran. Definisi Kenneth Silber tahun 1970 tentang teknologi pembelajaran adalah pengembangan (penelitian, desain, produksi, evaluasi, penggunaan) dan manajemen pengembangan bisnis (organisasi) dari komponen (pesan, orang, bahan, peralatan, metode, dan lingkungan) dari sistem pembelajaran. dan individu) secara sistematis, belajar memecahkan masalah.
  •             Kedua teori tersebut akan diterapkan dalam artikel ini untuk menjelaskan bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan sebagai solusi terbaik dalam menyikapi problematika pembelajaran pasca pandemi di Indonesia.

Metodologi Penelitian

Untuk menulis artikel dengan judul "Memanfaatkan Teknologi untuk Menyikapi Problematika Pembelajaran Pasca Pandemi", penulis dapat menggunakan metode library research sebagai metodologi penelitiannya. Metode library research merupakan metode penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data melalui sumber-sumber seperti buku, jurnal, artikel, dan dokumen lain yang tersedia di perpustakaan atau melalui internet.

Pembahasan

Pandemi ini telah membawa banyak perubahan dalam berbagai aspek, termasuk dalam proses pembelajaran. Salah satu problem yang terjadi adalah terhambatnya proses belajar mengajar di sekolah karena harus dilakukan secara daring (online). Menurut sebuah survey yang dilakukan oleh UNESCO, sebanyak 75% siswa di Indonesia mengalami kesulitan dalam mengakses pembelajaran jarak jauh karena keterbatasan akses internet dan perangkat teknologi. 

Hal ini disebabkan oleh keterbatasan akses internet, perangkat yang tidak memadai, dan kurangnya pemahaman tentang cara menggunakan teknologi. Selain itu, terdapat juga masalah dalam pengelolaan kelas daring seperti kurangnya interaksi antara guru dan siswa, serta kesulitan dalam mengontrol kehadiran siswa.

Untuk menyikapi masalah ini, disarankan agar pemerintah dan sekolah-sekolah memanfaatkan teknologi untuk membantu proses pembelajaran. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan fasilitas akses internet yang cukup dan memadai bagi siswa. 

Selain itu, guru juga dapat menggunakan aplikasi pembelajaran online seperti Zoom atau Google Classroom untuk mengelola kelas daring secara efektif. Guru disarankan untuk memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan interaksi dengan siswa. Misalnya dengan menggunakan fitur chat atau forum dalam aplikasi pembelajaran online untuk mempermudah siswa bertanya atau mengajukan pertanyaan. Dengan demikian, siswa akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Simpulan

Secara keseluruhan, artikel ini menyimpulkan bahwa teknologi dapat dimanfaatkan sebagai solusi untuk menyikapi problematika pembelajaran pasca pandemi. Dengan menyediakan fasilitas akses internet yang memadai dan menggunakan aplikasi pembelajaran online, proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar meskipun harus dilakukan secara daring. Selain itu, teknologi juga dapat membantu meningkatkan interaksi antara guru dan siswa, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun