Suparman menyatakan bahwa tipologi belajar merupakan perpaduan dari cara  seseorang menyerap, mengelola, dan memproses informasi. Dalam buku Quantum  Learning karya Bobby de Potter dkk, disebutkan ada tiga jenis tipologi belajar, yaitu  visual, auditori, dan kinestetik. Setiap individu tidak hanya cenderung pada satu jenis  modalitas saja, tetapi juga memanfaatkan kombinasi dari berbagai modalitas yang  memberikan mereka kelebihan dan kelemahan tertentu. Tipologi belajar bertujuan  untuk mempermudah proses pembelajaran dan membantu siswa menangkap,  mengatur, dan mengolah informasi. Â
Tipe-Tipe Belajar Menurut Teori Psikologi Pendidikan Â
Diyakini bahwa gaya belajar memainkan peran penting dalam proses belajar  mengajar. Menurut Joko (2006), "Siswa belajar atau memperoleh pengetahuan dengan  cara unik mereka." Gaya belajar didefinisikan sebagai proses aktivitas, penghargaan,  dan kecenderungan seseorang. Kebingungan memberi jalan pada motivasi diri dalam  hal pembelajaran yang bermakna.
 Hamzah (2008) menyatakan bahwa "Ada beberapa tipe gaya belajar yang bisa kita  cermati dan mungkin kita ikuti apabila memang kita merasa cocok dengan gaya itu,  diantaranya: gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik". Â
a. Gaya Belajar Visual Â
Siswa dengan gaya belajar visual memiliki ciri-ciri sebagai berikut:Â
a) teratur dan  rapi
b) berbicara cepat
c) tidak mudah terganggu oleh suara latar saat mengingat  visual
d) lebih suka membaca daripada mendengarkan
e) membaca dengan cepat dan  teliti