Mohon tunggu...
Annisa Fw
Annisa Fw Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

- Tidak ada Deskripsi -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengekspresikan Emosi Melalui Simbol Digital: Peranan Emoji dalam Komunikasi Bagi Siswa Siswi SMP Negeri 3 Surabaya

1 Juli 2024   13:17 Diperbarui: 1 Juli 2024   13:53 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

KKN adalah singkatan dari Kuliah Kerja Nyata. Sesuai namanya, kegiatan ini memang difokuskan agar mahasiswa bisa memberi kontribusi nyata bagi masyarakat sekitar. KKN bukan hanya sekadar tugas akademis, tetapi juga merupakan wadah untuk mengembangkan rasa tanggung jawab sosial mahasiswa. 

Mahasiswa Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Annisa Fitriana Wulandari 1512100057, di bawah bimbingan Ibu Sayidah Aulia Ul Haque, M.Psi., Psikolog selaku DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) melaksanakan kegiatan Mengekspresikan Emosi Melalui Simbol Digital: Peranan Emoji dalam Komunikasi.

Dalam melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa memberikan penyuluhan serta pelatihan kepada siswa dan siswi kelas 7G SMP Negeri 3 Surabaya. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 30 Mei 2024 di ruang kelas 7G dengan jumlah 33 siswa. 

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa memberikan pemaparan materi tentang emosi dan emoji, seperti pengertian, jenis-jenis, cara mengelola atau melatih kemampuan siswa dalam mengenali dan mengungkapkan emosinya. Setelah diberikan pemaparan, siswa diberikan pelatihan berupa permainan atau Games Emoji Maker melalui web Emojimix. 

Dalam pelatihan tersebut, siswa membuat emoji sesuai dengan perasaan mereka saat itu. Setelah membuat emoji, mereka akan diminta untuk menjelaskan makna dan alasan di balik emoji yang mereka ciptakan.


Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk mengembangkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memberi label pada emosi-emosi tersebut, belajar mengekspresikan emosi secara tepat dan konstruktif melalui pembuatan emoji, mempraktikkan kemampuan untuk mendeskripsikan emosi yang sedang dirasakan. 

Melalui aktivitas kreatif membuat emoji, diharapkan siswa dapat mengeksplorasi emosi dengan cara yang menyenangkan dan memudahkan mereka untuk memahami diri sendiri. Lalu mendeskripsikan emosi sesuai emoji yang dibuat akan melatih kemampuan verbal siswa dalam mengungkapkan perasaan.

Pelatihan Emoji Maker/dokpri
Pelatihan Emoji Maker/dokpri

Mahasiswa memberikan penjelasan tentang materi emosi dan emoji. Hingga selesai materi, mahasiswa memberikan kesempatan pada siswa dan siswi untuk melakukan sharing atau tanya jawab. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan bermain game emoji maker melalui web emojimix serta cara penggunaannya. 

Setelah pemaparan materi, mahasiswa meminta para siswa dan siswi untuk membuat emoji yang mewakili perasaan mereka hari itu, baik itu senang, sedih, bingung, maupun emosi lainnya. Selanjutnya, mahasiswa meminta masing-masing siswa dan siswi untuk maju ke depan kelas dan mendeskripsikan emoji buatan mereka. 

Mereka menjelaskan alasan memilih emosi tertentu, apa yang memicu perasaan tersebut, dan bagaimana mereka mengekspresikannya melalui emoji. Siswa dan siswi bersama-sama berbagi pengalaman dan wawasan tentang bagaimana emoji dapat membantu memperjelas maksud, memperkuat ekspresi, serta mempererat hubungan antar teman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun