Mohon tunggu...
annisaadisty
annisaadisty Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Mahasiswa

Saya adalah seseorang yang gemar mengekspresikan diri melalui menyanyi, baik untuk menghibur maupun menyalurkan emosi. Selain itu, saya memiliki ketertarikan pada konten horor karena memberikan sensasi tegang yang seru, namun juga menikmati konten lucu yang bisa menceriakan suasana dan membawa tawa. Kombinasi ini mencerminkan sisi kreatif dan rasa ingin tahu dalam mengeksplorasiĀ berbagaiĀ hal.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menghidupkan Semangat Belajar Untuk SMAGA: Peran Asistensi Mengajar di SMAN 3 Blitar

16 Desember 2024   17:18 Diperbarui: 16 Desember 2024   17:18 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menghidupkan Semangat Belajar Untuk SMAGA: Peran Asistensi Mengajar di SMAN 3 BLITAR

Penyerahan Mahasiswa Asistensi Mengajar oleh Dosen Pembimbing Lapangan

Asistensi Mengajar atau yang biasa kita kenal dengan sebutan AM merupakan sebuah kegiatan yang diikuti oleh Mahasiswa yang sedang menjalani program pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan berkolaborasi atau bekerjasama dengan guru pamong dan dosen pembimbing lapangan sebagai tutor dan fasilitator yang terdapat pada satuan pendidikan baik dari substansi formal, non-formal dan informal. Kegiatan ini sering dilakukan sebagai bagian dari program pelatihan, pengabdian dan pengembangan keterampilan mengajar. Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, SMAN 3 Blitar telah menginisiasikan program Asistensi Mengajar yaitu sebuah langkah kolaboratif dengan Mahasiswa Asistensi Mengajar Universitas Negeri Malang (UM) yang mengintegrasikan tenaga muda sebagai pendamping guru dalam kegiatan belajar mengajar. Program ini tidak hanya memberikan sebuah dampak positif pada siswa tetapi juga menjadi ruang pembelajaran yang berharga bagi para Mahasiswa Asistensi Mengajar untuk terjun langsung dalam dunia pendidikan.

Mahasiswa yang mengikuti kegiatan asistensi mengajar di SMAN 3 Blitar berasal dari berbagai Program Studi (prodi) di bidang pendidikan, dengan total 20 mahasiswa yang terdistribusi sebagai berikut :

  1. Prodi S1 Pendidikan Sosiologi

Sebanyak 4 mahasiswa dari prodi ini turut berpartisipasi. Mereka memiliki fokus utama pada pengajaran ilmu-ilmu sosial, terutama sosiologi, yang berkaitan dengan pemahaman tentang masyarakat, hubungan sosial, dan dinamika sosial. Mahasiswa dari prodi ini diharapkan dapat membantu pengembangan wawasan kritis siswa terkait isu-isu sosial yang relevan

AD_4nXd6uguLnOPSF18qboqmNNI6HVeONN8_4qVQE1ahmL4RK5aCj38IyiHCAutWnLa9J7-p1djAwwwItGp-0euJee6DjiKaSPFy9aDr1yOMm1AUR3IYUiUTrdsuir29lrRkTzjKWs1pZA?key=tU2pP1WKGbPWBbh_RS4op9xa
AD_4nXd6uguLnOPSF18qboqmNNI6HVeONN8_4qVQE1ahmL4RK5aCj38IyiHCAutWnLa9J7-p1djAwwwItGp-0euJee6DjiKaSPFy9aDr1yOMm1AUR3IYUiUTrdsuir29lrRkTzjKWs1pZA?key=tU2pP1WKGbPWBbh_RS4op9xa
Kunjungan Dosen Pembimbing Lapangan Prodi Pendidikan Sosiologi
  1. Prodi Pendidikan Fisika

AD_4nXf8X3kxcAsMJ0KlDq4P9MldPOixZ_b1tPNeBZ9alqAl0pboL3tpzY9UFJzN5l82ZOI3H0aVN70i8QC5ge1u5fsfPCD8V7i9foRC0gOhJ0PI2RS6Bnv_KBvzw9TI_NuBm2ySfJwzNA?key=tU2pP1WKGbPWBbh_RS4op9xa
AD_4nXf8X3kxcAsMJ0KlDq4P9MldPOixZ_b1tPNeBZ9alqAl0pboL3tpzY9UFJzN5l82ZOI3H0aVN70i8QC5ge1u5fsfPCD8V7i9foRC0gOhJ0PI2RS6Bnv_KBvzw9TI_NuBm2ySfJwzNA?key=tU2pP1WKGbPWBbh_RS4op9xa
Kunjungan Dosen Pembimbing Lapangan Prodi Pendidikan Fisika

Sebanyak 6 mahasiswa dari prodi ini terlibat dalam kegiatan asistensi mengajar. Mereka memiliki keahlian dalam bidang fisika, yang meliputi konsep-konsep dasar fisika, eksperimen, dan penerapan teori dalam kehidupan sehari-hari. Kehadiran mereka mendukung proses pembelajaran siswa dalam memahami sains secara mendalam dan praktis.Ā 

  1. Prodi Pendidikan Geografi

AD_4nXfPTB0JsCd9bftJMA5YGW-sgKaqtPh2OllY-OhgsdbyxWWg3JllnJybjOZ0yZTlTLXmmUZg3NhnQFRUuifRqmvHQt8c4LZ-HRUkSFNzHSwxeA5DhybUBOXV84mxH2rIruzGcQkfNA?key=tU2pP1WKGbPWBbh_RS4op9xa
AD_4nXfPTB0JsCd9bftJMA5YGW-sgKaqtPh2OllY-OhgsdbyxWWg3JllnJybjOZ0yZTlTLXmmUZg3NhnQFRUuifRqmvHQt8c4LZ-HRUkSFNzHSwxeA5DhybUBOXV84mxH2rIruzGcQkfNA?key=tU2pP1WKGbPWBbh_RS4op9xa
Kunjungan Dosen Pembimbing Lapangan Prodi Pendidikan Geografi

Sebanyak 6 mahasiswa dari prodi ini turut serta. Mereka memiliki kompetensi dalam mengajarkan materi geografi, seperti pemahaman tentang lingkungan, peta, fenomena alam, serta hubungan manusia dengan ruang. Mahasiswa ini diharapkan mampu membangkitkan minat siswa terhadap isu-isu lingkungan dan pengelolaan ruang.

  1. Prodi Pendidikan Seni Tari dan Musik

AD_4nXdKthYCR9_t5OTrnibr489aFdslnkvvCRUjOKH_P6WRsqQRlo8VOH4RykQepdOENWOr1V_WZcVcVc1WM8Rp16t0MvfVFQ6dFATkAyafNodHkBoQ_uw6ROrGm-Z1TMiGhTt_Zx7ihA?key=tU2pP1WKGbPWBbh_RS4op9xa
AD_4nXdKthYCR9_t5OTrnibr489aFdslnkvvCRUjOKH_P6WRsqQRlo8VOH4RykQepdOENWOr1V_WZcVcVc1WM8Rp16t0MvfVFQ6dFATkAyafNodHkBoQ_uw6ROrGm-Z1TMiGhTt_Zx7ihA?key=tU2pP1WKGbPWBbh_RS4op9xa
Kunjungan Dosen Pembimbing Lapangan Prodi Pendidikan Seni Tari dan Musik

Sebanyak 4 mahasiswa dari prodi ini ikut berpartisipasi. Mereka membawa keahlian di bidang seni tari dan musik, membantu siswa mengekspresikan kreativitas mereka melalui seni. Kehadiran mereka memperkaya pembelajaran seni budaya di sekolah dengan pendekatan yang lebih interaktif dan inovatif.

Kegiatan asistensi ini tidak hanya bertujuan untuk membantu pengajaran di SMAN 3 Blitar tetapi juga memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari selama perkuliahan. Mereka memiliki peran sebagai fasilitator pembelajaran yang mendukung guru di sekolah dalam menciptakan suasana belajar yang menarik dan efektif.

Kegiatan AM ini dilakukan selama 1 semester yang telah dikonversikan dalam 20 sks dengan beberapa mata kuliah. Mahasiswa yang melakukan kegiatan Asistensi mengajar ini membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dengan menggunakan metode yang kreatif dan inovatif. Dengan pendekatan yang lebih interaktif akan membawa suasana belajar yang baru di kelas yang memadukan dengan teknologi untuk menyampaikan materi. Tidak hanya kegiatan belajar mengajar di kelas saja, Mahasiswa Asistensi mengajar mengikuti atau melaksanakan berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di SMAN 3 Blitar mulai dari kegiatan akademik, non-akademik dan kegiatan administrasi di kelas. Berikut beberapa bentuk kegiatan selama Program Asistensi Mengajar oleh Mahasiswa Sosiologi Asistensi Mengajar di SMAN 3 Blitar :Ā 

  1. Penyusunan materi ajar : merancang bahan ajar, seperti modul ajar, media pembelajaran, dan membuat LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) sesuai dengan materi di setiap kelas.

  2. Kegiatan pembelajaran di kelas : memberikan penjelasan materi, serta mengarahkan diskusi dan membantu siswa yang kesulitan dalam memahami pelajaran.Ā 

  3. Mengelola administrasi kelas : mencatat kehadiran siswa dan mengoreksi tugas siswa.

  4. Memberikan motivasi dan pengalaman baik kepada siswa untuk lebih aktif dalam belajar.

  5. Mahasiswa memberikan sebuah pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan selama mengikuti kegiatan perkuliahan di kampus kepada siswa.Ā 

Kegiatan AM ini dilakukan selama 4 bulan dari bulan Agustus - Desember (26 Agustus - 06 Desember) dengan membagi kegiatan ke dalam 4 fase. Fase yang pertama ada tahap perencanaan, tahap kedua pelaksanaan, tahap ketiga diseminasi kegiatan selama AM di masing-masing prodi, dan fase keempat pembuatan laporan, video, essay dan artikel ilmiah.

  1. Fase Perencanaan

  • Pada fase perencanaan kegiatan, mahasiswa am melakukan observasi di sekolah yang dilakukan 1 minggu sebelum kegiatan asistensi mengajar dilaksanakan. Mengidentifikasi permasalahan pembelajaran yang ada di sekolah mitra. Observasi ini dilakukan untuk lebih mengenal situasi lingkungan sekolah dan saling mengenal antara guru satu dengan guru yang lainya.Ā 

  • Setelah melakukan observasi, mahasiswa AM merancang kegiatan lanjutan dengan menyusun modul ajar, membagi kelas yang akan diampu dan membuat sebuah rancangan media pembelajaran yang akan diterapkan ke siswa.Ā 

  • Dengan didampingi oleh guru pamong masing-masing prodi membagi jadwal kelas yang akan diampu. Untuk mahasiswa prodi Sosiologi dengan guru pamong Bu Nunuk mendapatkan kelas yang akan diampu, yaitu Rendy bertanggung jawab di kelas X-5, X-6, X-7 dan XI-8; Naila kelas X-8, X-9, X-10 dan XI-7, sedangkan mahasiswa dengan guru pamong Pak Risto mendapatkan kelas yang akan diampu, yaitu Devita kelas XI-9 dan XII-10; Wiannisa kelas XI-10 dan XII-9.

  1. Fase Pelaksanaan

  • Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa am melakukan kegiatan awal pada tanggal 26 Agustus mahasiswa am sudah berada di SMAN 3 Blitar dengan kegiatan mengikuti upacara bendera pada hari senin dan observasi kelas yang akan diampu bersama guru pamong serta berkenalan dengan siswa yang akan diajar selama 4 bulan. Pada tanggal 30 Agustus yaitu pengantaran mahasiswa am oleh dosen pembimbing lapangan dari prodi pendidikan geografi, pada acara tersebut mahasiswa am mendengarkan pengalaman praktik mengajar serta pengalaman mengajar dari guru-guru di SMAN 3 Blitar agar memberikan sebuah gambaran dan semangat untuk mengikuti kegiatan asistensi mengajar di SMAN 3 Blitar. Di hari selanjutnya mahasiswa am sudah melaksanakan kegiatan mengajar dikelas dengan menyiapkan seperti; materi yang akan disampaikan, media pembelajaran dan membuat soal-soal yang akan diberikan kepada siswa. Mahasiswa AM tidak hanya mengajak siswa untuk belajar di dalam kelas tetapi juga mengajak siswa untuk belajar diluar kelas seperti mengadakan games secara berkelompok.

  • Selain tugas individu, mahasiswa am juga memberikan tugas kelompok yang pada akhirnya akan dipresentasikan di depan kelas dengan adanya sesi tanya jawab. Seperti halnya, di mata pelajaran sosiologi ada penugasan secara berkelompok untuk melaksanakan penelitian sosial dengan siswa wawancara pada guru ataupun dengan karyawan di sekolah.

  • Pada menjelang UAS, mahasiswa am membuat soal serta kisi-kisi untuk siswa. Sebagian dari soal-soalnya yaitu soal HOTS dengan pembuatan soal HOTS tersebut membutuhkan analisis tinggi untuk membuat soal tersebut.Ā 

  • Selain kegiatan akademik, mahasiswa AM juga melaksanakan kegiatan non-akademik seperti: piket pagi atau piket tata tertib, membantu mengkondisikan kelas kosong saat guru mapel berhalangan hadir, menjadi pengawas try out kelas 12, menjadi pengawas ujian dll.Ā 

  • Mahasiswa AM juga mengadakan proker besar yaitu SMOTION dalam rangka hari guru 2024. Proker dari mahasiswa AM ini yaitu siswa diminta untuk berpartisipasi dalam rangka hari guru dengan cara setiap kelas membuat short movie atau video pendek yang bertemakan hari guru. Yang kemudian, akan diseleksi oleh panitia video yang terbaik akan menjadi juaranya. Semua video akan ditayangkan di proyektor yang berada di GOR SMAN 3 Blitar.

AD_4nXcPSrO2FqP_0OPu7G_ZWL5VqZhSwGGXZRYqZAxeIsAMV3YW4EfR1iERW8vUSKEfYZr4sk_6aDSrKofj40gq6iqHCA7qaJ1I-26mDx66MS8RS2AzoaN9t00t7SSyedtQ-Knwqyn5Gw?key=tU2pP1WKGbPWBbh_RS4op9xa
AD_4nXcPSrO2FqP_0OPu7G_ZWL5VqZhSwGGXZRYqZAxeIsAMV3YW4EfR1iERW8vUSKEfYZr4sk_6aDSrKofj40gq6iqHCA7qaJ1I-26mDx66MS8RS2AzoaN9t00t7SSyedtQ-Knwqyn5Gw?key=tU2pP1WKGbPWBbh_RS4op9xa
Puncak Acara Kegiatan SMOTIONĀ 
  1. Fase Diseminasi Hasil

  • Sebelum berakhirnya kegiatan AM, mahasiswa AM melakukan diseminasi hasil oleh masing-masing prodi yang dipaparkan oleh mahasiswa AM dengan berbagai kegiatan yang sudah kita lakukan selama kegiatan Asistensi Mengajar di SMAN 3 Blitar. Setelah kegiatan diseminasi selesai, dilanjutkan dengan acara penjemputan yang dihadiri oleh dosen pembimbing lapangan dari Prodi Pendidikan Fisika dan acara tersebut menandai bahwa kegiatan Asistensi Mengajar di SMAN 3 Blitar telah usai.

  1. Penyusunan Luaran

  • Pada fase penyusunan luaran AM, mahasiswa AM mulai menyusun berbagai hasil kegiatan setelah menyelesaikan fase diseminasi hasil di sekolah dan proses penjemputan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7-18 Desember 2024. Luaran yang disusun mencakup laporan, artikel ilmiah, artikel berita, video dokumentasi, dan media pembelajaran. Penyusunan luaran ini bertujuan untuk merangkum, mendokumentasikan, serta mempublikasikan capaian dan pengalaman selama pelaksanaan program asistensi mengajar di sekolah mitra.

Program Asisten Mengajar di SMAN 3 Blitar menjadi bukti nyata bahwa inovasi dalam pendidikan bisa dimulai dari langkah sederhana. Kolaborasi antara guru, siswa, dan asisten menciptakan suasana belajar yang lebih inklusif dan mendukung tumbuhnya semangat belajar. Dengan keberhasilan program ini, SMAN 3 Blitar berharap dapat menjadi inspirasi bagi sekolah lain di Indonesia untuk mengadopsi pendekatan serupa, demi mewujudkan pendidikan yang lebih berkualitas dan relevan bagi generasi muda.

Penulis:Ā 

"Jurnalis pendidikan lokal yang peduli pada perkembangan inovasi di bidang pengajaran"

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun