Mohon tunggu...
annisa rosannabasae
annisa rosannabasae Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya suka jalan-jalan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gambaran Perkembangan Psikososial pada Anak Usia Dini

27 Desember 2022   13:41 Diperbarui: 27 Desember 2022   13:44 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendahuluan

Anak ialah makhluk yang memerlukan atensi, kasih sayang serta tempat untuk perkembangannya. Anak pula ialah individu yang masih bersih serta peka terhadap rangsangan- rangsangan yang berasal dari area. Baik ataupun tidaknya proses perkembangan serta pertumbuhan anak bergantung pada pengasuhan yang diberikan oleh ibu dan bapaknya. Pertumbuhan masa kanak- kanak ialah perihal yang menarik buat dipelajari. Ikatan antara anak serta keluarga, sahabat sebaya serta sekolah pengaruhi pertumbuhan psikososial seseorang anak. Pertumbuhan sosial seseorang anak bertambah diisyarati dengan terdapatnya pergantian pengetahuan serta uraian mereka tentang kebutuhan serta peraturan- peraturan yang berlaku. Orangtua mempunyai peranan berarti dalam optimalisai pertumbuhan seseorang anak. Orangtua wajib senantiasa berikan rangsang ataupun stimulasi kepada anak dalam seluruh aspek pertumbuhan baik motorik agresif ataupun halus, bahasa serta personal sosial. Tidak hanya itu, pengaruh pengasuhan orangtua terhadap anak hendak terus berlangsung tidak cuma pada masa kanak- kanak namun berlangsung terus, pengalaman- pengalaman yang menakutkan, menggoncangkan semacam trauma, membahayakan serta sebagainya, hendak terus berakibat pada fase pertumbuhan selanjutnya.

Pembahasan

Pertumbuhan psikososial merupakan pertumbuhan yang berkaitan dengan aspek- aspek psikologis semacam emosi, motivasi, serta pertumbuhan individu, dan pergantian dalam gimana orang berhubungan dengan orang lain. Pada masa kanak- kanak dini, terutama masa prasekolah (mulai umur 4 tahun) pertumbuhan sosial anak telah mulai nampak jelas, sebab mereka telah mulai aktif berhubngan dengan sahabat sebayanya. Identitas pertumbuhan pada sesi ini merupakan: 

a. Anak telah mulai ketahui aturan- aturan, baik dilingkungan keluarganya ataupun dalam area bermain

b. Sedikit demi sedikit anak telah mulai tunduk pada peraturan

c. Anak telah mengenali hak ataupun kepentingan orang lain

d. Anak telah mulai bisa bermain bersama kanak- kanak lain ataupun sahabat sebaya

 Pada masa- masa pertumbuhan umur dini ialah masa pertumbuhan kepribadian mental, kecerdasan serta fisk anak mulai tercipta. Pada umur dini inilah, kepribadian anak hendak tercipta dari hasil belajar serta meresap ( paling utama) dari sikap orang tua serta dari area sekitarnya. Pada umur ini perkembang mental berlangsung sangat kilat. Pada umur itu pula anak jadi sangat sensitif serta peka menekuni serta berlatih suatu yang dilihatnya,dirasakannya serta didengarkannya dari lingkungannya. Seperti itu sebagian" perihal berarti yang wajib dikenal oleh orang tua mengenai psikologi anak umur dini.

Simpulan

Pertumbuhan psikososial merupakan proses keahlian belajar serta tingkah laku yang berhubungan dengan orang buat hidup selaku bagian dari kelompoknya.Di dalam pertumbuhan sosial, anak dituntut buat mempunyai keahlian yang cocok dengan tuntutan sosial di mana mereka berada.  Tuntutan sosial yang diartikan merupakan anak bisa bersosialisasi dengan baik dengan sesi pertumbuhan serta umurnya, serta cenderung jadi anak yang gampang berteman.

Sikap sosial ialah kegiatan dalam ikatan dengan orang lain, baik dengan sahabat sebaya, guru, orang tua ataupun saudara- saudaranya. Dikala berhubungan dengan orang lain, terjalin peristiwa- peristiwa yang sangat bermakna dalam kehidupan anak yang bisa membentuk kepribadiannya, serta membentuk perkembangannya jadi manusia yang sempurna.

 

Daftar Pustaka

Makalah Seminar, Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini di Ambarukmo Palace            

 Hotel Yogyakarta, 24 September 1998.

Hurlock, Elizabeth B., Perkembangan Anak, Jilid I dan Ikan Mas, Jakarta : Erlangga, 1992.

Slamet Suyanto. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun