Mohon tunggu...
Annie Moore
Annie Moore Mohon Tunggu... Penulis - SEO and Content Analyst

Annie Moore is a writer who has written blogs about business, SEO, education, and technology. She is a prepared digital marketer with over 5 years of marketing experience and has led the way in digital marketing Strategies with many organizations and high-quality brands to generate more revenue through web-based promotional systems and implementation has been compiled.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Bagaimana Mendapatkan Otoritas Domain yang Sempurna untuk Blog Anda?

25 Juli 2022   19:47 Diperbarui: 27 Juli 2022   12:26 265
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Otoritas Domain (atau singkatnya 'DA') adalah metrik yang dibuat oleh Moz. DA sebuah situs web pada dasarnya digunakan untuk menunjukkan kemungkinan kemunculannya di SERP. Dalam kata-kata Moz sendiri, otoritas domain didefinisikan sebagai:

“… skor peringkat mesin telusur yang dikembangkan oleh Moz yang memprediksi seberapa besar kemungkinan sebuah situs web mendapat peringkat di halaman hasil mesin telusur (SERP).”

Skor otoritas domain situs web dapat diukur dari 0 – 100. Biasanya, situs web dengan DA 50+ dianggap otoritatif sedangkan situs web dengan skor 20 – 40 dianggap rata-rata.

Namun, otoritas domain 'rata-rata' dapat berbeda dari satu industri ke industri lainnya. Misalnya, menurut sumber online, otoritas domain rata-rata untuk situs web di industri media dan penerbitan adalah 86.23.

Memahami Otoritas Domain: Berapa Skor Sempurna?

Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam memahami otoritas domain. Mari kita bahas satu per satu.

Pertama-tama, harus diingat bahwa otoritas domain bukanlah faktor peringkat itu sendiri. Memiliki DA tinggi tidak memiliki manfaat teknis untuk situs web. Ini hanyalah metrik yang dapat digunakan oleh pengguna online untuk memahami otoritas sebuah situs web.

Dengan kata lain, jika sebuah situs web memiliki skor DA yang baik, bukan berarti akan lebih disukai oleh mesin pencari. Melainkan hanya sebuah nilai yang menggambarkan otoritasnya.

Kedua, harus dicatat bahwa walaupun skor DA maksimum adalah 100, sangat sulit untuk mencapainya. Hanya situs web yang sangat populer (seperti LinkedIn dan YouTube) yang bisa mendapatkan skor mendekati 100.

Bagaimanapun, Anda harus tetap bertujuan untuk mendapatkan skor DA yang sempurna (yaitu 100) untuk blog Anda. Inti dari menyebutkan hal di atas hanya untuk memberi tahu Anda bahwa meskipun upaya Anda tampaknya tidak segera membuahkan hasil, Anda harus mempertahankannya dan terus mencoba.

Anda juga harus menggunakan alat online yang andal untuk Cek DA PA untuk melacak proses Anda.

Dengan itu, mari kita lanjutkan untuk membahas beberapa cara dan metode di mana Anda dapat meningkatkan otoritas domain Anda dan membuatnya menjadi 100.

Bagaimana Mendapatkan Otoritas Domain yang Sempurna untuk Blog Anda?

Berikut adalah beberapa cara di mana Anda bisa mendapatkan otoritas domain yang sempurna untuk blog Anda.

  • Buat Profil Tautan Balik Resmi

Salah satu cara tercepat dan efektif untuk meningkatkan otoritas domain adalah dengan membangun profil backlink yang otoritatif.

Dalam istilah awam, itu pada dasarnya berarti mendapatkan backlink berkualitas tinggi dari situs web otoritas tinggi dengan ceruk dan industri yang sama dengan milik Anda.

Ketika situs web Anda memiliki banyak tautan balik otoritas tinggi yang mengarah ke sana, itu adalah pesan kepada Google bahwa keandalan dan integritas situs diakui oleh platform peringkat tinggi lainnya.

Dengan kata lain, backlink pada dasarnya adalah ‘token of confidence’ dari situs web yang menjamin integritas dan otoritas situs Anda.

Semakin banyak otoritas situs Anda diakui di internet, semakin disukai oleh mesin pencari.

Ketika datang ke backlink, ada banyak jenis yang berbeda. Beberapa di antaranya tercantum di bawah ini:

  • Tautan balik editorial
  • Komentar backlink
  • Tautan balik posting tamu

Tautan balik editorial adalah tautan organik yang secara alami digunakan oleh platform dan situs web lain dalam konten mereka tanpa Anda harus melakukan upaya apa pun. Jenis tautan ini digunakan oleh situs web lain ketika mereka ingin mengutip konten Anda atau statistik apa pun yang ditemukan di situs Anda.

Tautan balik editorial dapat memberi situs Anda jumlah maksimum ekuitas tautan (atau "jus tautan") dan itu yang paling sulit didapat. Satu-satunya cara untuk mendapatkannya adalah dengan mempublikasikan konten berkualitas tinggi dan otoritatif di situs web Anda.

Ketika konten yang Anda terbitkan terlihat profesional dan andal, orang-orang secara otomatis mulai mengutipnya di posting dan artikel blog mereka sendiri, dll.

Tautan balik komentar adalah tautan balik yang tertinggal di bagian komentar dari blog dan situs web yang ada. Mereka tidak memberikan jus tautan sebanyak yang editorial, tetapi mereka masih dapat membantu skor DA situs Anda.

Tautan balik posting tamu adalah tautan balik yang Anda dapatkan untuk situs web Anda dengan menghubungi pemilik situs web dan meminta mereka untuk menerbitkan posting blog atau artikel dengan tautan situs Anda ditambahkan di dalamnya. Ini, tidak seperti tautan editorial, anorganik dan biasanya memerlukan semacam pengeluaran moneter juga.

Berikut adalah banyak daftar situs posting Tamu yang tersedia yang berisi setiap situs penjualan posting tamu niche dengan DA PA dan detail kontak mereka.

  • Bekerja untuk Meningkatkan Struktur Tautan Internal Situs Web Anda

Sama seperti mendapatkan backlink otoritas tinggi dari situs web lain dapat membantu meningkatkan otoritas domain situs Anda, demikian juga struktur tautan internal.

Tautan internal pada dasarnya mengacu pada tindakan di mana Anda menambahkan tautan pada satu halaman situs web Anda yang mengarah ke halaman lain di situs yang sama.

Ketika situs web Anda memiliki banyak tautan internal yang mengarah ke halaman lainnya, perayap mesin telusur dapat menelusurinya dengan lebih cepat dan efisien. Ini, pada gilirannya, membantu perayap untuk menentukan relevansi dengan mudah.

Namun, meskipun penautan internal mungkin terdengar cukup sederhana, ada banyak aturan dan ketentuan berbeda yang harus Anda patuhi untuk mendapatkan hasil maksimal darinya.

Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Pertama-tama, Anda harus memastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak tautan internal di sekitar situs web Anda. Menurut John Mueller dari Google, konsekuensi menggunakan terlalu banyak tautan internal adalah manfaatnya berkurang. Dengan kata lain, saat Anda menambahkan semakin banyak tautan internal ke situs Anda, tautan tersebut mulai menjadi semakin tidak efektif.
  • Kedua, Anda harus menghindari menambahkan tautan internal di tempat yang tampak mengganggu dan mengganggu pengguna Anda. Misalnya, jika Anda menambahkan kata atau frasa tertaut berwarna biru yang digarisbawahi tepat di teks spanduk utama situs Anda, itu akan merusak pengalaman pengguna. Tingkat retensi situs Anda bisa menurun, dan Anda bisa mendapatkan banyak bouncing.

Cara terbaik untuk menggunakan tautan internal adalah dengan menambahkannya di posting blog atau di jenis umum teks situs web yang ditempatkan di sekitar berbagai halaman web. Dan bahkan di sini, Anda harus memastikan bahwa tautan yang Anda tambahkan memberikan semacam manfaat bagi pembaca.

  • Singkirkan Tautan Balik Beracun

Memiliki tautan balik beracun yang mengarah ke situs web Anda bisa sangat berbahaya untuk skor DA-nya. Faktanya, jika Anda menemukan bahwa otoritas domain Anda tidak meningkat bahkan setelah Anda melakukan banyak upaya untuk itu, itu mungkin karena sejumlah besar tautan balik beracun yang mengarah ke sana.

Tapi, sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita bicara tentang apa itu backlink beracun sebenarnya.

Tautan balik beracun (atau hanya 'tautan buruk') adalah tautan balik ke situs web Anda yang ditemukan di situs spam dan otoritas rendah.

Dari perspektif Google, situs 'otoritas rendah' dalam konteks ini dapat terdiri dari:

  • Situs yang tidak relevan dengan niche Anda, misalnya, jika situs yang terkait dengan mode menautkan ke situs web penyedia internet.
  • Situs yang dibuat hanya untuk memberikan backlink.

Jadi, untuk mendapatkan otoritas domain yang sempurna untuk blog Anda, Anda harus secara teratur melakukan audit backlink dan menghapus tautan beracun dari situs Anda.

Kesimpulan

Memiliki otoritas domain yang bagus dan tinggi adalah simbol otoritas untuk situs web Anda. Saat ini, ketika orang harus menilai keandalan dan integritas sebuah situs web, mereka biasanya melakukannya dengan menghitung otoritas domainnya.

Untuk meningkatkan otoritas domain Anda, ada banyak hal berbeda yang dapat Anda lakukan. Dalam posting ini, kami melihat beberapa di antaranya. Mari kita rekap mereka dengan sangat cepat sebelum menyelesaikan hal ini.

Pertama, untuk meningkatkan DA situs Anda, Anda harus mendapatkan tautan balik berkualitas tinggi dari situs web resmi.

Anda juga harus meningkatkan penyiapan tautan internal situs Anda. Ini juga merupakan cara yang baik untuk meningkatkan skor DA.

Dan yang tak kalah pentingnya, Anda harus melakukan audit tautan rutin di situs web Anda, dan menghapus semua tautan beracun yang mungkin mengarah ke sana.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun