Mohon tunggu...
Annida Nurhaniffa
Annida Nurhaniffa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Pendidikan Seni Rupa, Universitas pendidikan Indonesia

Penyuka sesuatu yang indah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2022: Peningkatan Mutu Semangat Belajar Anak Usia Dini Melalui Dekorasi Kelas

19 Agustus 2022   01:50 Diperbarui: 19 Agustus 2022   02:21 1099
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

 Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata/ KKN Tematik tepatnya dimulai pada tanggal 11 Juli 2022 hingga 10 Agustus 2022. Kuliah Kerja Nyata Tematik ini dengan program berbasis SDG's Desa atau Suistainable Development Goals yang bertujuan dalam pembangunan berkelanjutan pada Desa untuk kesejahteraan masyarakat. Pogram ini memiliki 17 tujuan sehingga setiap kelompok memiliki tujuan dan programnya sendiri-sendiri menyesuaikan tema yang telah ditentukan.

 Mahasiswa KKN Tematik UPI kelompok 47 menjalankan salah satu program SDG's Desa dengan tema "Desa Peduli Pendidikan" yang dibimbing oleh DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) Ibu Vini Agustiani Hadian, M. Pd. Pendidikan merupakan salah satu indikator yang paling penting dalam memajukan suatu peradaban. Karena dengan pendidikan manusia menjadi insan yang lebih berkualitas serta memiliki bekal dalam menghadapi dunia. Semakin majunya zaman manusia semakin menyempurnakan titik fokusnya karena Pentingnya pendidikan dan semakin terarah dalam memperhatikan pendidikan itu sendiri. Dekorasi kelas dapat menumbuhkan semangat belajar anak.

Kelas Bintang  (dokpri)
Kelas Bintang  (dokpri)

Kelas Matahari  (dokpri)
Kelas Matahari  (dokpri)

Kelas Bulan  (dokpri)
Kelas Bulan  (dokpri)

Bersama Kelompok 47-D yang beranggotakan Annida Nurhaniffa, Diva Rohisa, Nisa Nurul Hayat, Putri Cantika dan wandahyra Luthfiyyah. Menjalankan program "Desa Peduli Pendidikan" serta membantu dalam mengembangkan program "Desa Pendidikan Sepanjang Hayat". Target yang kelompok 47-D tempuh adalah PAUD/KOBER PERMATA HATI yang berada di JL babakan Ciparay, Gg H. Zakaria RT 10 RW 01 Kel. Sukahaji Kec. Babakan Ciparay dengan kegiatan yang dilakukan diantaranya sosialisasi, edukasi, pendampingan, dan pendataan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Di KOBER PERMATA HATI ini untuk tahun ajar 2022/2023 terdapat 75 siswa yang dibagi kedalam 3 kelas yaitu kelas Bintang, Bulan, dan Matahari.

Pada kegiatan belajar mengajar berlangsung Kelompok 47-D memperhatikan kelas ruang belajar yang masih kosong karena baru direnovasi. Ide untuk mendekorasi kelas sebagai upaya meningkatkan semangat belajar anak pun muncul. Didukung dan dibantu pula oleh pihak sekolahnya yaitu ibu Rifda sebagai Kepala Sekolah KOBER Permata Hati bersama dengan suaminya bersama-sama mendekorasi ruang kelas PAUD Permata Hati.

Proses membuat hiasan untuk dekorasi kelas (tgl 27 Juli 2022)  (dokpri)
Proses membuat hiasan untuk dekorasi kelas (tgl 27 Juli 2022)  (dokpri)
Karena seluruh anggota kelompok 47-D berpartisipasi mengikuti kegiatan belejar mengajar sebagai pengajar di PAUD tersebut. Pembentukan ide-ide untuk dekorasi kelas serta pembuatannya dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai. Proses pembuatan hiasan-hiasan untuk dekorasi dilakukan pertama kali pada tanggal 27 Juli 2022. Pembuatan pun dilakukan secara berkala hingga tanggal KKN Tematik berakhir tepatnya tanggal 10 Agustus 2022.

Proses pembuatan Hiasan  (dokpri)
Proses pembuatan Hiasan  (dokpri)
Proses Pembuatan hiasan untuk dekorasi kelas  (dokpri)
Proses Pembuatan hiasan untuk dekorasi kelas  (dokpri)
Proses Pembuatan Hiasan  (dokpri)
Proses Pembuatan Hiasan  (dokpri)

Dekorasi yang dilakukan tidak semata-masa hanya menghias, karena targetnya adalah kelas PAUD atau untuk Anak Usia Dini maka kelas diatur dengan ceria dan bermanfaat seperti pemasangan huruf-huruf dari A sampai Z dengan bentuk kereta api, angka-angka 1 sampai 10, penerapan warna diberbagai sudut ruangan sembari bertujuan pengenalan warna pada anak, penerapan nama-nama hari (senin, selasa, rabu, kamis, jum.at, sabtu, dan minggu), serta gambar-gambar hewan untuk mengenalkan berbagai hewan dan bentuk lainnya.

Tanggapan Ibu Rifda selaku Kepala Sekolah dari KOBER PERMATA HATI setelah melihat perubahan dekorasi pada ruangan kelas belajar mengajarnya adalah "bagus serta menarik". Anak-anakpun menjadi lebih menyenangi kegiatan proses belajar mengajar karena suasana kelas yang nampak berubah menjadi ceria dan hangat, tanggapan dari beberapa anak berkata bahwa kelas menjadi lebih cantik dan  indah.

Dekorasi angka-angka
Dekorasi angka-angka
Dekorasi huruf-huruf A-Z bertema Kereta Api (dokpri)
Dekorasi huruf-huruf A-Z bertema Kereta Api (dokpri)
Hiasan pengenalan Nama-Nama Hari (dokpri)
Hiasan pengenalan Nama-Nama Hari (dokpri)

Manfaat dekorasi pada ruangan kelas belajar adalah

1. Dekorasi kelas sebagai bentuk belajar mengajar

Dikorasi yang dibuat serta dipakai membantu dalam proses belajar mengajar, seiringnya melihat ruangan yang dipenuhi ilmu. Anak usia dini masih perlu banyak pengenalan berbagai bentuk mulai dari angka, huruf, warna, hewan, dan sebagainya. Dengan adanya dekorasi ini sangat membantu bagi murid-murid untuk sekaligus belajar dan menghafalkan elemen-elemen dasar tersebut.

2. Kelas yang menarik dapat menumbuhkan semangat belajar

Anak-anak usia dini tergolong memiliki aura semangat yang tinggi serta tertarik pada sesuatu yang sifatnya energik. Dengan nuansa kelas yang hangat, ceria dan colorfull dapat meningkatkan semangat serta nyaman ketika proses belajar mengajar berlangsung.

3. Anak-anak terstimulus untuk menjadi lebih kreatif

Dengan anak-anak sering melihat sesuatu yang unik, kreatif dan cantik. Hal itu dapat menstimulus anak untuk menjadi seseorang yang lebih kreatif dan meningkatkan anak untuk bereksplor dalam suatu kegiatan.

4. Kelas menjadi lebih cantik dan menarik

Dengan adanya dekorasi kelas diberbagai sudut sisi ruangan menimbulkan suasana yang ceria, hangat, cantik, dan menarik karena didekorasi sedemikian rupa disetiap sudut ruang dengan berbagai elemen warna dan bentuk didalamnya.

Dekorasi/hias dinding dengan teknik mural (dokpri)
Dekorasi/hias dinding dengan teknik mural (dokpri)

Dekorasi/hias dinding dengan teknik mural (dokpri)
Dekorasi/hias dinding dengan teknik mural (dokpri)

Dekorasi/hiasan tampak dalam kegiatan belajar mengajar (dokpri)
Dekorasi/hiasan tampak dalam kegiatan belajar mengajar (dokpri)

  Dari kegiatan dekorasi yang dilakukan oleh KKN UPI kelompok 47-D bersama dukungan dan bantuan pihak sekolah KOBER PERMATA HATI khususnya ibu Kepala Sekolah yaitu ibu rifda dengan suaminya Bapak Yudi diharapkan dapat memberi manfaat dan menginspirasi untuk berbagai pihak khususnya jenjang pendidikan formal TK/KOBER/PAUD sederajat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun