PembelajaranonlineSMKN1KENDAL
PandemiCovid-19memaksakebijakansocialdistancingdiseluruhwilayahkhususnya
kotaKendal,ataulebihdikenal(menjagajarakfisik)untukmenghambatpersebaran
Covid-19,KementrianPendidikandanKebudayaan(Kemendikbud)merespondengan
kebijakan belajardarirumah ,penerapan pembelajaran daring disemuah wilayah
termasukSmkN1Kendal.Pemberlakuankebijakansocialdistancingyangkemudian
menjadidasarpelaksanaan belajardarirumah ,dengan pemanfaatan teknologi
Dari tantangan-tantangan itu, kita harus berani melangkah untuk menjadikan pembelajaran online sebagai kesempatan mentransformasi pendidikan kita. Ada beberapa langkah yang dapat menjadi renungan bersama dalam perbaikan sistem pendidikan kita khususnya terkait pembelajaran daring:
Pertama, semua guru harus bisa mengajar jarak jauh yang notabene harus menggunakan teknologi.
informasiyangberlakutiba-tiba,tidakjarangmembuatsiswa,gurudanparaorangtua
diwilayahKendalkagetdengankebijakanini.
Padahal,secarateknisdansistembelumSemuanyasiap.Selamainipembelajaranonline
hanyasebagaikonsep,sebagaiperangkatteknis,belum sebagaicaraberpikir,sebagai
paradigmapembelajaran.Padahal,pembelajaranonlinebukanmetodeuntukmengubah
belajartatapmukadenganaaplikasidigital,bukanpulamembebanisiswidengantugas
yangbertumpuksetiaphari.Pembelajaransecaraonlineharusnyamendorongsiswa
menjadikreatifmengaksessebanyakmungkinsumberpengetahuan,menghasilkan
karya,mengasahwawasandanujungnyamembentuksiswamenjadipembelajaran
sepanjanghayat.
Karenaharusmengubahsistemprosespembelajaransecaracepatdanmembuatsiswa
terbata-batadenganmenumpuknyatugas-tugasyangdiberikanselamapembelajaran
daring,dantidaksemuabisamenyeimbangkandengan prosespembelajarandaring
yangdilakukan
Sekolah harus mendesain sistem Pembelajaran online
agar menjadi lebih
efektif,dengan mempertimbangkan tujuan pendidikan secara dan untukguru yang
mengajarharusMemanfaatkanteknologiyaitumampumenghadirkanfaktayangsulit
danlangkakedalam kelas,memberilmupengetahuan,memberikanruanggeraksiswa
untukbereksplorasi,memudahkaninteraksidankolaborasiantarasiswa-gurudan
siswasiswa,sertam enyediakanlayanansecaraindividutanpahenti.Pengembang
TeknologiPembelajaran harus lebih banyak berinovasidan mencariterobosan
PembelajarandimasadaruratsepertiCovid-19saatini.
PandemiCovid-19memangmenjadiefekkejutbagikitasemua.Duniaseolahmelambat
danBahkanterhentisejenak.Negara-negarabesardanmodernterpukuldengan
sebaranVirusCoronayangcepat,mengakibatkanribuankorbanmeninggalyang
tersebardiberbagainegara.IndonesiamendapatkanbanyaktantangandariCovid-19
ini,yangmembuatkitasemuaharusbersama-samasalingmenjaga.
DitengahpandemiCovid-19ini,sistempendidikankitaharussiapmelakukanlompatan
untukMelakukantransformasipembelajarandaringbagisemuasiswadanolehsemua
guru.KitaMemasukierabaruuntukmembangunkreatifitas,mengasahskillsiswa,dan
peningkatanKualitasdiridenganperubahansistem,carapandangdanpolainteraksi
kitadenganteknologi
Penulis
Annastasyawahyunisa