Mohon tunggu...
Anna noviana
Anna noviana Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru adalah seorang pendidik tanpa tanda jasa, apalagi guru swasta yang kadang hanya dipandang sebelah mata seperti saya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice "Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Menghitung BMI dan BMR"

5 Februari 2024   13:30 Diperbarui: 5 Februari 2024   13:41 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Judul. Best Practice Anna Noviana/dokpri

A. PENDAHULUAN

            Latar belakang Kurikulum merdeka belajar ini menjadikan aktivitas belajar yang aktif dan bukan merupakan program pengganti dari program sebelumnya, akan tetapi guna memberikan penyempurnaan dari sistem yang telah diterapkan sebelumnya (Achmad dkk., 2022). Kurikulum merdeka yang dulunya disebut sebagai kurikulum prototipe, kini diubah menjadi kurikulum yang menekankan pada fleksibilitas, pembelajaran materi inti, serta pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik (Jusuf & Sobari, 2022). guru harapannya bisa memiliki peranan selaku fasilitator serta motivator untuk anak didiknya agar dapat mengeksplorasi serta memanfaatkan sumber pembelajaran lewat teknologi digital (R. Rahayu dkk. 2022). Terkait hal tersebut, salah satu model pembelajaran yang selaras bersama situasi dewasa ini yakni discover learning yang berintegrasi dengan TPACK yaitu Video dan asemsen Quizizz.

            Dalam model pembelajaran discover learning, peserta didik dipandu untuk mencari informasi dan mengidentifikasi hal yang ingin diketahui secara mandiri. Setelah itu, peserta didik diharapkan mampu mengorganisasi dan memperjelas pemahaman melalui pengembangan bentuk akhir dari informasi yang ditemukan (Cintia dkk., 2018). Discover learning adalah belajar yang terlaksana selaku hasil dari peserta didik melakukan manipulasi, menciptakan struktur serta melakukan transformasi informasi sedemikian rupa sehingga peserta didik memperoleh informasi yang baru (Mukaramah dkk. 2020). Selain itu peserta didik masih kesulitan dalam proses pembelajaran berbasis numerasi terdiri atas faktor guru, orang tua dan peserta didik itu sendiri.

            Berdasarkan hasil pengamatan saat pelajaran biologi terdapat permasalahan yang melatar belakangi guru mengambil model pembelajaran discover learning dimana  peserta didik yang merasa bosan dengan kegiatan pemblajaran yang kurang kreatif, dan masih monoton hanya didominasi oleh guru saja, kemampuan peserta didik dalam menyerap pengetahuan yang masih kurang, serta peserta didik yang masih kesulitan dalam pembelajaran yang berkaiatan dengan numerasi.

            Praktik ini  penting untuk dibagikan karena dapat digunakan sebagai refrensi bagi rekan guru yang mengalami hal permasalahan yang sama, sehingga terdapat perbaikan pembelajaran didalam kelas sehingga peserta didik dapat belajar dengan lebih baik. Serta tujuan yang diharapkan yaitu dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembalajaran berbasis numerasi dengan menggunakan model pembelajaran discover learning yang sudah direncanakan diawal pembelajaran.

             Dari uraian diatas, disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi dimana guru harus bisa memotivasi belajar peserta didik melalui pembelajaran yang menyenangkan, serta pemilihan model dan media pembelajaran yang harus disesuaikan dengan karakteristik materi pelajaran dan peserta didik. Sehingga penulis  membuat laporan best practice yang berjudul "Implementasi Model Pembelajaran Discover learning Untuk Mmeningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Menghitung Body Mass Index (BMI) dan Basal Metabolic Rate (BMR) di SMAS Plus Al Amanah".

B. PEMBAHASAN

            Model pembelajaran discoveri learning dipilih sebagai strategi pemecahan masalah, untuk menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan keaktifan, minat, serta kesadaran anak dalam belajar. Dimana kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh peserta didik untuk mencari dan secara mandiri pengetahuan yang telah disampaikan. Salah satu kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik serta kegaiatan pembelajaran yang  menekankan pada pengalaman langsung peserta didik adalah discover learning yang di padukan dengan metoode eksperimen.

              Penggunaan model pembelajaran discover learning akan mampu membuat peserta didik untuk turut serta dalam proses kegiatan belajar mengajar secara lebih aktif seperti tukar pendapat saat berdiskusi yang diimplentasikan dengan metode eksperimen serta peserta didik dapat mencari literature secara mandiri. Berdasarkan pertimbangn tersebut penulis percaya bahwa dengan menggunaan model pembelajaran discover learning pada proses pembelajara biologi mampu meningkatkan peran aktif dan menemukan pengetahuannya sendiri sebagai wujud murni dalam proses pendidikan yang memberikan pengalaman yang mengubah perilaku sehingga  dapat memaksimalkan potensi diri. Implementasi strategi mengajar dengan metode discover learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dapat dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung di kelas XI dengan jumlah 16 siswa, pada mata pelajaran biologi materi menghitung BMI dan BMR pada system pencernaan masih banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam  pembelajaran numerasi terutama dalam perhitungannya BMR dan BMI.

             Penerapan strategi mengajar dengan model discover learning yang dipadukan dengan metode eksperimen pada proses pembelajaran biologi di SMAS Plus Al Amanah dengan materi menghitung BMI dan BMR yaitu respon peserta didik sangat antusias, ini terlihat proses pembelajaran yang  mengintegralkan pembelajaran berbasis TPACK berupa video pembelajaran interaktif yang dapat merangasang peserta didik untuk aktif belajar, terlihat dari respon yang diberikan peserta didik dalam menanggapi pertanyaan guru seputar materi. Pada langkah selanjutnya peserta didik dibagi menjai 4 kelompok, pada saat pembagian kelompok terlihat peserta didik tidak memilih--milih teman, ini terlihat saat mereka bekerja sama membagi peran masing-masing dalam berdiskusi. Keaktifan peserta didik juga terlihat saat tiap kelompok bekerja sama dengan anggota kelompok masing- masing utnuk melakukan pengukuran berat badan dan tinggi badan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun