Kita sering mendengar istilah bisnis, tetapi kita tidak mengetahui istilah dar bisnis. Aktifitas bisnis merupakan salah satu sumber rezeki, setiap manusia memiliki kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.Â
Bisnis adalah sebuah aktifitas yang dikelola oleh seorang individu atau organisasi untuk memenuhi kebutuhan manusia dan berorientasi untuk menghasilkan keuntungan.
Dalam melakukan sebuah bisnis kita harus menggunakan prinsip ekonomi, yaitu mengeluarkan modal yang minimum untuk mendapatkan keuntungan yang maksimum.
A. Empat Konsep Bisnis
1. Pasar.
  Sebuah tempat pertemuan antara permintaan dan penawaran dan tempat terjadinya pembentukan harga yang disepakati oleh penawaran dan permintaan. Pasar memilki berbagai macam jenis, seperti Pasar Persaingan Sempurna, Pasar Monopolistik, Pasar Oligopoli, dan Pasar Monopoli. Selain itu, terdapat juga Pasar Modal, Pasar Uang, dan lain-lain.
2. Perusahaan.
   Dalam perusahaan memiliki bidang-bidang manajemen, seperti manajemen produksi, manajemen pemasaran, manajemen personalia, manajemen keuangan, dan manajemen administrasi.
3. Pihak Eksternal.
   Dalam konteks bisnis pihak eksternal dapat diakatakan sebagai penyalur pembiayaan atau modal yang bisa kita sebagai investor.
4. Konsep Perubahan
   Sebuah perusahaan harus terus berkembang dan berupaya melakukan inovasi agar dapat memenuhi kebutuhan manusia dan mendapatkan keuntungan yang besar.
B. Peluang Bisnis.
1. Faktor Sosial = Mencakup bagaimana sebuah lingkungan masyarakat mampu memengaruhi sebuah kebutuhan seseorang.
2. Faktor Budaya = Budaya kerja adalah kewajiban untuk mewujudkan tim yang solid dan produktif.
3. Faktor Pribadi = Pribadi sesorang sangat menentukan dalam mengontrol kebutuhan dan keinginan.
4. Faktor Psikologis = Sama halnya dengan faktor pribadi, kita harus mengontrol dalam membeli barang dan mengetahui mana kebutuhan dan keinginan.
C. Bentuk Bisnis.
1. Barang = Terjadinya prosesdari barang mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi.
2. Jasa  = Sebuah bisnis yang berbentuk pelayanan dan bersifat invisible, tetapi dapat dirasakan.
D. Bentuk Badan Usaha.
1. Perusahaan Perseorangan.
2. Firma.
3. Perusahaan Komanditer (CV).
4. Perseroan Terbatas (PT).
5. Perusahaan Negara.
E. Sumberdaya Organisasi.
1. Manusia = Makhluk hidup yang memiliki kemampuan kompetitif yang berkualitas bilamana diberikan pengetahuan yang benar.
2. Material = Bahan-bahan mentah faktor produksi yang diperlukan untuk melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah menjadi barang atau jasa.
3. Mesin = Alat faktor produksi untuk mengolah bahan material.
4. Uang = Modal utaman untuk melakukan sebuah bisnis dan sebagai alat pembayaran.
5. Informasi = Sebuah informasi yang datang akan menjadikan ilmu pengetahuan dari informasi tersebut dapat dijadikan sebuah produk.
F. Lingkungan Organisasi.Â
1. Pemasok = Orang menyediakan material atau alat faktor produksi.
2. Pelanggan = Seorang konsumer yang ditargetkan oleh produsen.
3. Serikat Pekerja = Sebuah organisasi yang mengkomodir tenaga kerja sesuai bidangnya.
4. Masyarakat keuangan = Sebuah lembaga yang memberikan pelayanan dan kebijakan, seperti Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Penkreditan Rakyat (BPR), dan lain-lain.
5. Pemegang saham = Orang-orang yang menanamkan modal atau menaruh sebagian asetnya pada perusahaan dan mewakili tingkatan tertinggi dalam perusahaan.
6. Pemerintah = Lembaga yang mengeluarkan peraturan atau kebijakan terhadap prosedur yang harus dilakukan perusahaan.
7. Pesaing = Sebuah lawan bisnis kita yang bersaing secara sehat.
8. Masyarakat global = Sekelompok orang yang membutuhkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H