Mohon tunggu...
Anjani Nurindah
Anjani Nurindah Mohon Tunggu... Guru - GP Angkatan 4 Kab. Garut

Guru sekolah Dasar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

3.2.a.7 Refleksi Terbimbing_Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

20 Mei 2022   13:01 Diperbarui: 20 Mei 2022   13:05 2393
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamualaikum,

selamat datang pada modul 3.2 mengenai Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya. Dalam pembelajaran kali ini sahabat dapat melakukan refleksi terbimbing dengan menjawab beberapa pertanyaan pemantik dalam LMS.  

  •  Apa yang menarik dari proses dan hasil pemetaan tentang sumber daya di daerah untuk sekolah Anda?

Yang menarik dari hasil pemetaan tentang sumber daya di daerah untuk sekolah saya adalah membukaanpikiran saya bahwa asset yang dimiliki sekolah dipandang hanya sebagai penghambat bisa dijadikan sebagain kekuatan untuk mendorong dan membantu kemajuan sekolah.

Menambah wawasan dan pengetahuan mengenai kekuatan yang ada di lingkungan sekitar sehingga dapat memaksimalkannya. Setelah mengidentifikasi asset-aset saya berharap mampu menghasilkan ide dan gagasan kreatif untuk segera di praktikan.

Sebagai pemimpin pembelajaran dengan selalu berpikir ndan berorientasi kepada peserta didik, tentunya peran seorang pemimpin pembelajaranaadalah menciptakan iklim pembelajaran dan ekosistem pendidikan yang nyaman dan ideal.

Dengan melihat kekuatan di balik kekurangan yang dimiliki tentunya akan merubah  mindset kita untuk selalu memaksimalkan sumber daya atau asset yang ada di sekolah. 

  • Apakah pola pikir yang Anda pikirkan sebelum mempelajari modul ini? Apakah menggunakan pendekatan aset atau masalah?

Sebelum mempelajari modul ini saya merasa bingung untuk memanfaatkan potensi yang dimiliki sekolah. Apalagi yang berhubungan kegiatan belajar mengajar yang sudah saya lakukan. Meskipun bisa dikatakan sekolah kami itu memiliki potensi yang baik terkait dengan pendekatan berbasis asset yang memadai, namun saya terkadang merasa ragu-ragu karna belum mengerti pasti dalam pengelolaannya.

Setelah mempelajarinya saya mulai merasa tercerahkan pada tahap pengelolaannya. Saya mulai paham setelah melalui eksplorai konsep dan berkolaborasi dengan teman CGP lainnya dan Fasilitator di ruang kolaborasi. 

Dalam Ruang Kolaborasi banyak sekali yang dibahas mengenai konsep dan materi dan saling berbagi pengalaman bersama CGP lainnya.

  • Jika ada perubahan? Sebutkan apa perbedaannya dan mengapa itu berubah?

Perubahan itu pasti selalu ada, setelah mempelajari modul ini saya mulai paham dalam pengelolaan asset yang dimiliki sekolah. Saya akan mencoba dan berusaha menggunakan asset tersebut dalam pelaksanaan pembelajaran yang akan saya lakukan di sekolah.

 Saya merasa bangga karena ternyata sekolah saya mempunya banyak kelebihan yang bisa di optimalkan untuk kemajuan sekolah dengan pendekatan berbasis asset.

Selain itu juga saya merasa bangga karena mendapatkan hal-hal positif tidak hanya untuk sekolah tapi untuk diri sendiri yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari tentunya dengan berfokus pada kekuatan atau potensi yang saya miliki.

  • Apa yang perlu Anda lakukan jika Anda dapat terus berpikir dengan pendekatan berbasis aset?

Saya berkayakinan bahwa asset yang dimiliki sekolah dapat dimanfaatkan untuk kegiatan bembelajaran, tidak hanya berbentuk finansial tapi juga termasuk fisik, pikiran, kesehatan, pendidikan, agama dan lainnya.

 Berpikir berbasis asset artinya selalu berpikir pada apa yang kita miliki. Ketika mindset kita sudah seperti itu semua yang kita kerjakan dan hadaoi aka terasa lebih mudah.

  • Buatlah kata yang bisa menggambarkan apa yang anda rasakan saat ini terkait pembelajaran lalu!

Melalui modul ini telah merubah mindset saya untuk selalu berpikir positif dan melihat segala sesuatu dengan sudut pandang pendekatan berbasis asset. Perubahan dapat tercipta dimulai dari diri sendiri dengan mengoptimalkan kekuatan dan potensi yang dimiliki sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun