Surabaya,- Semua orang pasti berharap memiliki karir yang cerah setelah lulus sekolah atau kuliah. Meskipun demikian, Kamu harus berjuang agar bisa lolos seleksi dalam perekrutan karyawan.
Bagi anak SMK jurusan manajemen perkantoran yang sedang mencari kerja, menentukan pekerjaan yang cocok sesuai dengan jurusan pendidikan merupakan hal yang sangat penting.Â
Berikut beberapa jenis pekerjaan yang cocok bagi juSekretarisrusan manajemen perkantoran yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.
1. SekretarisÂ
Sekretaris adalah karyawan yang membagikan tanggung jawab dengan manajer atau eksekutif dalam satu kantor atau organisasi. Mereka seringkali bertugas untuk menyusun agenda, memilih dan memesan tempat pertemuan, mempersiapkan dokumen dan file, dan menyusun laporan.Â
Sekretaris juga dapat melaporkan pada manajer atau eksekutif mereka tentang tugas-tugas apa yang telah diselesaikan pada hari itu. Sekretaris juga dapat membantu manajer mereka dalam proses pengambilan keputusan tentang kebijakan kantor.
Syarat pendidikan untuk menjadi sekretaris umumnya adalah lulusan SMA atau SMK minimal. Namun perlu diperhatikan bahwa perusahaan atau organisasi yang membutuhkan sekretaris dapat menerapkan syarat pendidikan yang lebih tinggi, biasanya minimal adalah lulusan diploma atau sarjana.Â
Hal ini juga tergantung pada fungsi atau tugas yang akan dibebankan pada sekretaris tersebut dan kebutuhan perusahaan atau organisasi yang akan merekrut sekretaris tersebut.Â
Syarat kemampuan untuk menjadi sekretaris yang umum diantaranya meliputi:
a. Kemampuan dalam menggunakan perangkat hardware dan software yang relevan dengan tugas dan pekerjaan sekretaris, seperti komputer, printer, dan perangkat keras lainnya.