Mohon tunggu...
Anita Siti Nuraeni
Anita Siti Nuraeni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PGSD

Program KKN Tematik UPI 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pelaksanaan Pembelajaran Daring dengan Home Visit pada Masa Pandemi Covid-19

26 Juli 2021   10:35 Diperbarui: 27 Juli 2021   10:42 214
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi COVID-19 merupakan musibah yang memilukan seluruh penduduk bumi, seluruh aspek kehidupan manusia di bumi terganggu termasuk dalam bidang pendidikan. Banyak negara memutuskan menutup sekolah, perguruan tinggi maupun universitas, termasuk negara Indonesia. 

Krisis benar-benar datang tiba-tiba, pemerintah di belahan bumi manapun termasuk Indonesia harus mengambil keputusan yang pahit yaitu menutup sekolah untuk mengurangi kontak orang-orang secara masif sehingga dapat mengantisipasi melonjaknya kasus positif covid-19. 

Setelah itu Kemendikbud mengeluarkan surat edaran nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran covid-19 yang salah satu isinya yaitu belajar dirumah secara daring/jarak jauh.

Di Indonesia banyak keluarga yang kurang familiar melakukan sekolah di rumah. Bersekolah di rumah bagi keluarga Indonesia adalah kejutan besar khususnya bagi produktivitas orang tua yang biasanya sibuk dengan pekerjaannya di luar rumah. 

Demikian juga dengan problem psikologis anak-anak peserta didik yang terbiasa belajar bertatap muka langsung dengan guru-guru mereka. Seluruh elemen pendidikan secara kehidupan sosial "terpapar" sakit karena covid-19. Pelaksanaan pengajaran berlangsung dengan cara online. 

Proses ini berjalan pada skala yang belum pernah terukur dan teruji sebab belum pernah terjadi sebelumnya. Tak Pelak di desadesa terpencil yang berpenduduk usia sekolah sangat padat menjadi serba kebingungan, sebab infrastruktur informasi teknologi sangat terbatas.

Pembelajaran secara daring tentu membutuhkan persiapan yang sangat matang bagi setiap sekolah atau lembaga pendidikan. Persiapan tersebut berupa penguasaan teknologi yang baik oleh guru dan siswa, sarana dan prasarana yang memadai, akses internet yang baik dan anggaran dana yang cukup. Akan tetapi banyak sekali hambatan yang dihadapi ketika pembelajaran daring seperti kurangnya penguasaam teknologi oleh guru dan siswa dan akses internet yang buruk. 

Hambatan tersebut dirasakan oleh lembaga sekolah yang terletak di pedesaan yang terpencil. Hambatan tersebut berupa alat komunikasi siswa dengan guru yang terbatas, kurangnya penguasaan teknologi oleh siswa dan akses internet yang kurang baik. 

Sehingga para guru dan kepala sekolah banyak yang memutuskan pembelajaran daring dengan home visit.  Home visit adalah salah satu solusi mengatasi kesulitan belajar siswa dan merupakan tindakan preventif mengurangi miskomunikasi antara guru dan siswa dalam pembelajaran online. 

Home visit biasanya dilaksanakan dengan cara guru wali kelas membagi seluruh siswanya menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang yang rumahnya berdekatan. 

Setiap kelompok berkumpul pada sebuah rumah siswa yang telah disepakati bersama. Kemudian setiap kelompok memegang satu buku tema untuk dipelajari dan dikerjakan tugasnya secara bersamaan, setelah itu guru akan mengunjungi setiap kelompok dan memberi bantuan apabila siswa mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran dan pengerjaan tugas.

Keunggulan dari pembelajaran home visit ini, guru bisa membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran sehingga tidak ada miskomunikasi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran.   Sehingga penulis berharap dengan home visit ini siswa bisa terbantu dalam menghadapi kesulitan pada proses pembelajaran sehingga pembelajaran daring yang dilakukan oleh siswa menjadi lebih bermakna.

Referensi
Halal, R. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia:  
Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal: Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5), 395-402.
Safitri, I. (2020). Home Visit sebagai Refleksi Kurikulum Darurat Covid-19: Kesiapan Guru, Respon Siswa, Materi dan Hasil Belajar di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal: Manajemen dan Pendidikan Islam, 6(2), 119-131.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun