Mohon tunggu...
ANITA
ANITA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat Pendidikan Sosiologi

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembelajaran Multikultural di Sekolah Dasar untuk Mengembangkan Karakter

21 Juni 2024   04:40 Diperbarui: 21 Juni 2024   04:43 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pembahasan

Pendidikan multikultural berperan penting dalam membentuk karakter bangsa Indonesia. Mari kita bahas lebih lanjut. Karakter bangsa adalah sifat dan sikap suatu negara yang tercermin dalam perilaku dan karakter warga negaranya. Dari perspektif sosiologi pendidikan, pendekatan multikultural berfokus pada penilaian dan pemahaman keragaman budaya, agama, dan etnis.


Mengapa pendekatan multikultural penting dalam pendidikan dasar?
 Karena menghargai keberagaman Di dalam negeri, pendidikan multikultural membantu siswa untuk: Pahami dan hargai perbedaan-perbedaan tersebut sejak usia mudah.Mengurangi diskriminasi dan prasangka Dengan memahami  latar belakang budaya yang berbeda, siswa dapat mengembangkan sikap toleransi dan empati, yang pada gilirannya mengurangi prasangka dan diskriminasi. Membangun Jati Diri Bangsa Pendidikan multikultural membantu siswa memahami bahwa meskipun  berasal dari latar belakang  berbeda, mereka adalah bagian dari  bangsa yang sama.Hal ini memperkuat identitas nasional secara menyeluruh. Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa yang belajar di lingkungan multikultural cenderung memiliki keterampilan sosial yang lebih baik karena  terbiasa berinteraksi dengan orang-orang dari  latar belakang berbeda.Menerapkan pendekatan multikultural dalam pendidikan dasar. Kurikulum Inklusif: Mengembangkan kurikulum yang mencakup pengetahuan tentang berbagai budaya, sejarah, dan tradisi  Indonesia. Hal ini dapat dicapai melalui mata pelajaran seperti sejarah, geografi dan pendidikan agama. Materi Beragam: Gunakan buku teks dan materi lain yang mencerminkan keragaman budaya.

Pembahasan

Pendekatan multikultural dalam pendidikan dasar untuk pembentukan karakter bangsa Pendidikan multikultural pada tingkat dasar memegang peranan penting dalam pembentukan karakter bangsa yang menghargai keberagaman.

 Aspek-Aspek Pendekatan Multikultural Disekolah Dasar:

 1.Pengenalan budaya lain

 - Sekolah dasar hendaknya mengenalkan siswa pada  budaya, agama, dan tradisi lain.
 – Menanamkan nilai-nilai toleransi, saling menghormati dan kerjasama lintas budaya.
 Kurikulum Inklusif
 - Kurikulum harus mencakup materi yang mewakili  kelompok etnis, bahasa, dan agama yang berbeda.
 – Menggabungkan cerita, lagu, dan permainan dari budaya berbeda.

 2. Pelatihan Guru:

 - Guru harus dilatih pendekatan multikultural.
 – Anda perlu memahami cara mengajar lintas budaya.

 3. Kegiatan ekstra kurikuler:

 - Sekolah dapat menyelenggarakan kegiatan seperti festival budaya, pertukaran pelajar, dan kunjungan ke tempat ibadah.
 – Membantu siswa memahami dan menghargai keberagaman.

4.  Bekerja dengan Orang Tua:

 - Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Multikultural.
 – Menyelenggarakan konferensi atau diskusi tentang keanekaragaman budaya.
 Melalui hal ini diharapkan siswa sekolah dasar dapat menghargai perbedaan dan tumbuh menjadi individu tangguh yang mampu membangun negara menjadi lebih baik.

Pendekatan multikultural pada pendidikan dasar merupakan strategi yang tidak hanya berfokus pada penyediaan materi akademik, namun juga pada pengembangan karakter siswa yang menghargai keberagaman dan inklusi. Peran penting pendekatan ini dalam pembentukan identitas nasional dibahas lebih rinci di bawah ini.

 Tujuan Pendekatan Multikultural dalam Pendidikan Dasar

1. Membangun Kesadaran Multikultural Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap keberagaman budaya yang ada disekitarnya Sejak  dini, siswa diajarkan untuk mengenali, menghargai, dan merayakan perbedaan budaya yang ada di masyarakat.

2.Menumbuhkan Sikap Toleransi Dengan memahami  budaya dan tradisi yang berbeda, siswa belajar bertoleransi terhadap perbedaan.Mereka diajarkan untuk tidak merendahkan atau mendiskriminasi orang lain berdasarkan latar belakang budaya, agama, atau etnisnya.

3. Meningkatkan Empati dan Solidaritas Pendidikan multikultural membantu siswa  mengembangkan empati dan solidaritas terhadap orang lain. Mereka diajarkan untuk merasakan apa yang dirasakan  orang lain dan berkolaborasi dalam suasana  inklusif.

4. Implementasi dalam Kurikulum Integrasi dalam Mata Pelajaran Pendekatan multikultural dapat diintegrasikan ke dalam berbagai mata pelajaran seperti bahasa, seni, sejarah, dan  kewarganegaraan.Misalnya, di kelas sejarah, siswa dapat mengkaji kontribusi berbagai kelompok etnis terhadap pembentukan bangsa.

5.Materi Beragam Sangat penting untuk menggunakan buku teks dan materi yang menggabungkan perspektif lintas budaya. Materi tersebut harus mencerminkan keberagaman masyarakat sehingga seluruh siswa merasa terwakili dan dihargai.

 Pelatihan dan Pengembangan Guru. Guru berperan penting dalam penyelenggaraan pendidikan multikultural.Mereka perlu dilatih untuk memahami prinsip-prinsip multikulturalisme dan mempraktikkannya di kelas. Guru juga harus mampu menyikapi permasalahan keberagaman secara bijaksana dan adil.

 Dampak terhadap pembentukan jati diri bangsa

1. Membangun jati diri bangsa yang kuat Pendidikan multikultural membantu siswa memahami bahwa mereka adalah bagian dari bangsa yang besar dan beragam . Hal ini menciptakan identitas nasional inklusif yang membuat semua warga negara merasa dihargai dan menjadi bagiannya.

2. Mengembangkan Sikap Kritis dan Terbuka Siswa yang dididik dalam lingkungan multikultural cenderung mempunyai sikap  lebih kritis dan terbuka terhadap pandangan dan sudut pandang yang berbeda.

3. Pencegahan Konflik Sosial Memahami dan menghargai perbedaan dapat meminimalkan potensi konflik sosial yang timbul karena prasangka dan diskriminasi. Pendidikan multikultural mengajarkan nilai-nilai perdamaian dan resolusi konflik sejak dini.

Tantangan dan Solusi

1. Resistensi terhadap Perubahan Beberapa orang menolak pendekatan multikultural karena mungkin dapat mengganggu nilai-nilai tradisional. Solusinya terletak pada dialog dan pendidikan yang menekankan bahwa penghormatan terhadap keberagaman sejalan dengan nilai-nilai lokal.

2. Sumber Daya Terbatas Melaksanakan pendidikan multikultural memerlukan sumber daya yang memadai, baik berupa bahan ajar maupun pelatihan guru.Pemerintah dan lembaga pendidikan perlu berinvestasi dalam menyediakan sumber daya ini.

3. Kurangnya pemahaman dan kesadaran Tidak semua guru dan pemangku kepentingan memahami sepenuhnya pentingnya pendidikan multikultural.Oleh karena itu, diperlukan kampanye  dan pelatihan kesadaran yang berkelanjutan.

Kesimpulan

Secara singkat dapat dikatakan bahwa pendekatan multikultural dalam pendidikan dasar mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembentukan karakter bangsa yang inklusif, toleran, dan menghargai keberagaman. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai multikultural ke dalam kurikulum, menggunakan bahan ajar yang mencerminkan keragaman budaya dan pelatihan guru yang berkelanjutan, pendidikan multikultural membantu siswa mengembangkan sikap positif terhadap perbedaan.Pendekatan seperti itu tidak hanya memperkaya visi siswa tentang budaya yang berbeda, tetapi juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya hidup berdampingan secara harmonis. Dengan demikian, pendidikan multikultural berkontribusi terhadap pembentukan jati diri bangsa yang kuat, memperkuat solidaritas sosial, dan mencegah konflik berdasarkan prasangka dan diskriminasi. Penerapan pendekatan ini secara efektif memerlukan dukungan seluruh pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, sekolah, guru, dan masyarakat.Secara keseluruhan, pendidikan multikultural merupakan landasan yang kokoh untuk menciptakan masyarakat yang adil, damai, dan beradab serta mempersiapkan generasi muda yang siap menghadapi tantangan global dengan sikap terbuka dan inklusif

Daftar pustaka

Nur.Lathifah. (2021). Pendidikan Multikultural Di sekolah Dasar. Pendidikan dasar nusantara, 42-51


Wahid, R. (2020). Implementasi Pendidikan Multikultura. Implementasi Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar, 7.

Wuryandani, W. (23). Pembelajaran berbasis multikultural. Pembelajaran berbasis multikultural untuk mengembangkan karakter bangsa, 11.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun