Lokasi : SMK N 1 JATIROTO
Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan
Tujuan yang ingin dicapai:
Meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik pada mata pelajaran layanan lembaga perbankan melalui model problem based learning (PBL) berbantu LKPD berbasis HOTS dan powerpoint.
Tanggal : 17 Januari 2023
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Latar Belakang Masalah
Masalah yang melatar belakangi dalam proses pembelajaran yaitu :
- Sebagian peserta didik belum dapat berfikir kritis terutama pemecahan masalah pada layanan perbankan.
- Rendahnya kemampuan peserta didik dalam menelaah soal berbasis HOTS karena terbiasa menghafal materi bukan memahami.
- Peserta didik kurang dilibatkan untuk belajar bersama kelompok (kooperatif learning),
- Media pembelajaran yang kurang menarik,
- Kurang melaksanakan kegiatan LKPD,
- Kurang memanfaatkan TPACK dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran kurang berpusat kepada peserta didik.
- Peserta didik lebih banyak mendengar penjelasan dari guru.
- Pembelajaran masih berfokus pada penguasaan pengetahuan kognitif masih rendah yaitu: level C1 (mengingat), level C2 (memahami) dan C3 (Aplikasi).
- Guru belum terbiasa melaksanakan pembelajaran (PH,PTS,PAS) yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi HOST (higher order thinking Skills.Â
Penting untuk dibagikan
Praktik baik ini perlu dibagikan agar seluruh pendidik bergerak bersama untuk melakukan model pembelajaran inovatif yang sesuai implementasi kurikulum 2013 dengan metode pembelajaran Inquiry Learning dan model Problem-based Learning (PBL). Dengan model pembelajaran inovatif ini diharapkan dapat membentuk perilaku saintifik, perilaku sosial, dan mengembangkan rasa keingintahuan sehingga peserta didik mampu berfikir kritis terhadap masalah - masalah yang terjadi dilingkungan sekitar.