Generasi Z merupakan  generasi yang berada ditahun 1997-2012? Generasi ini adalah generasi yang bisa dibilang generasi yang langsung tersentuh dengan ada nya internet dan handphone.  Generasi Y yang merupakan generasi sebelumnya  masih mengalami transisi teknologi, sedangkan gen z lahir  teknologi itu sudah adam Ada nya hal ini membuat gen z lebih mudah untuk mengakses informasi baru dan juga cepat terpengaruh budaya luar. Salah satu budaya luar yang sedang hangat nya adalah industri hiburan K-pop yang berasal dari  Korea Selatan.
Industri K-pop saat ini sangat merangkak tajam mengusai pasar musik  baik di Asia maupun di Eropa. Indonesia merupakan salah satu negera yang menjadi pasar bagi Industri K-pop. Bisa dibilang Indonesia juga termasuk penghasil fans terbanyak di industri hiburan Korea Selatan ini. Industri K-pop ini berisikan berbagai boyband, girlband, grup band hingga soloist, tak hanya itu drama pun ikut serta didalamnya. Hal ini tentu memberikan banyak pilihan kepada gen z.
Industri K-pop ini pada awal mulanya masuk ke Indonesia pada awal tahun 2000-an melalui berbagai saluran salah satunya televisi nasional yang menayangkan drama Korea. Dari drama Korea tersebut banyak kalangan fans yang mencari para pemainnya. Dan banyak dari mereka yang berasal dari grup musik selesai TVXQ, Super Junior, Miss A, 2pm, rain hingga Girl’s Generation. Hal ini menjadi begitu cepat populer dikalangan penggemar musik terutama anak muda. Biasanya mereka mengakses Musik grup ini melalui warnet dan melihat YouTube.
Industri K-pop ini semakin berkembang sejak generasi ke-tiga (gen3) K-pop dimulai. Awalnya gen 3 ini ketika EXO debut ditahun 2012, kemudian BTS (2013), Red velvet (2014), Seventeen (205) hingga Blackpink (2016). Penggemar K-pop semakin banyak di gen 3 ini terutama di 2016-2018.
Dengan apanya perkembangan dari sosial media baik Instagram, Twitter, Youtube hingga Tiktok. Ini Membuat dapat lebih mudah mengakses video musik (MV), penampilan panggung (performance), Â wawancara hingga variety show. Dari mudah nya mengakses internet ini semakin memperluas industri K-pop di Indonesia.
Tak hanya itu saja, grup musik K-pop pun sekarang sudah ada grup yang beranggotakan orang Indonesia  Dita karang yang berasal dari Yogyakarta dari grup Secret Number, kemudian ada Muhammad Zayyan dari grup Zodiac yang mana dia member muslim satunya, lalu terdapat via dari grup beauty hingga kim jembolan The Voice Kids Indonesia yang dari grup vvup.
Grup K-pop yang memiliki banyak fans di kalangan Gen Z Indonesia :
1. BTS
Grup ini debut pada 12 juni 2013 dari agensi Bighit Entertainment. Beranggotakan 7 member yaitu  RM sebagai leader, Jungkook sebagai maknae dan main vocal, Suga sebagai main rapper, Jin sebagai visual serta Jimin dan J-Hope. Grup ini banyak memenangkan award dan juga berhasil masuk Grammy. Grup ini sering menduduki posisi pertama di Billboard. Fans grup ini di Indonesia banyak dari kalangan anak sekolah atau biasanya disebut bocil. Fans grup ini bisa dibilang suka sekali mengganggu dan merusuh fans dan grup lain. Dan juga bisa dibilang mereka terlalu fanatik terhadap BTS.
2. EXO
Grup dibawah naungan agensi SM Entertainment ini debut pada tanggal 7 April 2012. Pada awal debutnya grup ini beranggotakan 12 orang. Namun sekarang hanya tersisa 9 orang yaitu Suho, Xiumin, Sehun, Kai, Chen, Baekhyun, Kyungso, Lay dan Chanyeol. Ketiga anggota yang telah keluar adalah Tao, Kris, dan Luhan yang mana ketiga nya merupakan orang China. Fans grup ini kebanyakan orang-orang yang berusia diatas 20 tahun, baik yang sedang kuliah maupun sudah kerja. Namun juga ada yang masih kecil biasanya mereka adalah fans baru.
3. Blackpink
Grup ini merupakan girlband yang berasal dari YG Entertainment. Grup ini hanya beranggotakan 4 orang yang debut 8 Agustus 2016. Anggota grup nya tidak hanya berasal dari Korea Selatan tapi ada yang dari Australia yaitu Rose dan Liisa dari Thailand. Blackpink ini sangat terkenal baik dikalangan wanita maupun pria. Grup ini telah beberapa kali melakukan konser di Indonesia dan banyak sekali yang berebut untuk menonton nya.
4. NCT
Grup ini beranggotakan banyak anggota dan memiliki beberapa sub unit berasal dari SM Entertainment. Sub unit grup ini terdapat NCT U, NCT 127, NCT Dream, NCT Wish dan  Way V. Grup ini beranggotakan lebih dari 20 orang. Kebanyakan fans grup ini di Indonesia merupakan fans NCT Dream dan NCT 127. Kebanyakan fansnya adalah perempuan dan biasanya menyukai grup SM Entertainment lain.
Itulah boyband dan girlband yang memiliki banyak fans di Indonesia. Namun bukan hanya itu saja terdapat juga grup yang baru-baru debut sekitar 2023-2024 yang mulai menarik perhatian fans Indonesia seperti New Jeans, ILLIT, ZB1, Fifty Fifty dan masih banyak yang lainnya. Trend K-pop pada saat ini banyak dipengaruhi oleh girlband dibandingkan yang dulu lebih banyak boyband. Girlband sekarang banyak sekali variatif nya dan agensi menarik pasar pria dan wanita untuk menyukai grup ini.
Industri K-pop mempengaruhi banyak sekali tatanan hidup gen z. Gen Z banyak meniru cara berpakaian, rambut, make up hingga makanan. Mereka rela mengeluarkan gocek yang cukup banyak agar bisa terlihat mirip dengan Idol nya. Jika Idol menggunakan pakaian mereka berbondong-bondong membeli baju tersebut agar memiliki pakaian yang sama.
Gen Z yang menyukai Industri K-pop ini harus dapat memilah yang mana dapat dipelajari dan jangan semuanya ditiru. Selain itu fans juga tidak boleh terlalu fanatik, karena dari yang saya lihat selama ini di sosial media banyak sekali fans  yang fanatik.
Fans fanatik ini biasanya terlalu menganggap grup yang ia sukai paling hebat dibandingkan grup lain. Mereka sering kali berkelahi (war) antar fans grup memperebutkan grup yang paling terbaik. Selain itu biasanya juga mereka suka mencari ribut dengan grup lain tanpa alasan yang jelas. Fans fanatik ini kebanyakan ada dikalangan anak sekolah yang masih kecil. Gen Z terutama yang masih sekolah harus di awasi dalam penggunaan sosmed nya agar tidak melakukan hal-hal yang jelek dan buruk.
Selain itu biasanya jika anggota grup yang mereka sukai terkena skandal kencan para fans fanatik ini akan marah dan menghina orang yang dikencani oleh fansnya. Tak hanya itu mereka akan menghina dan menjelek-jelekkan  grup itu.
Gen Z suka menghambur-hamburkan uang demi grup nya terutama untuk nonton konser yang mana menggocek jutaan rupiah. Mereka rela menabung dan memaksa orang tua untuk dapat pergi konser ini. Selain itu mereka rela membeli album dan photocard sebanyak-banyaknya agar terlihat sebagai fans yang royal. Seharusnya mereka lebih bijak lagi dalam menggunakan uang nya. Jikapun ingin membeli secukupnya saja jangan terlalu berlebihanm
Sebagai gen z, seharusnya dapat lebih bijak dalam menyukai sesuatu. Janganlah melakukan hal-hal tercela yang tidak seharusnya lakukan. Dan juga sebagai penggemar dapat lebih menghargai grup manapun yang ada di industri K-pop, tidak membuat war, membuat berita palsu dan lain sebagainya.
Sumber Referensi :
April, dkk. 2023. Fanatisme dan Lunturnya Nilai Kebudayaan Gen Z: Dampak Trend K-Pop. Seminar Nasional Paedagoria
Dandy, dkk. 2024. Pengaruh Keberadaan Kpop pada Gen Z. Diakses melalui: https://www.academia.edu/116262370/Pengaruh_Keberadaan_Kpop_pada_Gen_Z
Amalia Dewi. 2024. Unsulbarnews. Diakses pada tanggal 13 Oktober 2024 melalui: https://www.unsulbarnews.com/demam-k-pop-pengaruh-dan-dampaknya-di-indonesia
Kumparan. 2024. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2024 melalui: https://kumparan.com/seputar-hobi/6-daftar-idol-k-pop-generasi-3-yang-paling-populer-sampai-sekarang-22cKQVMFMvQ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H