Mohon tunggu...
anisa putri maharani
anisa putri maharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

saya adalah seorang mahasiswi semester 3 jurusan pendidikan guru sekolah dasar(pgsd)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Membuat Media Pembelajaran Sifat-sifat Cahaya untuk Meningkatkan Pemahaman dan Pengetahuan Siswa

3 Januari 2023   07:25 Diperbarui: 3 Januari 2023   12:39 1320
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Cahaya adalah salah satu dari gelombang elektromagnetik sehingga dapat merambat dalam ruang hampa yang karena memiliki sifat-sifat tertentu yang menyebabkan kita dapat melihat berbagai benda serta keindahan alam yang beraneka warna. Bahkan dengan kualitas yang semakin baik sehingga objek benda tersebut dapat kita lihat dengan sempurna.  (PRIANTO)

cahaya merupakan salah satu hal yang penting dalam kelangsungan hidup makhluk hidup di bumi. tanpa adanya cahaya kehidupan di bumi tidak akan berjalan dengan sempurna. makhluk hidup saling menggantungkan kehidupannya dengan cahaya baik secara langsung ataupun tidak langsung. baik tumbuhan , hewan , dan juga manusia

berikut  sifat-sifat cahaya dan langkah-langkah pembuktiannya antara lain:

1.  cahaya dapat merambat lurus

Cahaya akan merambat lurus jika melewati satu medium perantara. Misalnya pada saat kita menyalakan lampu senter, maka lampu senter tersebut akan mengarah lurus. Untuk dapat membuktikan bahwa cahaya itu merambat lurus, bisa dilihat dari cahaya matahari yang masuk lewat celahcelah atau melalui jendela rumah kita. Dan jika kamu amati lampu kendaraan bermotor saat malam hari, cahaya lampu kendaraan bermotor tersebut merambat lurus. Banyak sekali kejadian-kejadian yang terjadi dalam kehidupan yang dapat membuktikan bahwa cahaya memiliki sifat yang dapat merambat lurus. (Irene, dkk: 74)  (Anik Istidah, 2022)

langkah-langkah pembuktian cahaya merambat lurus :

1.siapkan alat dan bahan berupa karton 3 buah, lilin, korek api, penyangga untuk karton, dan alat untuk melubangi karton

2.lubangi bagian tengah karton dengan lubang yang cukup besar dengan mengunakan alat

3.beri nama ketiga buah karton tersebut dengan karton A,B ,dan C

4.lalu tegakkan karton tersebut dengan bagian tengah yang sudah dilubangi dengan penyangga 

5.atur letak karton sehingga lubang dikarton tersebut sejajar

6.letakan lilin yang telah dinyalakan dengan korek api di depan karton c

7.lihatlah cahaya lilin yang menyala, apakah nyala lilin terlihat ?

2. cahaya dapat dipantulkan

Pemantulan (refleksi) atau pencerminan adalah proses terpancarnya kembali cahaya dari permukaan benda yang terkena cahaya. Pemantulan cahaya dapat dibedakan menjadi dua yaitu pemantulan teratur dan pemantulan baur (difus).

Langkah-langkah pembuktian cahaya dapat dipantulkan :

1.  siapkan cermin dan lampu senter

2. nyalakan senter pas ke cermin

3. maka akan terlihat cahaya pantulannya

3. cahaya dapat dibiaskan

 Pembiasan adalah peristiwa pembelokan arah rambat dari cahaya saat melewati medium rambatan yang berbeda. Contoh peristiwa pembiasan cahaya: pensil yang dimasukkan ke air yang ada dalam gelas. (Irene, dkk: 75) 

 

Langkah-langkah pembuktian cahaya dapat dibiaskan :

1. siapkan alat dan bahan; gelas, pensil, dan air

2. Pensil kita masukan ke dalam gelas.

3. Kita amati bahwa pensil tersebut masih lurus.

4. Kemudian kita tuang air ke dalam gelas yang ada pensilnya di dalamnya.

5. Saat kita tuang air pelan-pelan, pensil  tadi tampak mulai membengkok atau patah.

6. Jadi untuk membuat pensil patah, kita tak perlu mengeluarkan tenaga hanya dengan gelas dan air maka pensil tersebut tampak patah.

4. cahaya menembus benda bening

Cahaya dapat menembus benda bening. Hal ini karena benda bening mampu meneruskan cahaya. Jika cahaya mengenai objek gelap, cahaya tidak akan menembus tapi membentuk bayangan. 

Langkah-langkah pembuktian cahaya menembus benda bening : 

1. siapkan alat dan bahan yaitu senter dan gelas bening

2.  letakan gelas bening di atas meja

3. kemudian nyalakan senter tersebut dan arahkan ke gelas bening tersebut

4. dan kemudian lihat apa yang terjadi ? cahaya senter dapat menembus beda bening dan dapat terlihat bayangan

REFERENSI : 

Anik Istidah, U. S. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING. Jurnal Pendidikan Indonesia:Teori, Penelitian dan Inovasi.

PRIANTO, Y. (t.thn.). Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Cahaya melalui Model PembelajaranStudent Facilitatorand Explaining(SFE) pada Siswa Kelas V di MI AL-Abror.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun