Abstrak
Pandemic covid 19 mengakibatkan banyak sekali permasalahan yang ada di masyarakat, baik dari segi ekonomi, Pendidikan, social, maupun politik. Semua lini kehidupan merasakan dampaknya. Kuliah Kerja Mahasiswa Unej didesain back to village untuk membantu masyarakat di sekitar tempat tinggal mengurangi beban yang dirasakan selama pandemic.Â
Dalam hal Pendidikan penulis hadir membantu masyarakat meringankan beban orang tua dalam mengajari anak-anak. Dengan menggunakan metode belajar sambil bermain pada anak-anak, penulis mampu menggerakkan kembali semangat anak-anak sekolah dasar di daerah Sumbersari.Â
Penulis juga mengajak anak-anak untuk mengenali potensi diri yang dimiliki masing-masing anak, sehingga proses belajar tidak lagi membosankan bagi mereka.
Kata kunci: pandemic, belajar, potensi diri, anak-anak.
Abstract
The COVID-19 pandemic has resulted in a lot of problems in society, both in terms of economy, education, social, and politics. All walks of life feel the impact. The Unej Student Work Lecture is designed back to the village to help the community around the place of residence reduce the burden felt during the pandemic.Â
In terms of education, the author is here to help the community ease the burden on parents in teaching their children. By using the method of learning while playing for children, the author was able to re-energize elementary school children in the Sumbersari area. The author also invites children to recognize the potential of each child, so that the learning process is no longer boring for them.
Keywords: pandemic, learning, self-potential, children.
PENDAHULUAN
KKN Unej kembali menggunakan desain back to village atau KKN di desa tempat tinggal masing-masing. Hal ini karena pandemic covid 19 yang tak kunjung selesai. Selain itu sesuai dengan tridarma perguruan tingga yakni, pengabdian masyarakat. Diharapkan mahasiswa mampu kembali ke daerah tempat asalnya dan mengabdi di sana. Penulis mengangkat tema literasi di masa pandemic covid 19.Â