Mohon tunggu...
anisa dwi
anisa dwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - anisa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengembangan Produk dan Pengoptimalan Penggunaan Media Sosial terhadap UMKM: Linen KPop di Bubutan, Surabaya

27 Juni 2022   21:59 Diperbarui: 27 Juni 2022   22:11 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Anisa Dwi Agustina

Universitas 17 Agustus 1945  (Ilmu Komunikasi)

Email: anisadwi653@gmail.com

Abstrak. Saat ini Korean Wave sangat diminati oleh kalangan anak muda, terutama Korean Pop. Hal ini juga mempengaruhi ide bisnis UMKM di masyarakat yang mengikuti apa yang sedang populer belakangan ini. Contohnya seperti UMKM yang berada di Desa Tembok Dukuh Kecamatan Bubutan, Surabaya. 

Mereka menjual Linen Spray yaitu pembersih alami yang dapat membersihkan kotoran seperti kutu debu, biasanya disemprotkan ke ruangan atau benda-benda yang berbahan dasar kain. Yang menjadikannya berbeda dengan produk linen spray lain adalah varian wanginya yang terinspirasi dari parfum milik idola boygrup Korea Selatan yaitu, NCT. 

Tentu saja ini merupakan bisnis yang sangat menguntungkan, tetapi permasalahan muncul dikarenakan penjual kurang mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk sarana promosi sehingga produknya kurang diketahui publik. 

Dan juga karena produk ini bisa dikatakan sebagai merchandise Kpop, masyarakat  yang bukan penggemar Kpop menjadi tidak tertarik untuk membelinya padahal seharusnya manfaat dari produk ini bisa dinikmati oleh semua golongan tidak hanya penggemar Kpop saja. 

Karena hal tersebut mengakibatkan kurangnya minat pembeli karena merasa produk ini untuk golongan penggemar tertentu saja.

Diharapkan dengan adanya KKN ini, permasalahan mitra tentang promosi digital dan kurang meluasnya konsumen dari produk mitra dapat teratasi. Kegiatan pelaksanaan KKN ini dilaksanakan pada tanggal 1-12 Juni di rumah mitra. Luaran pelaksana berupa publikasi media massa yang terpublish di   , artikel ilmiah   , dan video inspiratif, serta luaran tambahan berupa karya desain..

Kata Kunci: ; Kpop ; NCT ; Media Sosial)

PENDAHULUAN

Latar Belakang Kegiatan

Keberadaan Korean Wave di Indonesia benar-benar tidak bisa dianggap sepele. Kebanyakan anak muda sangat meminati hal ini mulai dari drama, gaya hidup, kuliner, dan yang paling banyak peminatnya adalah Korean Pop. Karena popularitas tersebut, belakangan ini banyak brand Indonesia yang menggandeng idola Kpop sebagai brand ambassador-nya, Dan juga, penjualan pernak-pernik Kpop mulai menjamur.

Penggemar Kpop dikenal sebagai penggemar yang paling loyal terhadap idolanya, hal ini dikarenakan mereka tidak hanya memiliki keterlibatan intelektual mengenai musik, tetapi juga keterlibatan emosional sehingga mendorong para penggemar untuk ikut berpartisipasi dalam segala aktivitas dan berburu segala informasi dan pernak-pernik yang berkaitan dengan idolanya sebagai bentuk dukungan. Hal tersebut yang membuat strategi marketing menggunakan budaya Korea sangat diminati untuk menyasar lebih banyak konsumen.

Hal itu pula yang menjadi alasan mitra dari pelaksana membuat bisnis linen spray ini. Di masa setelah pandemic covid-19, tentu saja masyarakat masih waspada dengan berbagai virus. Dengan Linen Spray ini, dapat membantu membersihkan udara ruangan dan benda-benda berbahan kain (Kasur, gantungan baju, dll) karena mengandung anti bacterial yang bermanfaat untuk membunuh kuman dan virus. Untuk menarik minat konsumen, mitra membuat inovasi dengan menggabungkan ide bisnis mereka dengan hal yang sedang booming saat ini yaitu, Kpop. 

Mereka berinovasi dengan membuat varian wangi yang sesuai dengan parfum milik para member boygrup Korea Selatan yaitu, NCT. mereka berupaya semaksimal mungkin untuk membuat varian wangi yang semirip mungkin dengan parfum aslinya. Hal ini yan membuat pelaksana tertarik untuk membantu mitra karena produknya tidak hanya memiliki manfaat seperti terhindar dari kuman dan virus, tetapi sebagai konsumen juga dapat merasakan wangi parfum branded dengan harga yang sangat murah.

Temuan Masalah di Lokasi Kegiatan

Dalam diskusi pelaksana dengan mitra, ditemukan masalah yaitu desain packaging yang terlalu "ke-Koreaan" yang membuat produk mereka kurang diminati oleh masyarakat yang tidak menggemari Kpop. Padahal seharusnya dengan varian wangi parfum branded tersebut, semua orang bisa merasakan manfaat dari produk ini. Hal ini membuat konsumen menjadi terbatas pada golongan tertentu saja.

Lalu kurangnya mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai media promosi digital. Dalam diskusi pelaksana dengan mitra, diketahui bahwa mitra hanya menggunakan media sosial Instagram sebagai media promosi mereka. Hal ini yang menjadikan produk mereka kurang dikenal khalayak, sedangkan masyarakat di wilayah mitra tidak begitu antusias terhadap Kpop sehingga kurang berminat terhadap produk ini.

Tujuan Kegiatan

Dengan adanya program kegiatan yang akan pelaksana lakukan dengan mitra, diharapkan akan membuat produk mitra lebih menarik dan dikenal lebih luas oleh masyarakat dalam semua golongan sehingga penjualanpun meningkat.

METODE PELAKSANAAN

Program kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 1-12 Juni 2022. Dimulai dari kegiatan berdiskusi dengan mitra hal apa saja yang ingin ditambahkan dan dikurangi pada desain yang telah pelaksana rancang sebelum pelaksanaan kegiatan KKN sesuai dari permasalahan mitra, setelah itu pelaksana akan merevisi desain sesuai dengan yang telah disepakati oleh mitra. Lalu dilakukan proses pencetakan.

Laku membeli kebutuhan kemasan, Dan sesuai kesepakatan dengan mitra, pelaksana akan membuatkan media sosial Tiktok sebagai tambahan media promosi.

Lalu diadakan kegiatan packing produk dengan kemasan baru. Lalu dilanjutkan dengan pembuatan konten katalog foto untuk promosi di media sosial Instagram dan konten video untuk promosi media sosial TikTok. Dan pada hari terakhir yaitu diadakan kegiatan yaitu, pengajuan promosi paid promote pada influencer untuk memperluas jangkauan konsumen.

HASIL DAN PEMBAHASAN

  • Pembahasan Kegiatan          

Dalam Kuliah Kerja Nyata ini, mahasiswa wajib mengisi laporan harian yang bertujuan untuk memantau setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa. Hal ini juga mempermudah dalam perhitungan kerja, serta mengecek apakah kegiatan harian pelaksana sudah sesuai dengan yang telah diprogramkan.KKn Reguler Individu ini dilaksanakan berdasarkan pada suatu tema dan program yang sesuai dengan situasi mitra. Pada kegiatan KKN ini pelaksana melaksana program dalam bidang advertising dan bidang seni yang sesuai dengan program studi pelaksana.

Berikut adalah program yang telah terlaksana :

  • Bidang Advertising
  • Penambahan media promosi digital
  • Belakangan ini, banyak UMKM yang menggunakan media sosial Tiktok sebagai media promosi mereka karena dianggap jangkauannya lebih meluas ketimbangan media sosial Instagram yang hanya bisa dilihat jika diikuti akunnya. Pada permasalahan mitra, mereka kurang mengoptimalkan media sosial sebagai sarana promosi karena hanya menggunakan akun Instagram saja sebagai media promosi. Untuk itu, telah disepakati bersama untuk pelaksana membuat akun media sosial Tikto sebagai tambahan media promosi digital.
  • Mengupayaan paid promote
  • Paid promote merupakan promosi produk atau layanan yang dilakukan oleh pihak ketiga dengan jumlah followers besar. Melalui akun pihak ketiga yang memiliki banyak followers tersebut, diharapkan produk atau layanan yang kamu tawarkan dapat menarik pelanggan. Selain menarik pelanggan menjadi penjualan, promosi menggunakan paid promote juga bisa meningkatkan brand awareness sebuah merek. Oleh karena itu, pelaksana mengupayakan adanya paid promote untuk jangkauan konsumen yang lebih meluas.
  • Bidang Seni
  • Mendesain ulang kemasan produk
  • Kemasan yang menarik dan berkonsep. Tentunya untuk UMKM sangat penting meng-upgrade kemasan sesuai dengan perkembangan zaman dan tren bisnis, serta dapat bersaing dipasar modern. Karena kemasan bisa dikatakan sebagai baju produk, sehingga presespsi masyarakat terhadap produk akan berbeda dengan adanya kemasan yang menarik.

  • Evaluasi Kegiatan
  • Bidang Advertising
  • Pelaksanaan kegiatan periklanan dari pelaksana terhadap mitra mendapat reson positif dari konsumen karena telah meluasnya jangkauan konsumen sehingga produk mitra lebih dikenal oleh masyarakat.
  •        
  • Bidang Seni
  • Program peng-upgrade an kemasan produk ini disambut antusias oleh mitra karena mitra menganggap desain packaging mereka yang terlalu "ke-Koreaan" yang membuat produk mereka kurang diminati oleh masyarakat yang tidak menggemari Kpop. Padahal seharusnya dengan varian wangi parfum branded tersebut, semua orang bisa merasakan manfaat dari produk ini. Namun ada kendala dalam melaksanakan program ini. Dikarenakan dana dari pelaksana yang tidak tepat waktu sehingga mau tidak mau harus menunda penggunaan kemasan baru untuk stok bulan ini dan tetap mendesain kemasan baru sebagai sampel yang dapat digunakan untuk stok produk selanjutnya.

  • Kemasan Lama

  • Kemasan Baru


SIMPULAN

KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan sebuah salah satu bentuk pengabdian dari mahasiswa untuk masyarakat. Pelaksana melaksanakan Kegiatan KKN Reguler di lokasi Desa Tembok Dukuh, Kecamatan Bubutan RT 08/RW 03 Kota Surabaya. Di wilayah ini pelaksana bertemu dengan mitra yaitu Aisyah selaku owner dari Thingsaboutthem yaitu UMKM yang menjual Linen Spray Kpop. 

Dari pemaparan program pelaksana di atas, dapat disimpulkan bahwa program KKN reguler individu pelaksana di Desa Tembok Dukuh RT 08/RW 03 ini meliputi program di bidang advertising dan bidang seni. Program di bidang advertising antara lain upaya pembuatan media promosi dan mengiklankan produk di media social, lalu di bidang seni antara lain mendesain kemasan produk, dan pembuatan konten foto dan video.

Program kerja yang dijalankan oleh pelaksana merupakan program kerja yang telah disusun dan direncanakan terlebih dahulu sebelum pelaksanaan KKN dimulai. Pelaksanaan program juga didukung oleh pendanaan yang diambil dari uang mahasiswa yang dibagikan secara merata oleh LPM kepada setiap mahasiswa yang melaksanakan KKN. Pengelolaan dana juga dikelola secara mandiri oleh pelaksana.

Dalam pelaksanaan program terdapat beberapa kendala saat program dijalankan. Antara lain, Dana KKN yang terlambat diterima oleh pelaksana sehingga terjadinya perubahan kesepakatan program dengan mitra di saat pelaksanaan. Akibat itu pula program penggunaan kemasan desain baru untuk stok bulan ini tidak dapat dilaksanakan karena perlu waktu lebih banyak dari jadwal berakhirnya pelaksanaan KKN sehingga tidak memungkinkan untuk melaksanakan program tersebut.

UCAPAN TERIMA KASIH

Pelaksana menyadari bahwa pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan penyusunan artikel ini tidak lepas dari bimbingan, dorongan, dan bantuan baik dari materi maupun non materi dari berbagai pihak sehingga program-program yang telah pelaksana rancang dapat terealisasikan dengan tepat waktu. Oleh karena itu pelaksana banyak-banyak mengucapkan terimakasih kepada :

  • Allah SWT, atas karunia, hidayah, akal, pikiran, kekuatan, Kesehatan dan segala kemudahan-Nya.
  • Keluarga pelaksana, Ayah, Ibu, dan Kakak yang telah memberikan semangat, mendoakan agar bisa menghasilkan yang terbaik.
  • Bapak Dr. Darmansjah Tjahja Prakasa, S.T.,M.T. selaku Dosen Pembimbing Lapangan atas bimbingan dan pengarahan yang telah diberikan.
  • Aisyah selaku mitra dari pelaksana yang telah memberikan kepercayaan kepada pelaksana untuk menjalankan program program ini.
  • Dan juga terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah memberikan semangat dan dukungan baik materi maupun non materi yang tidak dapat pelaksana sebutkan satu per satu.

DAFTAR PUSTAKA

  • Setyawan, Dwi Ageng, dkk. April, 2020. OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL TERHADAP PEMASARAN DI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi.
  • Mukhtar, Syukrianti & Nurif, Muchammad. Nopember, 2015. PERANAN PACKAGING DALAM MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI TERHADAP KONSUMEN. Jurnal Sosial Humaniora, Vol 8 No.2.
  • Widiati, Ari. 2019. PERANAN KEMASAN (PACKAGING) DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI "MAS PACK" TERMINAL KEMASAN PONTIANAK. Pontianak: Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura 2019, Vol. 8 , No. 2, 67-76.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun