PROFIL USAHA
1. Nama Pemilik : Bahrudin
2. Nama Usaha : WW. SAPUTRA
3. Jenis Usaha : Ternak cacing
4. Tahun Berdiri : 2023
5. Lama Usaha : 8 Bulan
6. Jumlah Produksi per 3 bulan : 6 kg/box
7. Harga Jual Produk : 5000/cup
Ternak Cacing
Peternakan cacing tanah relatif mudah dilakukan dan tidak memerlukan perawatan khusus seperti ternak hewan lainnya. Cacing tanah memiliki habitat di tanah dan memiliki indra penciuman untuk mencari makanan. Cacing tanah digunakan sebagai pakan ikan dan dijual kepada toko wisata dan toko pemancing.
Metode Cost Plus Pricing
Metode cost plus pricing merupakan metode penentuan harga melalui pendekatan biaya yang didasarkan atas biaya produksi maupun biaya non produksi yang tidak lepas dari penentuan harga pokok produksi. Pada metode cost plus pricing semakin perusahaan memproduksi dalam jumlah yang banyak maka harga jualnya semakin murah, sebaliknya semakin perusahaan memproduksi dalam jumlah yang sedikit maka harga jual semakin mahal.
Dengan model persamaan cost plus pricing biasa dihitung dengan menggunakan rumus :Â
Harga Jual = Total Biaya + Margin
Dimana margin merupakan persentase laba yang diinginkan atau yang diharapakan.
Harga jualÂ
Harga jual adalah jumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau nilai yang ditukar konsumen atas manfaat yang diperoleh dari memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut.
Analisis Penetapan Harga Jual Cacing Menggunakan Metode Cost Plus Pricing
Harga beli 2 kg cacing Rp150.000 dengan catatan 2 kg cacing dalam kurun waktu kurang lebih 3 bulan bisa berkembang biak sebanyak 6 kg. 1 kg dapat menghasilkan 264 cup cacing dan untuk 6 kg nya sebanyak 1.584 cup. Dijual 15 ekor cacing per cup berat 3,74 gram. Makanan cacing per hari Rp15.000, biaya listrik dan air seharga Rp10.000 per bulan. Biaya Tenaga Kerja Langsung Rp30.000 per hari kecuali hari minggu.
Hasil Analisis selama 3 bulan yaitu :
*Biaya Bahan Baku : Rp1.500.000Â
 (makanan cacing + bibit cacing)Â
*Biaya Tenaga Kerja Langsung : Rp2.340.000Â
*Biaya Overhead Pabrik : Rp30.000Â
 (Biaya listrik dan Air)Â
Penyelesaian :
Total biaya = BBB+BTKL+BOPÂ
             = (Rp1.500.000 + Rp2.340.000 +   Â
               Rp30.000)
             = Rp3.870.000
Margin     = 100% Rp3.870.000
             = Rp3.870.000
Harga jual total = Biaya total + Margin
                 = Rp3.870.000 + Rp3.870.000
                 = Rp7.740.000
Harga Per Cup   = Rp7.740.000 : 1.584 per cup
                 = Rp5000 per cup
Berdasarkan informasi harga jual per cup yang diperoleh dari UMKM tersebut jika ingin mendapatkan keutungan sebesar 100% maka harga jual per cup sebesar Rp5.000
Referensi :
Kondoy, Irvana Marina, Ventje Ilat, and Winston Pontoh. "PENERAPAN COST PLUSÂ PRICING DALAM KEPUTUSAN PENETAPAN HARGA JUAL UNTUK PESANANÂ KHUSUS PADA UD. DEWA BAKERY MANADO Irvana Marina Kondoy, Ventje Ilat,Winston Pontoh." Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 15, no. 3 (2015)
Safitri, Indri. "Peluang, Tantangan Dan Strategi Pengembangan UMKM Di Indonesia Pada Masa Pandemi COVID-19." Univesitas Negeri Yogyakarta, no. 19804244029 (2020)
Penulis : Anisa Aulia (2214140036), Aulia Khairina (2214140072), Winda (2214140062)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H