Nama :Anisaa' Nur Istiqomah
Prodi :Akuntansi
Nim :232300223
Matkul:Pengantar Ekonomi
MEKANISME PASAR
PENGERTIAN PASAR
  Pasar adalah ruang fisik atau virtual tempat pembeli dan penjual berkumpul untuk melakukan transaksi. Ini adalah komoditas yang diperdagangkan antara pembeli dan penjual. Dalam pertukaran, produk atau jasa diperdagangkan dengan biaya tertentu.
MEKANISME PASAR PERMINTAAN DAN PENAWARAN
Permintaan
Permintaan adalah keinginan konsumen untuk membeli suatu barang dengan harga yang berbeda beda dalam jangka waktu tertentu.
Faktor yang mempengaruhi permintaan barang dipasar,yaitu:
*Harga ibarang itersebut i[Px]
*Tingkat ipendapatan ikonsumen i[Y/cap]
*Selera i[S]
*Jumlah ibarang iyang idiminta i[X]
Contoh ikurva ipermintaan
Kurva permintaan di atas mempunyai kemiringan negatif, artinya bergerak ke kiri dan ke atas, sekaligus bergerak ke kanan dan ke bawah. Selain karena harga roti coklat mengalami penurunan, jumlah barang yang diminta meningkat, atau sebaliknya.
Interaksi antara pembeli dan penjual untuk menetapkan jumlah produk yang akan dijual atau diperoleh dengan harga yang bervariasi disebut penawaran. Ketika membahas perekonomian dalam skala yang lebih kecil, hal ini juga dapat dipecah menjadi penawaran individual dan penawaran pasar.
a.Penawaran individu atas produk atau layanan swasta mengacu pada kesiapan penjual untuk menawarkan untuk menjual barang dalam berbagai jumlah dengan harga yang bervariasi.
b.Pasokan pasar mengacu pada seluruh jumlah orang yang bersedia menjual suatu barang atau jasa dengan harga yang bervariasi.
Faktor yang berpengaruh:
*Harga ibarang ibarang ilain/pengganti ibisa iberubah
*Biaya iproduksi iberubah
*Tingkat iteknologi i
Contoh ikurva ipenawaran
Kurva penawaran adalah kurva yang menggambarkan hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah produk yang disediakan atau jumlah suatu barang yang dapat ditawarkan dengan harga tertentu dan dalam jangka waktu tertentu. Dengan kata lain, kurva penawaran menunjukkan jumlah suatu barang yang dapat ditawarkan pada harga tertentu dan dalam jangka waktu tertentu.
HARGA KESEIMBANGAN
Harga dimana konsumen atau produsen tidak bersedia menaikkan atau menurunkan jumlah barang yang dikonsumsi atau dijual disebut harga keseimbangan. Pasokan dan permintaan adalah hal yang sama. Keuntungan dari penawaran besar adalah bahwa penawaran tersebut cenderung memiliki harga yang lebih baik secara keseluruhan.
Keseimbangan akan terjadi jika saat harga barang dan jumlah permintaan sama,jumlah pada permintaan sama seperti dengan jumlah barang yang ditawarkan.
KESIMPULAN
Harga suatu barang ditentukan di pasar karena pasar merupakan tempat terjadinya jual beli antara pelanggan dan pembuat barang. Keinginan pelanggan untuk membeli produk yang diinginkan disebut dengan "permintaan". Melakukan penawaran untuk menentukan jumlah barang yang akan dijual dengan harga yang sesuai. Harga keseimbangan konsumen atau produsen tidak bersedia menurunkan jumlah produk yang dijual atau dikonsumsi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H