LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi                   : SMK Peristek Pangkah Kab Tegal
Lingkup Pendidikan         :Sekolah Menengah Kejuruan
Tujuan yang ingin dicapai    :Meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir analisis
 peserta didik kelas X pada mata pelajaran IPA
Penulis                   : Ani Parhataeni
Tanggal                  :  Juni 2023 ( PPL 1 dan 2 )
Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
- Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:
1. Motivasi dan Keaktifan peserta didik kurang
2. Peserta didik kurang fokus pada kegiatan pembelajaran (misalnya sering mengantuk bahkan tidur, dan melakukan aktivitas lain)
3. Kemampuan peserta didik dalam menganalisis masih rendah
4. Fasilitas belajar di sekolah terbatas jumlahnya
5. Guru belum maksimal dalam mengeksplor dan menggunakan pembelajaran yang variatif
- Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan :
karena permasalahan yang terjadi dan saya alami di lingkup kelas atau sekolah saya mungkin juga terjadi kepada Bapak/Ibu guru lain di luar sana. Oleh karena itu, harapan saya selain ini menjadi motivasi dan solusi untuk saya pribadi, juga ingin membagikan praktik baik ini agar bisa dijadikan motivasi juga referensi bagi rekan-rekan guru yang mengalami hal sama. Sehingga memberikan dampak positif atau perubahan-perubahan/inovasi pada kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan ke depannya.
- Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu sebagai seorang guru pastilah bertanggung jawab untuk bisa melakukan kegiatan pembelajaran secara efektif sehingga tujuan dari pembelajaran itu sendiri juga hasil belajar peserta didik dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Adapun cara agar tujuan tersebut tercapai yakni dengan mengimplementasikan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran, juga menggunakan metode pembelajaran yang variatif (tidak hanya metode ceramah).
Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
- Tantangan yang dihadapi oleh guru untuk mecapai tujuan adalah:
1. Penggunaan metode dan model pembelajaran yang inovatif dan tepat bagi peserta didik sesuai dengan materi yang akan dipelajari
2. Penyesuaian jam mengajar dan jadwal PPL yang akan dilaksanakan
3. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik
4. Pengambilan video pembelajaran pada aksi 1 terkendala dengan adanya pemadaman.
5. Masih ada peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi karena peserta didik yang dominan lebih pandai dan pintar yang banyak menyelesaikan diskusi kelompok tersebut
6. Masih ada peserta didik yang belum percaya diri untuk mempresentasikan hasil laporannya di depan kelas
Berdasarkan tantangan tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi guru terkait dengan kompetensinya yakni kemampuan pedagogik dan profesional sedangkan dari peserta didik yakni motivasi belajar.
- Yang terlibat dalam terlaksananya best practice ini antara lain:
1. Guru yang menjadi fasilitator.
2. Peserta didik sebagai subjek proses pembelajaran.
3. Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing pelaksanaan pembelajaran.
4. Rekan sejawat yang telah membantu dalam kelancaran proses pembelajaran.
Â
Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan adalah:
1. Penggunaan metode dan model pembelajaran
* Strategi yang dilakukan guru yaitu memilih untuk menggunakan model pembelajaran PBL sedangkan untuk metodenya berupa ceramah variasi, diskusi kelompok dan tanya jawab.
* Proses yang dilakukan yaitu dengan memahami sintaks model apakah sesuai dengan indikator, tujuan pembelajaran, juga materi yang akan dipelajari oleh peserta didik.
* Sumber daya yang diperlukan yaitu guru harus memahami sintaks model pembelajaran PBL dan juga memiliki pengetahuan tentang jenis-jenis metode yang dipakai dalam pembelajaran.
2. Penyesuaian jam mengajar dan jadwal PPL yang akan dilaksanakan
* Strategi yang dilakukan guru dengan menggunakan jadwal mengajar di kelas pada jam terakhir agar tidak mengganggu jadwal mata pelajaran yang lain.
* Proses yang dilakukan dengan memberikan informasi kepada peserta didik pada pertemuan tersebut akan dilakukan pengambilan video agar waktu pengambilan video tidak molor
* Sumber daya yang diperlukan yaitu kemampuan untuk mengkondisikan kelas agar lebih kondusif dari biasanya.
3. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik
* Strategi yang dilakukan guru yaitu memilih media pembelajaran yang mudah dipahami peserta didik dengan memanfaatkan gambar gambar, video Youtube yang sesuai dengan cakupan materi yang ditayangkan dalam bentuk slide powerpoint.
* Proses yang dilakukan yaitu dengan mencari gambar atau video yang relevan dengan materi yang akan dipelajari oleh peserta didik.
* Sumber daya yang diperlukan yaitu kemampuan guru dalam mengaitkan atau menghubungkan apakah gambar atau video tersebut sudah sesuai dengan materinya.
4. Menumbuhkan motivasi belajar peserta didik
* Strategi yang dilakukan guru yaitu dengan melakukan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada peserta didik. Dimana tahapan-tahapan kegiatan tersebut telah disesuaikan dengan sintaks model pembelajaran yang dipilih dan dirancang oleh guru dalam RPP.
* Proses yang dilakukan yaitu merancang kegiatan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan model pembelajaran yang terpilih.
* Sumber daya yang diperlukan yaitu kemampuan guru dalam merancang dan menyusun setiap kegiatan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik agar lebih termotivasi dan aktif sehingga hasil belajarnya akan meningkat.
Refleksi Hasil dan dampak
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan antara lain:
1. Penggunaan model pembelajaran PBL dimana kegiatannya berpusat pada peserta didik, menjadikan peserta didik lebih aktif, dapat berpikir analisis dan kreatif dibandingkan dengan saat masih menggunakan model dan metode yang monoton. Selain itu, karena pada saat pembelajaran peserta didik di bagi menjadi beberapa kelompok serta per kelompok menjawab soal yang diberikan oleh guru
2. Penggunaan media pembelajaran yang berbasis TPACK dalam bentuk video yang ditampilkan dalam slide powerpoint memudahkan peserta didik dalam mempelajari dan memahami materi, lebih bersemangat dan tidak cepat bosan. Sehingga keaktifan dan kemampuan berpikir analisis peserta didik dapat ditingkatkan.
Dalam proses pembelajaran yang berlangsung, dengan menggunakan strategi tersebut respon dari lingkungan sekitar yaitu dari peserta didik dan teman sejawat memberikan respon positif diantaranya sebagai berikut:
1. Peserta didik merasa senang dengan proses pembelajaran yang berlangsung karena mereka dapat terlibat secara aktif dan kegiatannya menarik, menyenangkan, serta mudah dipahami. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kegiatan refleksi saat kegiatan pembelajaran berlangsung.
2. Dari teman sejawat, secara keseluruhan sudah dapat mengkondisikan kelas dengan baik dan menjadikan peserta didik dapat terlibat secara aktif.
Faktor keberhasilan pembelajaran ini ditentukan dari penguasaan guru terhadap model dan metode pembelajaran, media pembelajaran dan langkah langkah pelaksanaan dalam rancangan RPP yang telah dibuat.
Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilakukan oleh guru yakni dapat menjadikan guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan indikator materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik
Rencana Evaluasi :
Refleksi Pembelajaran – Identifikasi Masalah
1. Kegiatan apa yang belum dilaksanakandalam pembelajaran ini?
Sudah terlaksana dengan baik dan lancar  mengenai    materi pembelajaran Identifikasi masalah.
2.Kegiatan apa yang sudah dilaksanakan dalam  pembelajaran ini?
Membahas materi indentifikasi masalah dengan 6 jenis permasalahan yang dibahas diantaranya :
 Pedagodik, literasi dan numerasi
Kesulitan belajar siswa termasuk siswa berkebutuhan khusus dan masalah pembelajaran diferensiasi dikelas berdasarkan pengalaman menjadi guru.
Membangun relasi/hubungan dengan siswa dan orang tua siswa.
Pemahaman/pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif berdasarkan karakteristik materi dan siswa.
Materi terkait literasi numerasi, advanced material, miskonsepsi, HOTS.
Pemanfaatan teknologi / inovasi dalam  pembelajaran.
3. Upaya yang akan dilakukan untuk mengatasi kegiatan yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran ini?
Upaya yang dilakukan adalah Ketika ada materi yang belum terpaparkan dengan jelas, saya akan bertanya kepada koordinator / teman PPG, jika kiranya belum terjawab maka saya akan bertanya langsung dengan dosen pembimbing melalui Whatsapp. Kemudian sebaik mungkin materi yang sudah  dijelaskan oleh dosen akan saya
pelajari secara mendalam & mandiri.
4. Upaya  yang   akan   dilakukan     untuk keberlanjutan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini?
Upayanya adalah dengan  cara belajar mendalami dari materi yang  pernah di pelajari agar saya sebagai guru bisa mendapatkan wawasan yang lebih luas lagi dan supaya saya bisa menjadi guru yang dikategorikan sebagai guru yang profesional.
Refleksi Pembelajaran – Eksplorasi Penyebab Masalah Â
1. Upaya yang akan dilakukan untuk keberlanjutan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini?
Semua kegiatan      sudah  terlaksana dengan baik.
2. Kegiatan apa yang sudah dilaksanakan dalam  pembelajaran ini?
Kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini yaitu bahan pembelajaran dan pengantar eksplorasi penyebab masalah, mengelompokkan masalah, kajian literatur, wawancara, wawancara pakar, serta melakukan presentasi dan penguatan masalah.
3. Upaya yang akan dilakukan untuk mengatasi kegiatan yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran ini?
Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kegiatan yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran ini tidak ada, karena sudah
mengikuti semua.
4. Upaya yang akan dilakukan untuk keberlanjutan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini?
Upaya yang akan dilakukan untuk keberlanjutan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan  dalam pembelajaran ini adalah dengan rajin membaca modul, aktif dalam Google
meet, mengikuti kegiatan selanjutnya dengan sebaik-baiknya.
Upaya yang akan dilakukan untuk keberlanjutan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan  dalam pembelajaran ini adalah dengan rajin membaca modul, aktif dalam Google
meet, mengikuti kegiatan selanjutnya dengan sebaik-baiknya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H