Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di sekolah dasar bermacam-macam kegiatan yang dilakukan. Berbagai kegiatan diterapkan sesuai dengan prinsip P5. Seperti yang dilakukan di SD Muhammadiyah Purbayan, Yogyakarta ada beberapa kegiatan P5 yang dapat memberikan inspirasi. Sebelum mengetahui kegiatan P5 apa saja yang terdapat di SD Muhammadiyah Purbayan, perlu kita ketahui dulu pengertian dari P5.
P5 merupakan suatu proyek yang dilakukan dengan cara menanamkan karakter pada setiap pribadi peserta didik berdasarkan nilai-nilai pancasila. Dengan adanya P5 ini merupakan salah satu upaya sekolah yang tujuan menjadikan peserta didik sebagai penerus bangsa yang unggul dan produktif. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini dapat turut berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkesinambungan.
Adapun visi pendidikan Indonesia yaitu mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila ini turut serta dalam mendukung visi tersebut dengan menjadikan Pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.
Profil Pelajar Pancasila merupakan bentuk penerjemahan tujuan pendidikan nasional. Peran Profil Pelajar Pancasila yaitu sebagai referensi utama dalam mengarahkan kebijakan-kebijakan pendidikan. Selain hal itu juga menjadi acuan bagi para tenaga pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik. Seluruh pemangku kepentingan diharapkan dapat memahami hal-hal terkait Profil Pelajar Pancasila mengingat perannya yang penting. Pendidik maupun pelajar diharapkan dapat menjalankan dan menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari. Profil Pelajar Pancasila terbagi menjadi enam dimensi, antara lain:
1. Bariman, bartakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia;
2. Mandiri
3. Bergotong-royong
4. Berkebhinekaan global
5. Bernalar kritis
6. Kreatif