Mohon tunggu...
Anasia Meliana Keke
Anasia Meliana Keke Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Hobi saya membaca,suka bermain Bola Volly

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Program Pembelajaran Kolaboratif Daring untuk Meningkatkan Literasi

29 Oktober 2023   07:18 Diperbarui: 29 Oktober 2023   07:27 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PROGRAM PEMBELAJARAN KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN LITERASI DI ERA DIGITAL

Pendahuluan

Pembelajaran daring kolaboratif telah menjadi fenomena yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Pembelajaran daring kolaboratif adalah metode pembelajaran yang melibatkan interaksi dan kolaborasi antara mahasiswa,dosen dan institusi pendidikan secara online.
Salah satu contoh kolaborasi dalam pembelajaran daring adalah melalui mata kuliah pembelajaran literasi .

Pada tahun 2023, STKIP Sinar Pancasila BETUN dan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang bekerja sama dalam menyelenggarakan mata kuliah Pembelajaran Literasi. Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa di era digital yang semakin berkembang.


Di era digital yang semakin mengekspansi literasi adalah salah satu keterampilan yang di butuhkan.Literasi tidak lagi terbatas pada kemampuan membaca dan menulis tetapi juga mencakup kemampuan untuk mendapatkan, mengevaluasi dan menggunakan informasi secara efektif dari berbagai sumber terutama melalui teknologi.

Kolaborasi antara STKIP Sinar Pancasila BETUN dan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang dalam mata kuliah Pembelajaran Literasi memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai. Pertama, tujuan utama adalah meningkatkan pemahaman siswa dalam hal literasi di era digital.

Kolaborasi antara STKIP Sinar Pancasila Betun dan  Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Khususnya program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) program ini di pandu oleh dua dosen hebat dan berpengalaman yaitu  Antonius Alam Wicaksono,S.Pd.,M.Pd. Yang dimana beliau adalah salah satu dosen Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang dan berikut ada Bapak Yanuarius Bria Seran,S.Pd.,M.Pd. yang merupakan salah seorang Dosen dari STKIP Sinar Pancasila Betun.

Artikel ini akan memberikan informasi terkait program kolaboratif antara Institusi pendidikan dan dampaknya terhadap perkembangan pendidikan saat ini.

TUJUAN
Tujuan Pembelajaran Kolaboratif antara STKIP Sinar Pancasila Betun dan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang dalam Meningkatkan Literasi melalui Pembelajaran Literasi:

1. Meningkatkan Pemahaman Literasi Siswa

Salah satu tujuan utama dari kolaborasi ini adalah meningkatkan pemahaman siswa dalam hal literasi di era digital. Siswa akan diberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya literasi, termasuk kemampuan membaca, menulis, dan memahami informasi di era digital yang semakin berkembang pesat.

2. Mengembangkan Keterampilan Literasi di Era Digital

 Kolaborasi ini juga bertujuan untuk mengembangkan keterampilan literasi siswa, terutama dalam konteks teknologi digital. Siswa akan diajarkan cara menggunakan teknologi, mencari informasi secara efektif, mengevaluasi keandalan sumber daya, dan menggunakan informasi dengan bijaksana.

3. Memperluas Wawasan Mengenai Literasi Digital

 Tujuan lainnya adalah memperluas wawasan siswa tentang literasi digital. Siswa akan diberikan pemahaman mengenai tren literasi terkini, bahaya dan manfaat dari penggunaan media sosial, perlindungan data pribadi, dan pentingnya etika digital.

4. Membangun Kolaborasi dan Kerjasama Antar Siswa

Pembelajaran kolaboratif memungkinkan siswa bekerja bersama dalam lingkungan belajar yang saling mendukung. Melalui kolaborasi ini, siswa di STKIP Sinar Pancasila Betun dan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang dapat berkolaborasi dalam tugas-tugas, proyek kelompok, dan diskusi, sehingga meningkatkan keterampilan kerja tim dan kemampuan berkolaborasi.

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Menggunakan Teknologi

 Pembelajaran literasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam menggunakan teknologi digital. Dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran daring, mereka akan menjadi lebih percaya diri dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi dalam kegiatan sehari-hari dan sebagai alat pembelajaran.

6. Mendorong Kreativitas dan Inovasi dalam Literasi

Pembelajaran kolaboratif juga mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam literasi. Mereka akan diajak untuk menyajikan informasi secara menarik dan inovatif, seperti melalui media presentasi atau proyek berbasis teknologi. Hal ini akan membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam literasi mereka.

Dengan tujuan pembelajaran kolaboratif ini, STKIP Sinar Pancasila Betun dan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa dalam era digital yang semakin berkembang. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi perkembangan literasi siswa dan membantu mereka menjadi individu yang aktif di dunia digital yang kompleks.

Tujuan kolaboratif  mencakup pengembangan keterampilan siswa dalam mengimplementasikan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Mata kuliah ini bertujuan untuk melatih siswa dalam menggunakan platform pembelajaran online seperti Zoom, Janitra, dan grup WhatsApp. Dengan menguasai teknologi ini, siswa dapat mengoptimalkan pembelajaran secara daring dan membangun kolaborasi yang efektif.

Metode Pembelajaran pada pembelajaran  ini bersifat Daring yakni melalui Zoom, Janitra, dan Grup WhatsApp

Mata kuliah Pembelajaran Literasi menggunakan metode pembelajaran daring yang memanfaatkan platform seperti Zoom, Janitra, dan grup WhatsApp. Melalui platform Zoom, siswa dapat berpartisipasi dalam kuliah online secara interaktif, berinteraksi dengan dosen dan sesama mahasiswa, serta berbagi ide dan diskusi.

Selain itu, platform Janitra digunakan untuk mengakses materi pembelajaran yang telah disediakan oleh dosen. mahasiswa dapat mempelajari materi tersebut sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam melalui penjelasan yang diberikan oleh dosen.
JANITRA  sebagai platform learning management system yang dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar di Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Janitra akan memfasilitasi dan memudahkan dalam pelaksanaan proses belajar yang disesuaikan dengan karakteristik pembelajaran masa kini. Janitra dapat diterapkan dalam pembelajaran full online maupun blended secara sinkron dan asinkron.
Janitra adalah singkat dari  (Jaringan Pembelajaran Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang)

Selain itu ada juga
Grup WhatsApp.aplikasi ini menjadi tempat penting untuk kolaborasi antara dosen dan mahasiswa .Melalui grup ini, dosen dapat memberikan tugas, membahas topik tertentu, atau memberikan umpan balik kepada siswa. Komunikasi melalui grup WhatsApp juga memungkinkan siswa untuk berkolaborasi dalam proyek kelompok dan saling membantu satu sama lain dalam pemahaman materi.

Peran Dosen dalam Pembelajaran Daring Kolaboratif

Dosen memiliki peran penting dalam pembelajaran daring kolaboratif ini. Mereka bertanggung jawab untuk menyusun materi pembelajaran yang relevan dan up-to-date dengan tren literasi di era digital. Selain itu, dosen juga bertugas sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. Mereka membantu memfasilitasi interaksi dan kolaborasi antara siswa, memberikan umpan balik, dan memotivasi siswa untuk aktif berpartisipasi.

Pengembangan Materi dan Kurikulum

Pengembangan materi dan kurikulum dalam mata kuliah Pembelajaran Literasi juga menjadi aspek penting. Materi yang disusun harus sesuai dengan perkembangan teknologi dan tren literasi di era digital. Dalam hal ini, dosen bekerja sama untuk merancang materi yang relevan dan mempertimbangkan kebutuhan dan minat siswa.

Kesimpulan

Pembelajaran daring kolaboratif dalam mata kuliah Pembelajaran Literasi tahun 2023 antara STKIP Sinar Pancasila BETUN dan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang merupakan langkah inovatif untuk meningkatkan literasi siswa di era digital yang semakin berkembang. Melalui metode pembelajaran daring yang melibatkan platform seperti Zoom, Janitra, dan grup WhatsApp, siswa dapat mengembangkan keterampilan literasi dan memanfaatkan teknologi secara efektif. Dosen memainkan peran penting dalam menciptakan lingkungan kolaboratif dan mengembangkan materi yang relevan. Dengan demikian, kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi perkembangan literasi siswa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun