JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3
Salam dan bahagia Bapak dan Ibu Guru.
Saya Anik Rahmawati Wahyuningsih, Calon Guru Penggerak (CGP) angkatan 11 dari SMK Negeri 2 Klaten. Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Â Tulisan ini merupakan Jurnal Refleksi Dwi Mingguan yang saya susun setelah mempelajari modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak dan manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif melalui kanvas BAGJA. Â Jurnal ini saya tulis menggunakan model refleksi 4F (Facts, Feelings, Finding dan Future) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway.
FACTS Â (Peristiwa)
Dalam modul 1.3 ini, saya mempelajari tentang Visi Guru Penggerak dan manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif melalui kanvas BAGJA. Â Kegiatan dimulai dengan melakukan eksplorasi konsep secara mandiri. Â Eksplorasi konsep diakhiri dengan menyusun kanvas BAGJA yang menjabarkan tahapan-tahapan terencana untuk mewujudkan impian, cita-cita atau tujuan yang sudah saya raih sebelumnya. Â Eksplorasi konsep juga dilakukan melalui forum diskusi asinkron, saya berdiskusi dengan sesama rekan calon guru penggerak untuk saling berbagi tentang visi murid impian. Â Dalam forum ini, kami menyampaikan visi masing-masing terkait impian terhadap kondisi murid yang diinginkan.
Selain itu, kegiatan juga dilaksanakan melalui ruang virtual google meet, berkolaborasi bersama sesama rekan calon guru penggerak untuk merumuskan visi bersama, kemudian menyusun kalimat prakarsa perubahan berdasarkan rumusan visi dan dijabarkan dalam kanvas BAGJA. Â Pada forum ini juga dilaksanakan presentasi visi bersama untuk mendapatkan tanggapan dan masukan dari kelompok lain.
Pada hari Minggu, 21 Juli 2024 dilaksanakan lokakarya 1 yang merupakan rangkaian kegiatan pendidikan guru penggerak. Â Dalam kegiatan ini, saya berkolabrorasi dengan sesama calon guru penggerak, untuk memperdalam pemahaman tentang pengembangan komunitas praktisi. Bersama pengajar praktik ibu Yuke Shyntia Dewi yang dengan sabar mendampingi, kami melakukan berbagai kegiatan, antara lain dengan permainan maupun diskusi yang temanya tentang pengembangan komunitas praktisi.
FEELINGS (Perasaan)
Selama mengikuti pembelajaran pada modul 1.3 ini, saya merasa mendapatkan banyak manfaat yang menambah kompetensi saya sebagai seorang guru. Â Saya sangat senang dan merasa sangat beruntung dapat mengikuti kegiatan ini. Â Saya menjadi tahu bagaimana cara merumuskan visi, baik visi pribadi sebagai guru penggerak maupun visi sekolah. Selain itu saya lebih memahami bagaimana mengembangkan sebuah komunitas praktisi. Â Saya juga merasa senang dapat berkolaborasi dengan rekan-rekan sesama calon guru penggerak dalam kegiatan di ruang virtual google meet maupun ketika bertemu langsung dalam kegiatan lokakarya 1.
FINDINGS (Pembelajaran)