Mohon tunggu...
Anis Contess
Anis Contess Mohon Tunggu... Guru - Penulis, guru

aniesday18@gmail.com. Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata. Mari tebar cinta dengan kata-kata.

Selanjutnya

Tutup

Mudik Cerdik Pilihan

Mudik Seru Gratis Naik Kereta Api, Catat Jadwalnya

3 Juni 2019   08:21 Diperbarui: 3 Juni 2019   08:29 218
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Flyer yang diberikan petugas, sumber: instagram/@stasiunbangil

Melakukan perjalanan mudik naik Kereta Api baru pertama kali saya alami. Tadi sore saya berniat pulang ke Malang dari rumah ibu saya di kota Bangil Pasuruan. Seperti biasa, rencana beli tiket dulu supaya dapat tempat duduk. Tiket ini bisa dipesan sejak pukul 9 sampai pukul 4 sore. 

Mulanya saya tak mengerti ketika petugas hanya meminta saya menyerahkan KTP untuk dicek, baru ngeh saat petugas loket menyerahkan struk tiket yang berbunyi Rp. 0.

Petugas memeriksa KTP dan tiket di pintu masuk, sumber: dokpri
Petugas memeriksa KTP dan tiket di pintu masuk, sumber: dokpri
Ini tentu surprise buat saya, bukan soal nominalnya, akan tetapi program gratis Kereta Api itu yang baru saya tahu. Setali tiga uang dengan saya, banyak penumpang lain yang juga terkejut suka mendapati  uang yang dipersiapkan tak perlu dipakai untuk membeli tiket. 

Berkah Ramadhan, uang itu bisa dipakai untuk membeli makanan berbuka puasa, atau keperluannya lainnya, misal beli paketan untuk menayangkan tulisan di Kompasiana.

Tiket KA, tertulis Rp. 0/dokpri
Tiket KA, tertulis Rp. 0/dokpri
Tertarik mengetahui program ini lebih jauh, saya mendatangi Customer Service. Keterangan diberikan, program ini berasal dari PT KAI Pusat. Untuk wilayah Jawa timur ada tiga jenis Kereta Api yang akan melaksanakan program ini. 

Yakni Tumapel,  Penataran, Tawang Argo dan Probowangi. Kelas ekonomi saja, tidak menyentuh kelas di atasnya. Secara kelas ini tiketnya paling murah dan penggunanya juga masyarakat kebanyakan seperti saya, yang merasa sangat bahagia ketika mendapat tiket gratis. Sedekah yang tepat sasaran, bukan untuk hurang kaya gitu loh.

Alur dan tipis pemesanan tiket, sumber: instagram/@kai121_
Alur dan tipis pemesanan tiket, sumber: instagram/@kai121_
Dijelaskan bahwa program ini  berlaku sejak 31 Mei lalu hingga 4 Juni ke depan untuk program arus mudik dan mulai 7 Juni sampai 10 Juni untuk arus balik. 

Ini menyenangkan tentu saja, masih ada persiapan untuk perjalanan hari hari ke depan. Untuk pemesanan tiket pagi sampai sore hari rata-rata telah sold out, habis, yang masih tersisa cukup banyak yakni untuk perjalanan malam.

Sudut stasiun Bangil waktu malam, Anis Hidayatie (doc.pri)
Sudut stasiun Bangil waktu malam, Anis Hidayatie (doc.pri)
Maka, saya pilih opsi itu, melakukan perjalanan naik Kereta Api dengan jam paling malam. Pukul 21.16 dari stasiun Bangil, turun di stasiun Blimbing Malang pukul 22.28 . Mendapatkan tempat duduk, sesuai yang saya mau. 

Terus terang saya agak kurang suka berdiri, resiko kena senggol lalu lalang orang besar sekali. Itu buat saya tak nyaman, secara badan saya kurus kecil, kalau terkena senggolan, apalagi sama yang tampan, mudah oleh. Hehe

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Mudik Cerdik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun