LAPORAN
BEST PRACTIC
UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN
MEROBEK DAN MENEMPEL DENGAN METODE DEMONSTRASI
PADA ANAK TK PERTIWI 1 PETARANGAN TAHUN 2020/2021
KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS
Â
Â
Â
Â
Â
Â
NAMA: ANGGUN MEGAWATI, S.Pd
Â
TK PERTIWI 1 PETARANGAN
KORWILCAM DINDIK KEMRANJEN
TAHUN 2021
Â
Â
Â
Â
Pendahuluan
Â
Berdasarkan proses kegiatan belajar mengajar di kelas ditemukan ada masalah atau kendala yang muncul yaitu rendahnya kemampuan merobek dan menempel pada anak dalam pembelajaran. Permasalahan tersebut membutuhkan tindakan perbaikan sehingga dapat meningkatkan kwalitas hasil pembelajaran dengan baik.
Â
Dengan adanya permasalahan tersebut diatas akan menghambat keberhasilan kegiatan pembelajaran yang merupakan tujuan dari kegiatan belajar mengajar, sehingga apa yang di harapkan dan direncanakan tidak terwujud dengan baik.
Â
Kemampuan merobek dan menempel sangat bermanfaat bagi anak usia dini, menempel dapat memberikan situasi belajar yang santai dan informal bebas dari ketegangan dan kecemasan ataupun ketakutan akan tetapi anak dituntut aktif dalam memberikan hasil pemikiran, tanggapan dan membuat keputusan yang positif.
Â
Pembahasan
Â
- Situasi
Â
Latar belakang masalah adalah :
Â
Keterampilan anak masih rendah dalam merobek dan menempel
Â
Pelaksanaan kegiatan pembelejaran belum menggunakan metode yang mendukung
Â
Anak kurang tertarik dan memahami penjelasan guru
Â
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan karena:
Â
 a.     Agar dapat menghargai berbagai kegiatan yang menyenangkan namun bermakna dalam rangka mengembangkan kemampuan merobek dan menempel pada anak Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Petarangan.
Â
b. Â Â Â Â Dapat mengoptimalkan proses kegiatan belajar mengajar.
Â
- Tantangan
Â
Membutuhkan waktu yang lama untuk membuat perangkat pembelajaran yaitu dari pembuatan RPPH, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, instrumen penilaian
Â
Â
- Aksi
Â
Dengan adanya masalah tersebut, guru membuat perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPPH, Bahan Ajar berbasis HOTS, LKPD, dan Penilaian. Membuat PPT dan mencari video pembelajaran karena guru menerapkan  metode Demonstrasi
Â
Proses dalam strategi yang digunakan:
Â
Kegiatan Pembuka:
Â
Menyapa dan memberi salam pada anak, mengajak anak berdo'a bersama, melakukan absensi, melakukan apersepsi, menanyakan kegiatan yang telah dilakukan anak kemarin, menjelaskan tema dan sub tema pada anak,. Tanya jawab tentang bagian tanaman jeruk.
Â
Â
- Kegiatan Inti
Â
Kegiatan 1:
Â
- Anak merobek kertas menjadi bentuk awan dan air hujan.
Â
Â
- Kegiatan 2:
Â
Anak merobek dan menempel kertas membentuk balon
Â
Kegiatan 3
Â
Anak meniup balon
Â
Â
- Kegiatan Penutup
Â
Guru menanyakan perasaan peserta didik tentang kegiatan main hari ini
Â
Memberikan penguatan dan pesan moral
Â
Menginformasikan kegiatan untuk hari berikutnya
Â
SOP pulang
Â
Â
Â
- Refleksi
Â
Hasil dari perangkat yang guru buat pembelajaran menjadi lebih inovatif dan efektif sehingga anak menjadi lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran dan hasil belajar anak didik menunjukkan hasil yang baik.
Â
Â
Kesimpulan
Â
Dalam proses pembelajaran seorang guru harus mampu menjadi fasilitator, motivator, informator, mediator dan juga evaluator. dengan menggunakan media dan sarana pemebelajaran yang inovatif dengan menggunakan media yang ada di sekitar.
Â
Daftar Pustaka
Â
Suyadi. 2010.  Psikologi Belajar Pendidikan Anak  Usia  Dini.  Yogyakarta:  PT Bintang Pustaka Abadi.
Â
Aisyah, Siti, dkk. 2010. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Usia Dini. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka
Zaman, Badru, dkk. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta : Universitas TerbukaÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H