Mohon tunggu...
Anggun Megawati
Anggun Megawati Mohon Tunggu... Guru - guru

hobi traveling

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Best Practice

29 Februari 2024   20:52 Diperbarui: 29 Februari 2024   20:55 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

LAPORAN

BEST PRACTIC

UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN

MEROBEK DAN MENEMPEL DENGAN METODE DEMONSTRASI

PADA ANAK TK PERTIWI 1 PETARANGAN TAHUN 2020/2021

KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS

 

 

 

 

 

 

NAMA: ANGGUN MEGAWATI, S.Pd

 

TK PERTIWI 1 PETARANGAN

KORWILCAM DINDIK KEMRANJEN

TAHUN 2021

 

 

 

 

Pendahuluan

 

Berdasarkan proses kegiatan belajar mengajar di kelas ditemukan ada masalah atau kendala yang muncul yaitu rendahnya kemampuan merobek dan menempel pada anak dalam pembelajaran. Permasalahan tersebut membutuhkan tindakan perbaikan sehingga dapat meningkatkan kwalitas hasil pembelajaran dengan baik.

 

Dengan adanya permasalahan tersebut diatas akan menghambat keberhasilan kegiatan pembelajaran yang merupakan tujuan dari kegiatan belajar mengajar, sehingga apa yang di harapkan dan direncanakan tidak terwujud dengan baik.

 

Kemampuan merobek dan menempel sangat bermanfaat bagi anak usia dini, menempel dapat memberikan situasi belajar yang santai dan informal bebas dari ketegangan dan kecemasan ataupun ketakutan akan tetapi anak dituntut aktif dalam memberikan hasil pemikiran, tanggapan dan membuat keputusan yang positif.

 

Pembahasan

 

  1. Situasi

 

Latar belakang masalah adalah :

 

Keterampilan anak masih rendah dalam merobek dan menempel

 

Pelaksanaan kegiatan pembelejaran belum menggunakan metode yang mendukung

 

Anak kurang tertarik dan memahami penjelasan guru

 

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan karena:

 

 a.        Agar dapat menghargai berbagai kegiatan yang menyenangkan namun bermakna dalam rangka mengembangkan kemampuan merobek dan menempel pada anak Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Petarangan.

 

b.         Dapat mengoptimalkan proses kegiatan belajar mengajar.

 

  1. Tantangan

 

Membutuhkan waktu yang lama untuk membuat perangkat pembelajaran yaitu dari pembuatan RPPH, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, instrumen penilaian

 

 

  1. Aksi

 

Dengan adanya masalah tersebut, guru membuat perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPPH, Bahan Ajar berbasis HOTS, LKPD, dan Penilaian. Membuat PPT dan mencari video pembelajaran karena guru menerapkan  metode Demonstrasi

 

Proses dalam strategi yang digunakan:

 

Kegiatan Pembuka:

 

Menyapa dan memberi salam pada anak, mengajak anak berdo'a bersama, melakukan absensi, melakukan apersepsi, menanyakan kegiatan yang telah dilakukan anak kemarin, menjelaskan tema dan sub tema pada anak,. Tanya jawab tentang bagian tanaman jeruk.

 

 

  1. Kegiatan Inti

 

Kegiatan 1:

 

  • Anak merobek kertas menjadi bentuk awan dan air hujan.

 


 

  • Kegiatan 2:

 

Anak merobek dan menempel kertas membentuk balon

 

Kegiatan 3

 

Anak meniup balon

 

 

  1. Kegiatan Penutup

 

Guru menanyakan perasaan peserta didik tentang kegiatan main hari ini

 

Memberikan penguatan dan pesan moral

 

Menginformasikan kegiatan untuk hari berikutnya

 

SOP pulang

 

 

 

  1. Refleksi

 

Hasil dari perangkat yang guru buat pembelajaran menjadi lebih inovatif dan efektif sehingga anak menjadi lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran dan hasil belajar anak didik menunjukkan hasil yang baik.

 

 

Kesimpulan

 

Dalam proses pembelajaran seorang guru harus mampu menjadi fasilitator, motivator, informator, mediator dan juga evaluator. dengan menggunakan media dan sarana pemebelajaran yang inovatif dengan menggunakan media yang ada di sekitar.

 

Daftar Pustaka

 

Suyadi. 2010.  Psikologi Belajar Pendidikan Anak  Usia  Dini.  Yogyakarta:  PT Bintang Pustaka Abadi.

 

Aisyah, Siti, dkk. 2010. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Usia Dini. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka

Zaman, Badru, dkk. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta : Universitas Terbuka 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun