Kampus Mengajar merupakan kegiatan mengajar disekolah yang merupakan bagian dari program Kampus Merdeka. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yaitu Bapak Nadiem Anwar Makarim menjelaskan tujuan diadakannya Kampus Mengajar. Pertama, untuk menghadirkan mahasiswa sebagai bagian penguatan pembelajaran literasi dan numerasi. Kedua, membantu pembelajaran di masa pandemi, terutama untuk SD di daerah 3T (Tertinggal, Terluar, Terdepan) dalam penyelenggaraan program ini mendapat dukungan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ( LPDP ).
 Program Kampus Mengajar angkatan 3 ini melibatkan mahasiswa dari berbagai universitas dan program studi untuk membantu sekolah dasar dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar salah satunya di UPTD SATUAN PENDIDIKAN SDN Pakis 02 yang bertempat di Desa Pakis, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 Maret – 25 Juni 2021. Terdapat 3 program utama yang diterapkan dalam kegiatan Kampus Mengajar angkatan 3 ini meliputi : membantu mengajar, membantu administrasi sekolah dan guru, dan membantu adaptasi teknologi.Â
Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan, sekolah tersebut menempati lokasi yang lumayan jauh dari perkotaan. Jalan menuju sekolah tersebut kurang baik karena jalan yang berbatuan. Akses jaringannya pun agak sulit. UPTD SATUAN PENDIDIKAN SDN Pakis 02 berlokasi di Desa Pakis, Kec. Panti, Kab. Jember Prov. Jawa Timur dengan akreditasi sekolah B.Â
Jumlah siswa di SDN Pakis 02 dari kelas 1 hingga kelas 6 sebanyak 38 siswa dan 8 orang guru, dengan rincian:Â
• Kelas 1 : 6 siswaÂ
• Kelas 2 : 2 siswaÂ
• Kelas 3 : 6 siswaÂ
• Kelas 4 : 5 siswaÂ
• Kelas 5 : 7 siswaÂ
• Kelas 6 : 12 siswa
 Beberapa program kerja yang kami usung dalam Kampus Mengajar 3, sebagai berikut;
1. Mengajar
a. Kolaborasi Mengajar
Sebelum melakukan pembelajaran, siswa diminta untuk berdoa terlebih dahulu dan diteruskan untuk membuka buku tema sesuai dengan halaman yang dipelajari. Kebanyakan siswa di SDN Pakis 02 menginginkan belajar sambil bermain. Jadi, terdapat beberapa permainan yang disajikan dalam proses pembelajaran. Contohnya permainan TTS, siswa akan mencari jawaban dengan melihat petunjuk/soal yang diberikan kemudian mengisi TTS tersebut.
b. Olahraga: senam dan jalan-jalanÂ
Pada saat senam, terdapat beberapa siswa dari kelas 6 untuk memimpin gerakan. Pada saat jalan-jalan, siswa diminta untuk baris terlebih dahulu dan diberi arahan untuk jalan rapi dan berdampingan. Jalan-jalan ini menuju tempat wisata yang dekat dengan sekolahan, yaitu wisata Kampung Duren. Ketika sampai di wisata, siswa diberikan sebuah permainan estafet air.
c. Pre-test dan Post-test
Sebelum melaksanakan kegiatan ini, mahasiswa meminta izin kepada pihak sekolah dan menginformasikan kepada siswa kelas V bahwa akan diadakan pre-test maupun post-test . Siswa sebelumnya 11 juga sudah diberikan kartu ujian. Kartu ujian tersebut berisi username dan password ujian untuk mengerjakan soal literasi dan numerasi. Siswa mengerjakan soal melalui smartphone android yang sudah disediakan oleh mahasiswa. Terdapat kendala dalam kegiatan ini, yaitu kekurangan 1 smartphone android. Alhasil meminta bantuan guru untuk meminjamkan smartphonenya.
d. Edukasi kesehatanÂ
Kegiatan ini dilaksanakan pada 19 Maret 2022 pukul 09.00-10.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa yang dikumpulkan dalam kelas 3 untuk mengikuti kegiatan edukasi kesehatan, begitupun dengan guru-guru diajak untuk hadir dalam kegiatan ini. Tema yang diangkat dalam kegiatan edukasi kesehatan yakni Pentingnya Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Mahasiswa menjelaskan tentang pentingnya hidup sehat. Di akhir acara terdapat sesi tanya jawab terkait apa yang sudah dijelaskan tentang pentingnya hidup bersih dan sehat. Â
e. Membuat mading merdekaÂ
Tema yang diambil adalah nature love. Sebelumnya siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menyelesaikan tugas masing-masing yang nantinya akan digabungkan, misalnya ada yang berfokus membuat 12 batang pohon, rumput, awan, dan hewan. Hal tersebut akan melatih siswa dalam bekerja sama dalam membuat sebuah karya. Siswa sangat senang dengan kegiatan ini dan terdapat siswa yang sedikit jenuh kalau terdapat kelompok yang lama dalam mengerjakan tugasnya.Â
f. Mendampingi lomba KSN
Kegiatan pendampingan ini dilakukan atas permintaan pihak sekolah kepada mahasiswa Kampus Mengajar. Pendampingan dilakukan  untuk mempersiapkan siswa  sebelum KSN dilaksanakan dengan selalu memberikan jam tambahan latihan soal selepas pulang sekolah selama kurang lebih 2 minggu. Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat kecamatan dilaksanakan pada 7 April 2022. Perwakilan SDN Pakis )2 lolos ke seleksi tahap selanjutnya karena mendapat juara II. Setelah mendapat juara II, Agil dipersiapkan lagi selama kurang lebih 1 minggu untuk menghadapi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten. OSN dilaksanakan pada 14 April 2022. Akan tetapi, hasilnya belum mendapat juara di seleksi OSN. Namun, sangat membanggakan sekali sudah melampaui tingkat kecamatan dan mengalahkan beberapa siswa lainnya.Â
g. Kegiatan ramadhanÂ
Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan puasa dimana siswa diberikan kegiatan untuk menuliskan surah pendek beserta artinya. Siswa kelas rendah diminta untuk menulis surah Al-Ikhlas beserta artinya, sedangkan kelas tinggi diminta untuk menulis surah Ad- Dhuha beserta artinya. Selain itu banyak agenda lain seperti penjelasan tentang malaikat allah dan makna puasa, siswa juga diberi lomba sederhana berupa mewarnai kaligrafi dan mendapatkan hadiah bagi yang menang. Â Menjelang akhir dari bulan ramadhan, diagendakan buka bersama seluruh keluarga besar SDN Pakis 02. Sebelumnya siswa diinformasikan terkait kegiatan buka bersama ini. Siswa diminta untuk datang ke sekolah mulai pukul 16.00 WIB dengan membawa bekal dari rumah. Dari pihak mahasiswa dan guru juga membawa makanan yang akan dibagikan kepada siswa.Â
h. Belajar menanamÂ
Kegiatan ini dilaksanakan pada 14 Mei 2022 dimulai pukul 07.00 – 10.00 WIB.  Siswa akan belajar menanam bawang merah dan sawi. Dalam belajar menanam bawah merah, membutuhkan media botol berukuran 600 ml. Siswa memberikan warna terlebih dahulu pada 13 botol sesuai kreativitas masing-masing menggunakan cat yang sudah disediakan. Sambil menunggu warna cat kering pada botol, siswa diberikan pengetahuan terkait cara mencampurkan tanah dengan sekam. Selanjutnya memotong bagian samping botol untuk memudahkan dalam memasukkan tanah dan memberikan lubang sebagai tempat keluarnya air. Hal terebut dibantu oleh kakak mahasiswa dalam proses memotong dan melubangi. Setelah itu barulah menanam bawang merah ke botol yang telah dibuat.Â
i. Class Meeting
Kegiatan ini dilaksanakan pada 15 – 16 Juni 2022 pukul 08.00 – 10.00 WIB di halaman sekolah. Seluruh siswa dibolehkan mengikuti kegiata classmeeting. Pada tanggal 15, terdapat dua perlombaan yaitu makan kerupuk dan balap kelereng. Sedangkan pada tanggal 16, terdapat tiga perlombaan yaitu memasukkan pagu beregu, balap karung, dan pentung air. Semua pertandingan sudah ditentukan sebelumnya terkait lawannya supaya seimbang dan hanya mengambil 2 juara tiap perlombaannya.Â
j. Awal kerinduanÂ
Kegiatan ini dilaksanakan pada 25 Juni 2022 pukul 08.00 – selesai di halaman sekolah. Banyak sekali serangkaian acara yang dilakukan di dalamnya, baik dari 5 penampilan dari siwa, simbolis kelulusan siswa kelas VI, pelepasan id card kampus mengajar, dan pemotongan tumpeng. Acara ini dihadiri oleh seluruh siswa beserta wali murid, guru, mahasiswa, DPL, dan tamu undangan (komite sekolah, korwascam, kepala sekolah lain). Sebelum memulai acara dibutuhkan persiapan yang dilakukan kurang lebih selama 3 minggu. Banyak sekali yang perlu dipersiapkan selain melatih siswa untuk penampilan, mulai dari aksesoris penampilan, konsep acara, dan dekorasi panggung. Hal tersebut dimatangkan secara maksimal karena ini akan mencetak sebuah kenangan yang akan sulit dilupakan oleh seluruh warga sekolah. Kegiatan ini merupakan kegiatan dimulainya awal kerinduan seluruh pihak yang terlibat dalam kampus mengajar. Selepas acara, banyak air mata yang tak terbendung, baik dari siswa, guru, mahasiswa, dan wali murid karena detik itu juga kegiatan program kampus mengajar selesai dilaksanakan.
Â
2. Membantu Adaptasi Teknologi
a. Penggunaan media pembelajaran audio visualÂ
Pada proses pembelajaran dilakukan, terdapat kesempatan untuk memberikan pengalaman siswa belajar menggunakan media pembelajaran audio visual. Contohnya dilakukan pada siswa kelas IV, mereka dipelihatkan sebuah animasi melalui laptop terkait materi keanekaragama Indonesia. Mereka sangat menikmati animasi tersebut yang menjelaskan terkait keanekaragaman Indonesia.
b. Sosialisasi pelatihan teknis asesmen kompetensi minimum kelas (literasi dan numerasi)
Kegiatan ini dilakukan kepada operator sekolah untuk berbagi wawasan cara melaksanakan asesemen kompetensi minimum kelas. Penjelasan tersebut mahasiswa dapatkan dari hasil mengikuti webinar pelatihan teknis asesmen kompetensi minimum kelas yang diadakan oleh panitia Kampus Mengajar. File-file yang dibutuhkan untuk melaksanakan AKM kelas juga diberikan kepada oprator sekolah kemudian mempraktekkan bagaimana cara mengoperasikannya.Â
c. Sharing ITÂ
 Kegiatan sharing IT hanya diikuti oleh guru-guru di SDN Pakis 02. Mahasiswa berbagi pengetahuan terkait Spreedsheet dan Zoom. Pada pembahasan Spreedsheet difokuskan dalam cara membuat daftar presensi siswa melalui Spreedsheet‟, sedangkan pembahasan Zoom difokuskan dalam pengenalan fitur-fitur pada aplikasi Zoom.
d. Membuat presensi kehadiran siswa onlineÂ
Kegiatan ini dilakukan untuk memudahkan guru dalam mendaftar presensi kehadiran mealui smartphone android sehingga guru dapat memantau daftar kehadiran siswa di manapun dan kapanpun. Daftar presensi kehadiran siswa online ini dibuat melaui Google Spreedsheet.Â
e. Membuat media sosial sekolah.Â
Kegiatan ini dilakukan untuk menyebarkan informasi kegiatan yang dilaksanakan di SDN Pakis 02 sehingga sebagai ajang promosi sekolah. Adapun media sosial yang diaktifkan adalah Instagram dan YouTube. Nama akun instagram untuk kampus mengajar di SDN Pakis 02 adalah @km3_sdnpakis02, sedangkan nama akun youtubenya adalah SDN PAKIS 02.Â
3. Membantu Administrasi Sekolah dan GuruÂ
a. Memodifikasi perpustakaanÂ
 Banyak sekali perubahan yang signifikan untuk membuat perpustakaan menjadi nyaman sebagai tempat mencari dan membaca buku bacaan. Mulai dari menata tata letak rak, desain meja baca, memilah buku yang sudah tidak digunakan, dan mengklasifikasikan buku sesuai kategori bacaan. Hal tersebut dilakukan supaya memudahkan siswa mencari buku bacaan yang diinginkan dan tempat nyaman untuk membaca buku.Â
b. Membuat banner data personaliaÂ
Kegiatan ini dilakukan untuk memperbarui data personalia yang sudah lama menjadi baru. Banner data personalia lama berisi data-data guru yang sudah tidak bekerja lagi di SDN Pakis 02. Oleh karena itu, mahasiswa berinisiatif untuk membuatkan banner data personalia SDN Pakis 02 yang baru.Â
--
Setelah menjalani 5 bulan mengajar di SDN Pakis 02, terdapat suka duka didalamnya, namun lebih banyak sukanya. Jumlah siswa yang sedikit tidak menjadi halangan karena rasa kekeluargaan yang sangat tinggi. Satu sama lain telah mengenal dengan baik, sehingga paham tiap detail karakternya. Semoga SDN Pakis 02 kedepannya lebih berjaya lagi, kemampuan literasi dan numerasi terus siswa meningkat, dan bakat bakat semakin berkembang. Salam sayang dari Kak Anggrek ^^
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H