Dalam rangkaian Hari Ulang Tahun Bank Danamon yang ke-60 maka pada 1 Oktober 2016 dilaksanakan Talk Show bersama Komunitas Kompasiana dan Nebengers. Acara ini memiliki tema “Mantab Melaju Menjangkau Komunitas Melalui Media Sosial.”
Acara ini dipandu oleh Liviana Cherlisa, dibuka oleh Toni Darusman merupakan Chief Marketing Officer Danamon. Serta 3 (tiga) narasumber yaitu Gandhy Inderayana Sastratenaya merupakan Digital & Online Marketing Head Danamon, Iskandar Zulkarnaen perwakilan Kompasiana dan Andreas Aditya penggagas Komunitas Nebengers.
Di era serba digital melahirkan media sosial yang menjamur tidak hanya di dunia tapi mengakar di Indonesia. Fenomena dari usia muda sampai setengah baya sudah aktif di dunia maya. Maka tak heran pengguna internet di Indonesia mencapai 63 Juta orang.
Berdasarkan data Kominfo, Indonesia merupakan urutan ke 4 pengguna Facebook di dunia setelah USA, Brazil dan India. Peringkat ke 5 pengguna Twitter di dunia setelah USA, Brazil, Jepang dan Inggris. Sehingga akhir-akhir ini, jari tangan penduduk Indonesia mulai sibuk dengan smartphone yang penuh dengan media sosial.
Alhasil, komunitas-komunitas warung kopi juga beralih ke media sosial. Komunitas yang dulunya memiliki pertemuan secara konvensional sekarang sudah beralih ke dunia digital.
Melihat gejala menjamurnya media sosial, maka banyak industri memanfaatkan media sosial untuk mentransfer ide-ide serta produk yang ingin dipasarkan. Salah satu industri pebankan yang membuka mata terhadap gejala media sosial ini adalah PT Bank Danamon Indonesia.
Seperti yang disampaikan oleh Toni Darusman, Cief Marketing Officer Bank Danamon bahwa generasi sekarang masuk ke generasi milenials. Kebutuhan anak-anak muda sekarang sudah berbeda dan generasi sekarang sudah memakai gadget. Nah, memang credible namun bukan berarti Bank harus kaku tapi bagaimana caranya, bahwa Bank Danamon relevan untuk anak muda.
Terlebih Bank Danamon hadir bukan hanya karena atas nama perusahaan yang menggaji dengan Bank Danamon. Akan tetapi Bank Danamon menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.
Oleh karena itu, Bank Danamon mantab melaju dan merambah ke media sosial. Sama halnya dengan Kompasiana dan Nebengers yang merupakan komunitas on going di media sosial, maka Bank Danamon pun menyajikan account-account di Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Linkedln. Hal ini bertujuan untuk mengenal nasabah dan apa yang diharapkan nasabah terhadap Bank Danamon.
Jika melihat Kompasiana yang merupakan komunitas konten yang sudah populer di media sosial dan berkontribusi untuk mengajak masyarakat untuk terlibat dalam website, kapan pun dan dalam tema apapun masyarakat dapat bisa menulis. Sama halnya dengan Komunitas Nebengers yang digagas oleh Smart Generation dalam mengurangi kemacetan lalu lintas. Maka Bank Danamon juga hadir yang membentuk Komunitas dengan media sosial yang dibentuk.
Media sosial ini diharapkan mampu mendekatkan diri dengan customers/masyarakat. Bank Danamon harus jeli melihat hal bahwa Bank Danamon harus melakukan transformasi dan adaptasi. Kalau Bank Danamon tidak beradaptasi maka akan punah seperti Dinosourus. Oleh karena itu, Bank Danamon sangat fokus mengembangkan digital communication terutama di media sosial.
Gandhy Inderayana Sastratenaya, Digital & Online Marketing Head Danamon, mengatakan bahwa inovasi mantab melaju melalui komunitas media sosial merupakan kegiatan untuk membangun sebuah cerita dengan komunitas. Sehingga kedepannya produk-produk yang dikeluarkan oleh Bank Danamon merupakan hasil dari cerita dengan komunitas di media sosial.
Kalau dulu, perbankan merasa paling tahu produk apa yang dibutuhkan masyarakan. Namun, sekarang dengan adanya komunitas, maka dapat diketahui bahwa apa yang dibutuhkan nasabah/masyarakat.
Dewasa ini, masyarakat Indonesia sudah bosan dengan tawaran produk melalui iklan. Dengan hadirnya media sosial dan membentuk Komunitas Bank Danamon, maka produk-produk dibangun secara bersama-sama.
Untuk dapat tetap eksis di industri perbankan serta membawa berbagai kesempatan baru untuk mendekatkan dan merangkul konsumen dalam komunikasi 2 arah untuk mendapatkan pandangan berbeda yang bisa digunakan untuk meningkatkan dan menyempurnakan produk dan layanan Danamon. Maka Bank Danamon mantab melaju membentuk media sosial yang diharapkan berkembang pesat menjadi sebuah Komunitas yang merancang kebutuhan dan keperluan dari sisi nasabah/masyarakat.
Berikut account-account media sosial Bank Danamon:
- Bank Danamon : Akun ini diperuntukkan bagi kita yang membutuhkan informasi seputar korporasi, edukasi perbankan, kegiatan sosial dan lowongan kerja Danamon.
- My Danamon : Akun ini diperuntukkan bagi kita nasabah perorangan yang membutuhkan informasi gaya hidup terkini dan kiat cerdas mengelola keuangan personal.
- Kartu Danamon : Akun ini diperuntukkan bagi kita yang membutuhkan informasi terkini untuk beragam promo kartu kredit dan Danamon Visa, Mastercard dan Amex.
- Danamon DSP (Danamon Simpan Pinjam) : Akun ini diperuntukkan bagi kita yang membutuhkan inspirasi dan tips untuk memulai dan mengelola usaha mikro.
- Hello Danamon : Akun ini diperuntukkan bagi kita yang membutuhkan layanan customer service 24 jam terkait produk dan layanan Danamon.
Twitter :
- Bank Danamon :Akun ini diperuntukkan bagi kita yang membutuhkan informasi seputar korporasi, edukasi perbankan, kegiatan sosial dan lowongan kerja Danamon.
- My Danamon : Akun ini diperuntukkan bagi kita nasabah perorangan yang membutuhkan informasi gaya hidup terkini dan kiat cerdas mengelola keuangan personal.
- Kartu Danamon : Akun ini diperuntukkan bagi kita yang membutuhkan informasi terkini untuk beragam promo kartu kredit dan Danamon Visa, Mastercard dan Amex.
- Danamon Biz :Akun ini diperuntukkan bagi kita yang membutuhkan informasi cerdas seputar dunia bisnis.
- Hello Danamon : Akun ini diperuntukkan bagi kita yang membutuhkan layanan customer service 24 jam terkait produk dan layanan Danamon.
Melalui akun Instagram resmi @mydanamondisajikan informasi gaya hidup dan promo yang dikemas dalam bentuk visual dan menarik yang berhubungan dengan gaya hidup modern.
Youtube
Melalui akun Youtube resmi, akan disajikan video-video mengenai produk dan promo serta informasi korporasi dari Bank Danamon, yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.
Linkedln
Info terkini tentang korporasi dan kepegawaian Danamon.
Semangat 60 Tahun Bank Danamon menemani setiap langkah masyarakat Indonesia dan menerangi arah untuk mencapai kemakmuran. Memberikan kepercayaan diri untuk bersama mantab melaju.
Selaju berbagai komunitas di media sosial maka seperti itulah Bank Danamon mantab melaju di media sosial. Kelak Bank Danamon tetap eksis dan tak punah layaknya Dinosaurus pada zamannya.
Sekapur Sirih Bank Danamon
PT Bank Danamon Indonesia, Tbk didirikan pada tahun 1956 dan sampai tahun ini memiliki jaringan sekitar 1900, terdiri dari kantor cabang konvesional, unit Danamon Simpan Pinjam (DSP), unit Syariah, serta kantor-kantor cabang anak perusahaannya.
Saat ini Bank Danamon memiliki hampir 60.000 ATM di 34 Provinsi di Indonesia. Danamon mengelola aset sebesar Rp175 triliun sampai dengan Juni 2016.
Berbagai penghargaan telah diterima, salah satunya adalah ‘Indonesia 1st Best Local Cash Management Bank in the Small Size of Annual Sales Turnover’ dari Asiamoney dalam ajang Asiamoney Summer Awards Dinner. Di samping itu, Danamon merupakan penerbit tunggal kartu Manchester United serta penerbit kartu Debit/ATM dan kartu kredit Manchester United.
Pada 30 Juni 2016, saham Danamon sebesar 63,37% dimiliki oleh Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd, 6,69% oleh JPMCB-Franklin Templeton Investmen Funds dan 25,94% dimiliki oleh publik.
Selamat mantap melaju bersama Bank Danamon….
Facebook : Anggraini Arda Sitepu
Sumber :
- Talk Show “Mantab Melaju Menjangkau Komunitas Melalui Media Sosial’
- www.danamon.co.id
Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Review : Mantab Melaju Bersama Danamon.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H