Mohon tunggu...
Anggraeni Eka Sarrayu
Anggraeni Eka Sarrayu Mohon Tunggu... Guru - Guru/SMK Negeri 1 Driyorejo

Menyukai membaca, menulis, menyanyi, dan menonton film. Topik artikel yang paling saya sukai adalah tentang ilmu pengetahuan.

Selanjutnya

Tutup

Nature

Inovasi Berteknologi Siswa Siswi Skandry Membuat Sabun Antidefoaming

6 April 2023   14:30 Diperbarui: 10 April 2023   08:22 546
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Permasalahan tingginya limbah detergen di Sungai Brantas kawasan Driyorejo menurut Direktur Eksekutif Ecoton, Prigi Arisandi (28/10/2018) sudah melebihi baku mutu yang telah ditentukan Gubernur Jawa Timur Nomor 72 Tahun 2013. Limbah ini diduga berasal dari industri maupun rumah tangga. Untuk itu, para siswa X APL (Analisis Pengujian Laboratorium) SMK Negeri 1 Driyorejo (SKANDRY) membuat produk berupa sabun padat ramah lingkungan dari bahan antidefoaming seperti minyak sawit, kelapa, dan zaitun. 

Setelah itu dianalisis pengaruh antara PH (derajat keasaman / kebasaan larutan) sabun yang dihasilkan dengan menggunakan scatter plot (diagram pencar) dan hasilnya dituliskan dalam bentuk poster. Implementasi pembelajaran berdiferensiasi yang memperhatikan karakteristik peserta didik terutama yang mempunyai gaya belajar auditori, visual, dan kinestetik bisa saling berkolaborasi dalam satu kelompok heterogen sehingga ide kreatif berupa karya inovasi teknologi yang diharapkan mampu menjadi solusi permasalahan di lingkungan sekitar.

 Sebelum proyek dilaksanakan pihak sekolah mengadakan bimbingan teknis yang melibatkan kepala sekolah beserta wakil, lima kepala program keahlian yaitu Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Teknik Elektronika Industri (TEI), Teknik Pemesinan (TPM), Analisis Pengujian Laboratorium (APL) dan Desain Komunikasi Visual (DKV) serta segenap guru kejuruan dan umum yang diikuti sekitar 80 orang. Namun pada pembahasan kali ini hanya berfokus pada proyek yang dilaksanakan oleh jurusan Analisis Pengujian Laboratorium (APL).

Kegiatan pembelajaran berdiferensiasi berbasis proyek atau project based learning yang dilaksanakan memiliki karakteristik tersendiri yang membedakan dengan metode pembelajaran lain. Proyek ini dilaksanakan mulai tanggal 26 September 2022 sampai dengan 14 Oktober 2022 yang diikuti oleh seluruh siswa siswi kelas X APL 1, X APL 2, dan X APL 3 di SMK Negeri 1 Driyorejo. Adapun sintaks dalam project based learning sebagai berikut:

1. Pertanyaan Mendasar

Pada awal pembelajaran, Anggraeni Eka selaku Guru Matematika kelas X APL menyuguhkan permasalahan lingkungan berupa foto sungai di kawasan Driyorejo yang tercemar kepada peserta didik.  "Lantas solusi apa yang ada dibenak kalian untuk  meminimalisir polusi air yang disebabkan oleh limbah detergen?", sambungnya. Dari  permasalahan tersebut akhirnya peserta didik mengambil tema proyek penguatan profil pelajar pancasila berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI yaitu dengan membuat sabun padat ramah lingkungan.

2. Menyusun Perencanaan Proyek

Setelah guru mengajukan pertanyaan atau masalah dalam lingkungan nyata, peserta didik diminta untuk mendesain atau mengajukan ide suatu proyek yang dilakukan guna menyelesaikan masalah tersebut. Dari diskusi kelompok diperoleh kesepakatan bahwa pembuatan sabun padat menggunakan bahan herbal yang ramah lingkungan seperti minyak kelapa, sawit, dan zaitun.

3. Menyusun Jadwal

Guru menyampaikan bahwa jadwal proyek dilaksanakan selama tiga minggu. Pada minggu pertama dimulai dengan mempelajari materi prasyarat logaritma yang berguna untuk menghitung PH sabun yang dapat diakses di fitur sumber belajar, platform merdeka mengajar (PMM) maupun media lainnya. 

Untuk mengakses materi pada fitur sumber belajar peserta didik diminta login terlebih dahulu di www.belajar.kemdikbud.go.id. Sementara untuk login di platform merdeka mengajar diperlukan akun belajar.id. Tiap kelas dibagi menjadi tujuh kelompok dimana tiap anggotanya memiliki tugasnya masing-masing. Dengan adanya jadwal inilah diharapkan peserta didik agar menyelesaikan proyek tepat waktu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun