Faktor Kepuasan Pengguna Perpustakaan
Anggi Tridana1, Achmad Wahidi2
1 Mahasiswa Program Studi ilmu perpustakaan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang
2Dosen Program Studi Ilmu Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang
Pelayanan perpustakaan yang memuaskan dapat memberikan kenyamanan kepada pengunjung. Oleh karena itu pustakawan dan staf perpustakaan berkewajiban memberikan fasilitas dan pelayanan yang baik kepada pengguna yang akan membuat mereka merasa puas saat berkunjung ke perpustakaan. Keberhasilan suatu perpustakaan sering dikaitkan dengan kepuasan permintaan pengguna akan informasi yang mereka butuhkan. Layanan perpustakaan harus berorientasi pada pengguna, selalu mengutamakan kepuasan pengguna guna meningkatkan hubungan antara pengguna dan pustakawan.
Kecepatan dalam memberikan layanan kepada pengguna merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan layanan. Perlu dilakukan upaya peningkatan kecepatan layanan agar pengguna merasa puas dengan informasi yang dibutuhkannya, sehingga meningkatkan minat menggunakan layanan perpustakaan. Kepuasan pengguna merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan sebuah perpustakaan. Perpustakaan yang baik dapat diukur dari keberhasilannya dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada penggunanya. Semakin baik pelayanan maka semakin tinggi pula reward yang diberikan kepada perpustakaan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna antara lain sumber daya manusia, koleksi, sarana dan prasarana.
1. Sumber daya manusia
Berdasarkan faktor sumber daya manusia, kepuasan pengguna tergantung pada kecepatan layanan (waktu yang dihabiskan untuk memperoleh informasi baru atau menjawab pertanyaan), perbandingan antara pertanyaan yang diajukan dan yang dijawab dengan memuaskan, tingkat pembaruan atau jawaban yang diberikan (persentase pengguna yang melakukan informasi yang tidak diketahui). pengguna sebelum mendapatkan jawaban).
a. Kecepatan layanan (waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh informasi baru atau menjawab pertanyaan).
Kuncinya adalah seberapa cepat pustakawan dapat menjawab pertanyaan dari pengguna tentang informasi yang dibutuhkan pengguna. Dalam hal ini, kecepatan pustakawan dalam melayani atau menjawab pertanyaan pengguna dapat sangat mempengaruhi kepuasan pengguna. Kecepatan layanan informasi khususnya dalam menjawab pertanyaan pengguna harus diupayakan semaksimal mungkin agar pengguna dapat memperoleh informasi yang mereka butuhkan.