Mohon tunggu...
Midway Writer
Midway Writer Mohon Tunggu... -

Kami adalah sekelompok penulis yang ingin mendukung para pembaca cerdas dengan memberikan artikel-artikel yang berimbang dan terpercaya. Follow akun Instagram kami di @midwaywriter :)

Selanjutnya

Tutup

Worklife

8 Tips Jitu Untuk Membuatmu Semangat Kerja

2 Januari 2019   13:09 Diperbarui: 2 Januari 2019   13:25 294
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tips menyenangkan peningkat moodboster saat bekerja dokpri

Selamat tahun baru! Hari ini pasti menjadi hari pertamamu bekerja di awal tahun setelah mendapatkan libur kerja untuk merayakan tahun baru. Pasti tak banyak dari kamu yang merasa masih ingin bersantai bersama dengan keluarga atau sekedar bermalas-malasan di kamar kos. Berikut kami berikan tips jitu menghadapi kemalasan di kantor setelah liburan tahun baru.

1. Tahun baru, saatnya mengganti suasana dengan yang baru

Sudah saatnya kamu memulai kerja di awal tahun dengan suasana yang baru di kantor. Kamu bisa mulai mengubah posisi meja dan kursi kantormu. Jika tidak memungkinkan, kamu bisa sekedar memindah letak vas bunga, kalender dan jam di meja kantormu. Kamu juga bisa menambahkan aksesoris unik dan lucu untuk menambah manis suasana kantormu. Jika kamu adalah seorang freelancer, kamu bisa mulai bekerja di caf baru di tempatmu untuk mendapatkan suasana kerja baru.

2. Dongkrak mood positifmu

Kamu bisa melakukan olahraga ringan sebelum bekerja seperti jogging atau senam di pagi hari. Banyak ilmuwan dan pakar kesehatan berkata bahwa olahraga dapat meningkatkan dopamine dalam otak sehingga membuatmu lebih bahagia dan segar jasmani dan rohani. Selain itu, kamu juga bisa mendongkrak mood positifmu dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang kamu senangi misal minum secangkir kopi hangat dipagi hari atau mendengarkan lagu rock kesayangan.

Baca Juga: Menyongsong Tahun 2019, Ini Resolusi Linda Afriani, S.E.

3. Berpikirlah tentang hal-hal yang membuatmu senang

Mulailah hari pertama-mu kerja dengan pikiran-pikiran positif. Ingatlah hal-hal yang membuatmu bahagia terutama di kantor. Ingatlah kelucuan teman-teman kantormu, ingatlah momen-momen dimana boss mu melakukan kebaikan padamu. Ketika bertemu dengan kolega, sapalah mereka atau berikan senyuman pada mereka. Pikiran yang positif dan tenang akan membuatmu lebih nyaman ketika bekerja di awal tahun.

4. Mengingatkan pada diri sendiri tentang alasan bekerja

Kamu harus selalu mengingat alasan utama mengapa kamu bekerja. Alasan ini-lah yang akan menguatkanmu dan membangkitkan semangatmu untuk bekerja. Setiap orang memiliki alasan masing-masing yang bisa jadi berbeda dari satu dan yang lain. Kamu bisa menuliskan alasanmu mengapa kamu harus bekerja di kertas dan ditempel di dinding atau meja kantormu atau kamu tulis di sticky notes di laptopmu.

5. Gunakan pakaian yang baru kamu beli

Tak ada salahnya jika kamu mengenakan sesuatu yang baru seperti hem, celana, sepatu atau jam tangan baru saat pergi ke kantor. Barang-barang baru akan memberikan efek dorongan untuk membuatmu semakin semangat menjalani harimu.

Baca Juga: Linda Afriani, S.E. Dipinang 5 Partai Politik, Mana Yang Dipilih?

6. Bereksperimen-lah dengan look-mu

Selain menggunakan beberapa benda yang baru, kamu bisa meningkatkan semangatmu dengan sedikit bereksperimen dengan gayamu misalnya kamu bisa mengubah potongan rambut, mengganti model penataan rambut, atau sekedar mencoba parfum baru.

7. Jangan terburu-buru untuk menyelesaikan pekerjaan

Jika sebuah tugas dirasa terlalu sulit, janganlah buru-buru untuk menyelesaikannya. Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri. Tubuhmu juga butuh waktu untuk kembali menyesuaikan dengan pekerjaan setelah bersenang-senang selama beberapa hari. Kamu bisa mulai bekerja dari hal-hal yang mudah kemudian jika tiba waktu untukmu menyelesaikan hal yang sulit, kamu bisa meminta bantuan temanmu. Ada pepatah Jawa berkata: Alon-Alon Waton Kelakon yang artinya pelan-pelan asal dijalani.

8. Jangan makan terlalu banyak saat jam istirahat

Saat waktu istirahat tiba, mungkin secara biologis, perutmu akan bisa meraup makananan sebanyak saat kamu liburan. Tapi jangan lakukan ini saat bekerja. Ketika perutmu terlalu kenyang, justru akan membuatmu semakin tidak bergairah untuk bekerja. Kamu akan merasakan kantuk yang hebat dan kamu akan menjadi semakin malas.  Apalagi ketika makananmu banyak karbo dan kandungan gulanya. Jangan coba-coba makan terlalu banyak terutama saat jam istirahat kantor ya.

Itulah 8 tips jitu agar kamu kembali semangat bekerja di tahun yang baru ini. Selamat mencoba. Selamat kembali menjadi produktif lagi untuk Indonesia yang lebih baik.  

Lanjut Baca: Tips Jitu Hilangkan Stress Di Tempat Kerja 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun