Di masa pandemi yang masih ganas ini, banyak kebijakan yang diubah sesuai dengan kondisi negara tersebut. Salah satu kebijakan itu memiliki dampak yang signifikan terhadap kewirausahaan. Banyak kegiatan usaha yang tersendat akibat PSBB atau lockdown. Meskipun kegiatan wirausaha terpaksa berhenti sementara, para wirausahawan harus tetap mengutamakan kondisi para pelanggan.Â
Para pelanggan harus tetap menjadi prioritas utama.  Tentu hal pertama yang ingin diketahui para pelanggan adalah bagaimana kelanjutan dari  wirausaha tersebut. Apakah tetap melanjutkan kegiatan usahanya? Apakah yang pelanggan perlu ketahui? Kira-kira bagaimana perasaan mereka? Ini dia 4 tips ampuh untuk menulis pesan yang efektif bagi para pelanggan e-commerce di masa pandemi.
1. Beri informasi yang menjawab segala pertanyaan para pelanggan
Jangan lupa untuk mengeluarkan pemberitahuan jika ada perubahan apapun dalam kegiatan usaha tersebut. Pastinya di masa pandemi ini, pelanggan akan banyak bertanya:
Apakah kegiatan usaha masih berjalan?
Apakah saya masih bisa membeli produk Anda?
Berapa lama pengiriman produknya?Â
Buatlah maksimal satu paragraf dalam bentuk banner besar pada situs atau aplikasi Anda yang bisa menjawab semua kekhawatiran para pelanggan. Jawaban tersebut harus bisa memberikan keyakinan dan kepastian pada pelanggan akan rasa penasaran mereka.Â
Jika kegiatan usaha masih bisa berjalan, beritahu para pelanggan layanan apa yang bisa ditawarkan. Fokus pada hal-hal yang menjadi kelebihan usaha Anda. Bukan kekurangannya, misalnya pengiriman akan terlambat dari biasanya, karena pelanggan malah jadi tidak tertarik untuk melanjutkan transaksi.
Seandainya kegiatan usaha tidak bisa berjalan kembali atau terhambat sementara, beri informasi pada para pelanggan mengenai apa yang selanjutnya akan dilakukan. Demi menjaga reputasi usaha, sangat penting untuk menyampaikan informasi yang berkaitan dengan kebutuhan pelanggan secara kredibel.Â
Para pelanggan hanya peduli akan diri mereka, jadi Anda tidak perlu menjelaskan panjang lebar mengenai pandemi COVID-19 itu sendiri dan dampaknya terhadap keadaan wirausaha Anda. Sampaikan apa yang pelanggan ingin ketahui tentang kebutuhan atau pesanan mereka. Misalnya, wirausaha Anda tutup, berikan kepastian pada pelanggan langkah-langkah selanjutnya tentang pesanan mereka.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H