Mohon tunggu...
Angeline Harjono
Angeline Harjono Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswi Universitas Sanata Dharma

An English Literature student. Aspires to be a content writer or author in the future...

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

4 Tips Jitu Menulis Pesan untuk Pelanggan E-Commerce di Masa Pandemi

19 Oktober 2020   15:24 Diperbarui: 19 Oktober 2020   15:31 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di masa pandemi yang masih ganas ini, banyak kebijakan yang diubah sesuai dengan kondisi negara tersebut. Salah satu kebijakan itu memiliki dampak yang signifikan terhadap kewirausahaan. Banyak kegiatan usaha yang tersendat akibat PSBB atau lockdown. Meskipun kegiatan wirausaha terpaksa berhenti sementara, para wirausahawan harus tetap mengutamakan kondisi para pelanggan. 

Para pelanggan harus tetap menjadi prioritas utama.  Tentu hal pertama yang ingin diketahui para pelanggan adalah bagaimana kelanjutan dari  wirausaha tersebut. Apakah tetap melanjutkan kegiatan usahanya? Apakah yang pelanggan perlu ketahui? Kira-kira bagaimana perasaan mereka? Ini dia 4 tips ampuh untuk menulis pesan yang efektif bagi para pelanggan e-commerce di masa pandemi.

1. Beri informasi yang menjawab segala pertanyaan para pelanggan

Jangan lupa untuk mengeluarkan pemberitahuan jika ada perubahan apapun dalam kegiatan usaha tersebut. Pastinya di masa pandemi ini, pelanggan akan banyak bertanya:

Apakah kegiatan usaha masih berjalan?

Apakah saya masih bisa membeli produk Anda?

Berapa lama pengiriman produknya? 

Buatlah maksimal satu paragraf dalam bentuk banner besar pada situs atau aplikasi Anda yang bisa menjawab semua kekhawatiran para pelanggan. Jawaban tersebut harus bisa memberikan keyakinan dan kepastian pada pelanggan akan rasa penasaran mereka. 

smartinsights.com
smartinsights.com
2. Sampaikan pemberitahuan yang jelas

Jika kegiatan usaha masih bisa berjalan, beritahu para pelanggan layanan apa yang bisa ditawarkan. Fokus pada hal-hal yang menjadi kelebihan usaha Anda. Bukan kekurangannya, misalnya pengiriman akan terlambat dari biasanya, karena pelanggan malah jadi tidak tertarik untuk melanjutkan transaksi.

PosterMyWall.com
PosterMyWall.com
3. Jaga Kredibilitas Usaha 

Seandainya kegiatan usaha tidak bisa berjalan kembali atau terhambat sementara, beri informasi pada para pelanggan mengenai apa yang selanjutnya akan dilakukan. Demi menjaga reputasi usaha, sangat penting untuk menyampaikan informasi yang berkaitan dengan kebutuhan pelanggan secara kredibel. 

TotalSports.com
TotalSports.com
4. Prioritaskan pelanggan dan kebutuhan mereka

Para pelanggan hanya peduli akan diri mereka, jadi Anda tidak perlu menjelaskan panjang lebar mengenai pandemi COVID-19 itu sendiri dan dampaknya terhadap keadaan wirausaha Anda. Sampaikan apa yang pelanggan ingin ketahui tentang kebutuhan atau pesanan mereka. Misalnya, wirausaha Anda tutup, berikan kepastian pada pelanggan langkah-langkah selanjutnya tentang pesanan mereka.

tkmaxx.com
tkmaxx.com

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun