Mohon tunggu...
Anesyakilla
Anesyakilla Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Jakarta

Mahasiswi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gaya Komunikasi Politik yang Dilakukan oleh Anies Baswedan dalam Berkampanye

10 Juli 2023   07:56 Diperbarui: 10 Juli 2023   08:01 1598
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Media sosial adalah alat kampanye yang efektif. Sebelum era media sosial, politisi terlibat Amerika Serikat menggunakan Internet untuk kampanye media.

Kampanye Anies Baswedan sebelum menjadi Gubernur DKI Jakarta adalah Diantaranya, dia membuat janji kepada orang Jakarta, yang darinya banyak janji 23 janji, dan beberapa dari janji itu dia penuhi di antaranya janji untuk membangun stadion sepak bola bernama JIS, yang kini telah selesai (Jakarta International Stadium), Program Perumahan DP Menjanjikan Rp. 0 dan Program OK OCE. Ternyata janji-janji yang dia sebutkan sebelumnya benar-benar menjadi kenyataan meskipun tujuan belum tercapai. Tentang salah satu dari 23 pertemuan Anieksen Jika ternyata hal ini belum terpenuhi, rencana pembatalan harus dibatalkan. Sampai Kini bangunan pemugaran menjadi lebih spektakuler seperti yang terlihat di banyak tempat bangunan yang dibangun. Strategi konten yang diterapkan oleh tim media sosial berfokus pada konten humor, Inspirasi, membangun kemesraan publik dengan pasangan calon dan penjelasannya Tentang program Anieksen dan Sandi dalam format teks dan video diposting di media sosial.

Teori Tindakan Sosial merupakan teori yang dicetus oleh Max Weber, teori yang mengkaji tentang motif dan perilaku dari seorang manusia. Teori tindakan sosial ini untuk memahami setiap perilaku atau tindakan setiap individu dan kelompok. Dengan adanya teori ini setiap individu maupun kelompok memahami perilaku masing masing, seperti kita yang menghargai alasan mereka dalam melakukan tindakan tersebut.

Kampanye Politik merupakan bentuk dari komunikasi politik yang dilakukan seseorang atau kelompok (organisasi) dalam waktu tertentu untuk memperoleh dan memperkuat dukungan politik dari rakyat atau pemilih. Kampanye politik merupakan serangkaian tindakan komunikasi yang terencana dengan tujuan menciptakan efek tertentu pada sejumlah besar khalayak yang dilakukan secara berkelanjutan pada kurun waktu tertentu.

Arnold Steinberg mengklaim bahwa strategi adalah rencana tindakan, persiapan, dan pelaksanaan, dimana strategi pada akhirnya mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan strategi. Carl Vob Clausewitz (Andrianus, 2006) mengatakan bahwa perbedaan taktik dan strategi terletak pada taktik, seni menggunakan "kekuatan bersenjata" dalam pertempuran untuk memenangkan perang dan mencapai perdamaian. Sementara itu, strategi adalah rencana tindakan, persiapan, dan implementasi, di mana strategi pada akhirnya mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan strategi.

Kampanye politik di Indonesia sering diartikan sebagai parade sepeda motor, pertunjukan hiburan artis, pidato berapi-api, kampanye penuh propaganda, ujaran kebencian, caci maki dan kata-kata santun lainnya yang menghina pesaing. Penggunaan metode yang berbeda tersebut mengubah tujuan kampanye dan dapat dengan mudah disalahtafsirkan, karena kenyataan di lapangan seringkali tidak sesuai dengan tujuan kampanye.

 Kampanye dikenal dalam sains dengan istilah yang berbeda. Dalam bidang pertanian, perikanan, kehutanan dan kesehatan masyarakat, kampanye disebut dengan "pendidikan", dalam sosiologi atau dalam bidang aksi masyarakat disebut dengan "sosialisasi" atau sosialisasi, sedangkan dalam ilmu komunikasi lebih sering disebut dengan " kampanye". atau penyebaran informasi atau suatu gagasan. Kampanye adalah "kegiatan komunikasi yang ditujukan untuk mempengaruhi orang lain agar memiliki pandangan, sikap dan perilaku yang sesuai dengan keinginan atau keinginan penyebar atau pemberi informasi (Cangara, 2012).

Kampanye juga dapat diartikan sebagai kegiatan berkumpulnya massa, pawai, public speaking, misalnya memasang atribut partai (spanduk atau poster) dan iklan partai (Firmanzah, 2018). Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa kampanye tidak hanya berarti politik, tetapi hal-hal yang berkaitan dengan tujuan untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat. Kampanye politik juga merupakan bagian dari komunikasi politik, dimana tujuan dari komunikasi politik adalah untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, sehingga dengan bantuan komunikasi politik masyarakat dapat lebih mudah mengenal calon pemimpinnya. Oleh karena itu kampanye dilakukan untuk menarik perhatian masyarakat, agar para calon saling mengenal dan diharapkan dapat menimbulkan rasa simpati, simpati, kepedulian dan keberpihakan pada perjuangan di masyarakat. dari kampanye kandidat.

Kampanye politik dengan demikian mengacu pada instrumen hukum yang digunakan oleh partai politik atau individu untuk menjelaskan kepada publik tujuan dari program-program yang ditawarkan oleh partai tersebut. Kampanye politik seringkali gagal dalam praktiknya, namun di sisi lain ada yang berhasil berkat strategi kampanye yang terencana dengan baik. seorang spesialis yang bekerja sebagai Spin Doctor.

 Peran Spin Doctor tidak hanya antara partai politik dan media, tetapi juga berperan sangat penting dan menentukan dalam perebutan kekuasaan politik. Di Indonesia, Spin Doctor lebih dikenal sebagai manajer kampanye atau pemimpin tim sukses yang menentukan arah opini publik dalam mencitrakan kandidat. Karena misi dan peran Spin Doctor adalah merencanakan dan mengelola kampanye, salah satu prasyarat untuk melaksanakan kampanye yang efektif adalah memilih orang yang menguasai dan memahami desain dan penggunaan alat komunikasi. ingin diekspos ke tempat umum. Pada prinsipnya citra suatu partai dapat tersusun dari beberapa kesan atau persepsi masyarakat terhadap suatu partai politik. Citra partai juga terkait dengan sosialisasi politik karena citra politik dibentuk olehnya.

Menjelang pemilihan presiden 2024, muncul berbagai nama calon dari banyak partai kuat. Berdasarkan hasil jajak pendapat yang dilakukan Pusat Studi Komunikasi Politik (CPCS) yang berbasis di Jakarta pada Jumat (4/2/2022), muncul tiga nama teratas: Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo.

Dalam pembahasan ini menghasilkan sebuah tujuan akhir kemenangan maka diperlukannya strategi komunikasi dalam konteks kampanye politik. Menurut cangara terdapat empat jenis strategi politik kampanye (Cangara, 2009).

  • Menepatkan komunikator sebagai pelaku dalam aktivitas komunikasi, komunikator memegang peran yang sangat penting, maka dari itu komunikator bertindak sebagai ahli kampanye yang terampil berkomunikas, penuh dengan kaya ide, dengan kreativitas yang tinggi.
  • Target sasaran dalam komunikasi politik target sasaran khalayak yang memahami masyarakat dalam target sasaran kampanye. Semua aktivitas komunikasi dalam kampanye diarahkan kepada mereka yang menentukan berhasil atau tidaknya kampanye.
  • Menyusun pesan-pesan kampanye untuk memperoleh pesan yang efektif. 3 jenis pesan yang bersifat informatif seperti pesan yang persuasive dan propaganda.
  • Menurut Assifi dan 20 french (1982) dalam Menyusun perancanaan kampanye; (1)menganalisa masalah, (2) menganalisa khalayak, (3) merumuskan masalah, (4) memilih media, (5) mengembangkan pesan, (6) merencanakan produksi media, (7) monitoring dan evaluasi, (8) rencana manajemen program.

Strategi kampanye politik yang dilakukan sendiri oleh Anies Baswedan dikutip Antara news.com, kata Dr. Okta, Direktur Pusat Riset Komunikasi Politik (PCS), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diuntungkan dengan suksesnya pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). ) untuk "iklan" dan gambar. "Stadion dan lintasan (JIS) menjadi modal kampanye politik Anies sebelum dia mengundurkan diri sebagai gubernur dan mencalonkan diri sebagai presiden," kata Okta dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat. Bersama JIS, Okta menyebut Anies menjadikan balap mobil listrik Formula E atau Jakarta E-Prix 2022 sebagai "ibukota kampanye" jelang pemilihan presiden 2024. Menurut survei PCS, Menhan Prabowo Subianto menempati posisi pertama, disusul Anies. Gubernur Anies Baswedan dan Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan selisih tipis.

PCS melakukan survei tatap muka di mana 1 menjawab:

Sebanyak 200 responden tersebut mewakili seluruh provinsi di Indonesia dan menggunakan "multilevel random sampling periode 21-31 Januari 2022 dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan tingkat kesalahan sekitar 2,9 persen. Okta menyebut Anies juga punya modal kuat untuk bertarung di kursi presiden. -pemilu 2024, karena mendapat dukungan dari beberapa partai antara lain NasDem, PPP dan PAN.Okta mengungkapkan bahwa PPP membuka kemungkinan mendukung Anies sebagai capres.

Tokoh serikat pekerja pembangunan, Anies juga diundang dalam acara PPP Muskerwil di Yogyakarta beberapa waktu lalu. Pada kajian sebelumnya, Prabowo dan Ganjar mendominasi bursa capres, namun perolehan suara kedua nama ini terhenti dan tidak ada peningkatan yang signifikan (antaranews.com) Beberapa strategi lain yang dilakukan Anies Baswedan untuk membangun citra politiknya dengan cara berbeda, seperti sebagai caranya : . B. Kerjasama belanja sembako dan dialog dengan beberapa tokoh daerah. Pengamat politik Dedi Kurnia Syah mengatakan, "Seseorang terlalu pandai mengemas tindakan pemerintah untuk berdampak politik, apalagi untuk pemberdayaan pribadi melalui kegiatan kemitraan daerah," kata Dedi kepada VOI, Jumat, 30 April. Untuk menjaring pengusaha guna mengisi suplai pangan ibu kota, aparat Pemkab DKI cukup mendatangi langsung mitra tersebut. Misalnya kepala instansi yang berwenang atau BUMD. "Jadi arah politiknya tercermin dalam kegiatan kemitraan ini. Mengingat ada hal yang lebih penting dalam tata kelola DKI Jakarta, seperti BUMD," ujarnya di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat, 16 April. Panen ini merupakan kontrak pangan bersama antara PT Food Station Tjipinang Jaya dan Gapoktan Sumber Makmur Cilacap. Anies melanjutkan perjalanannya menemui Bupati Kuningan Acep Purnama untuk membahas peluang kerja sama di bidang pangan. Dia juga mengunjungi orang tuanya pada Sabtu, 17 April. Pada Minggu, 25 April, Anies berangkat ke Ngawi, Jawa Timur untuk kembali menjalin kerja sama memperluas pasokan beras di Jakarta. Selain sembako, Anies juga mengunjungi Pondok Modern Darussalam Gontori, Ponorogo, Jawa Timur. . Anies juga menginap di Kota Madiun pada malam hari dan bertemu dengan Wali Kota dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Selain itu, Anies menyambut kedatangan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dan Sekda Sumedang Herman Suryatman di Balai Kota DKI Jakarta. Pertemuan berlangsung Jumat lalu dan Anies dan Dony berencana meningkatkan kerja sama di berbagai bidang. 

Strategi komunikasi sosiologi yang diterapkan oleh tim media sosial berfokus pada konten humor, Inspirasi, membangun kemesraan publik dengan pasangan calon dan penjelasannya Tentang program Anies dan Sandi dalam format teks dan video diposting di media sosial. Kampanye Politik merupakan bentuk dari komunikasi politik yang dilakukan seseorang atau kelompok (organisasi) dalam waktu tertentu untuk memperoleh dan memperkuat dukungan politik dari rakyat atau pemilih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun