Mohon tunggu...
Anep Paoji
Anep Paoji Mohon Tunggu... Wiraswasta - Masih Terus Belajar dan Mncoba terus Berkarya

Anep Paoji, saya tinggal di kota kecil indah dan bersahabat.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Minum Tolak Angin Bikin Nyaman di Perjalanan

13 Agustus 2018   11:02 Diperbarui: 13 Agustus 2018   11:21 501
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Proses pengolahan Tolak Angin (ss: Product Knowled Tolak Angin)

Satu-satunya jamu yang disukai anak-anak, Tolak Angin Anak. Jika anak-anak masuk angin, sebelum mendatangi dokter, terlebih dahulu memberi anak-anak Tolak Angin Anak. Rasanya yang manis madu, membuat anak-anak suka, apalagi kemasannya yang mungil dan lucu. Sekali saja Tolak Angin Anak ditawarkan pada anakp-anak, langsung disruput hingga kempis. Mereka begitu suka tanpa syarat.  

Anak saya keduanya perempuan. Yang sulung kelas 5 SD dan satu lagi kelas 2 SD. Yang paling sulit minum obat dokter biasanya si sulung. Agak sedikit manja juga tidak tahan pahit. Tolak Angin Anak menjadi salah satu cara mudah memberikan obat herbal jika mereka terserang mual, pusing-pusing, kembung karena masuk angin.

Kami keluarga sederhana. Setiap hari menggunakan sepeda motor untuk mobilitas. Mulai antar sekolah anak, bekerja bahkan wisata dekat hingga mudik lebaran. 

Perjalanan yang tidak pendek, bagi anak-anak cukup berat. Angin kencang menabrak langsung ke badan, berpotensi masuk angin meskipun sudah dilengkapai jakat tebal.   

Salah satu cara menghindari masuk angin akibat perjalanan ini, Minum Tolak Angin Anak yang rasa madu itu. Di samping tidak khawatir masuk angin, di kendaraan juga anak-anak tidak mudah ngantuk. Anak-anak sangat rawan jika ngantuk di atas sepeda motor. Perjalananpun tidak terganggu, tidak harus sering-sering istirahat dan perjalan lebih cepat.

Selain anak, saya sendiri selalu Minum Tolak Angin. Sedikit saja terasa mual, kembung bahkan pusing-pusing, Tolak Angin mesti diminum. "Penyakit rakyat" ini sering kali hadir. Itu tadi karena sehari-hari saya menggunakan sepeda motor untuk mobilitas. Tiupan angin berkendara tidak baik untuk kesehatan.Tolak Angin juga biasa saya minum jika kurang tidur, akan bepergian jauh atau terasa lelah sekali.  

Bagi saya, Minum Tolak Angin bukan semata-mata untuk "cerdas kesehatan", namun "cerdas finansial". Ini mengingatkan saya pada tag line Tolak Angin. "Orang Cerdas, Saat Masuk Angin, Minum Tolak Angin". Tag line mulai didengungkan oleh bintang iklan Sofia Latjuba, Dahlan Iskan (pengusaha dan manan menteri BUMN) dan artis terkenal lainnya di iklan TV. Sebuah tag line yang cukup nonjok dan mudah diingat. Sederhana namun mudah dipahami. 

Bukankah banyak orang bilang, cerdas bukan sekedar pintar menghitung atau lulus terbaik di sekolah tetapi lebih dari pada itu. Nah sayapun mencoba untuk cerdas kesehatan dan cerdas secara finansial dengan Tolak Angin. Harga murah, khasiat berlimpah.

Alasan Saya Suka TOLAK ANGIN

1. Mudah Dibeli

Kemanapun anda berkunjung, Tolak Angin akan mudah didapat. Tidak saja di etalase toko-toko modern, di warung gubuk di tepi gunung dan pantai pun jika kita bertyanya TOLAK ANGIN, pedagang akan menunjukkan dengan mudah.

Tak sedikit, sebuah produk yang kita disukai, di lokasi tertentu sulit didapat.  Atau, kalupun tersedia harga mahal di luar batas harga normal. Tolak Angin, jika di toko modern hanya Rp2.700/shacset, di warung kecil di pinggir hutan, paling mahal Rp3.000-Rp3.500. Sebuah harga yang cukup wajar, di samping khasiatnya.

2. Khasiat Tolak Angin

Varian Tolak Angin dengan Ragam Khasiat
Varian Tolak Angin dengan Ragam Khasiat
Setiap varian Tolak Angin memiliki khasiat tersendiri. Dengan sejarah yang begitu panjang Produsen Tolak Angin yakni PT.SidoMuncul, mengeluarkan varian Tolak Angin dengan khasiat yang berbeda.  
  • Tolak Angin Flu untuk mengatasi gejala flu seperti kembung, meriang dan pusing-pusing di samping lelah dan capek.
  • Tolak Angin Bebas Gula untuk mengatasi masuk angin pada orang yang membatasi konsumsi gula.
  • Tolak Angin Anak untuk mengatasi masuk angin pada anak serta meningkatkan daya tahan tubuh. Baik juga diminum sebelum anak-anak beraktifitas. Tolak Angin Anak mengandung madu, jahe dan daun mint.
  • Tolak Angin Tablet dengan khasiat yang sama, yakni untuk mengatasi masuk angin. Hanya saja keamasannya tablet seperti obat warung pada umumnya.  
  • Tolak Angin Care. Berupa minyak angin aromatherapy dalam kemasan roll on mengandung zat aktif minyak jahe serta minyak pepermint.
  • Permen Tolak Angin manis dan Permen Tolak Angin Bebas Gula. Berkhasiat sebagai herbal pelega tenggorokan. Varian permen ini rasanya sangat cocok diemut di dalam perjalanan. 

Khasiat Tolak Angin tidak semata-mata klaim atau sugesti. Pada tahun 2007 Tolak Angin SidoMuncul mendapat sertifikat Obat Herbal Terstandar dari BPOM RI. Ini menjadi satu-satunya obat masuk angin mulai bahan baku dan mutu produknya telah terstandarisasi .

Pada tahun 2002 SidoMuncul melakukan Uji Pra Klinis yang hasilnya menyatakan, Tolak  Angin dan produk SidoMuncul aman diminum setiap hari. Uji toksisitas tersebut bekerjasama dengan Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Di samping itu, dilakukan juga Uji Khasiat terhadap produk Tolak Angin yang bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang. Hasilnya, Tolak Angin terbukti mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan varian dan khasiat yang berbeda di atas, tepat sekali jika menyebutkan, "Tolak Angin Lebih dari Sekadar Atasi Masuk Angin".

Proses pengolahan Tolak Angin (ss: Product Knowled Tolak Angin)
Proses pengolahan Tolak Angin (ss: Product Knowled Tolak Angin)
Laboratorium Sidomuncul Tolak Angin (ss: Product Knowled Tolak Angin)
Laboratorium Sidomuncul Tolak Angin (ss: Product Knowled Tolak Angin)
dokpri
dokpri
Berikut ini laboratorium yang dimiliki SidoMuncul dengan standar ISO 17025

1. Laboratorium Kimia

2. Laboratorium Instrumentasi

3. Laboratorium Mikrobiologi

4. Laboratorium Farmakognosi

5. Laboratorium Uji Stabilitas

6. Laboratorium Formulasi

7. Laboratorium Farmakologi

8. Laboratorium Produksi

9. Laboratorium Klinik

10. Laboratorium IPC (In Process Control)

11. Laboratorium Budidaya

3 Rasa

Di samping alasan di atas, rasa Tolak Angin Sido Muncul cukup enak. Tidak seperti minum herbal pada umumknya yang pahit.  Rasa jahe yang paling saya sukai, begitu diseruput lega di tenggorokan langsung terasa.

Bahan baku terdiri dari jahe, madu, daun mint, kayu ules, adas, dan daun cengkeh membuat rasa dan aroma Tolak Angin tidak asing lagi di lingkungan kita dan masyarakat Indonesia yang kaya akan rempah-rempah. Bedanya Tolak Angin sudah dikemas dan diolah di pabrik modern berstandar Good Manufacturing Practices (GMP) dengan quality control yang sangat ketat.

Belajar dari Kesuksesan SidoMuncul.

Ny. Rachmat Sulistyo dan pabrik jamu SidoMuncul pertamakali didirikan. (foto: produc konowled)
Ny. Rachmat Sulistyo dan pabrik jamu SidoMuncul pertamakali didirikan. (foto: produc konowled)
PT. SidoMuncul, perusahaan yang didirikan sejak tahun 1940 oleh Ny. Rachmat Sulistyo bukan berjalan tanpa tantangan. Dalam sebuah wawancara di stasiun TV, Presiden Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat menyebutkan, SidoMuncul pernah mengalami krisis bahkan nyaris bangkrut pada tahun 2004. Saat itu menurutnya, utang perusahaan mencapai Rp160 miliar sementara penjualan hanya Rp10 miliar.

Secara perlahan, sejak tahun 2005 dimulailah kosolidasi perusahaan keluar dan kedalam. Perusahaanpun mengalami perbaikkan Puncaknya, di tahun 2006, SidoMuncul gencar mengiklankan produk-produk baik untuk Tolak Angin maupun energi drink dengan menggandeng bintang iklan Ana Maria dan Roy Martin.

Menurut Irwan, pemilihan Roy Martin yang kala itu terbelit kasus, sebenarnya kurang strategis. Namun faktnya, dari iklan ini,  penjualan produk secara umum mengalami peningkatan mencapai dua kali lipat. "Sales naik dua kali lipat. Kalau iklan pilih yang sedang susah bisa jadi sukses. Saya tdak kenal sama Roy Martin," ungkapnya dalam wawancara itu.  

Berikutnya di tahun yang sama, pada propduk yang berbeda, SidoMuncul menggandeng Mbah Marijan yang terkenal sebagai penunggu Gunung Merapi Jawa Tengah. 

Kata-kata yang terungkap dari Mbah Marijan, ungkapan "ROSO" saat mengiklankan energi drink. Dari iklan tersebut penjualan energi dink meningkat hingga mulai 15 juta sacset lalu merangkak menjadi 60 juta sacshet dalam tahun sama.

Dengan kerendahan sikapnya Irwan menyebutkan, kesuksesan usaha yang dia bangun semata-mata pemberian Tuhan yang terkadang lain dari pikiran orang pintar. 

Menurut dia, hidup hebat 99 persen sebuah keberuntungan dan 1 persen kerja-keras. Sebab dipihak lain, justeru kerja keras akan datang ketika orang-orang sudah sukses karena dipaksa dan dibutuhkan banyak orang untuk terus bekerja keras.

"Tolak Angin Cair ini, ide yang dikasih Tuhan. Itu Keberuntungan semua. Kenapa Tuhan ngasih ide itu kesa saya, tidak ke produsen jamu lain?" katanya. 

Selain keberuntungan, Irwan menyebutkan, yang paling penting dalam memasarkan produk SidoMuncul, bagaimana menciptakan rasa percaya orang terhadap produk. 

Dengan langkah-langkah penelitian produk, alat produksi yang canggih juga komunikasi yang massif kepada masyarakat sehingga mengetahui tahapan pencapaian dan orangpun mengerti.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun